Saturday, 27 June 2015

Perubahan Bentuk Tubuh Bumil

Assalamualaikum.

"Hiiikss....Aku nggak cantik lagi..."

Hamil itu nyusahin! Betul? Ah, tidak juga. Alhamdulillah saya hepi-hepi saja dengan tubuh saya yang kayak begini *lirik kaca*.
Sebelum hamil, BB saya adalah 52 kg, sekarang? Alhamdulillah di usia kehamilan hampir 7 bulan BB saya jadi 66 kg. Otomatis dong ya baju saya nggak muat semua. Apalagi seragam sekolah, sudah ganti semua sejak usia kehamilan 4 bulan. Kalau di rumah mah seragamnya daster. Hihihi.


Eits! Ada nggak ya bumil yang bermasalah dengan Perubahan Bentuk Tubuh Bumil? Ternyata ada lho. Sampai-sampai setiap hari ngaca mulu. Parahnya, ada yang sampai nggak mau makan karena takut bentuk tubuhnya akan semakin membesar.

Nah, kemarin saya beruntung banget. Pas buka twitter eh menemukan tweet dari psikolog anak dan keluarga, yaitu @AnnaSurtiNina. Berikut saya bagikan tweet beliau. Ilmu bermanfaat gini harus saya save di sini dan siapa tahu ada juga yang membutuhkannya.
  1. #sekolahortu Yap, perubahan tubuh mama selama hamil bukan hanya soal berat badan, tapi juga bentuk tubuh, kemulusan kulit, gaya pakaian, dll
  2. #sekolahortu Ternyata banyak lho mama yang jadi bermasalah karena perubahan tubuh. Masalahnya macam2, ada yg oke aja, ada yg berbahaya
  3. #sekolahortu Ada lho mama yg tak mau mengaca karena sebal sekali dengan perubahan tubuhnya selama hamil. Anda pernah alami ini?
  4. #sekolahortu Ada pula yg terus2an bertanya kpd papa ttg perubahan tubuhnya. Walaupun bikin papa kesal, sabar ya Pa. Mama butuh penguatan nih
  5. #sekolahortu Pd kasus lebih parah, ada pula yg menolak / menghindari makan, karena tak mau berat badan bertambah, ini membahayakan janin.
  6. #sekolahortu Ada pregorexia, sejenis anorexia pd mama hamil. Diet mati2an. Bayi bisa minim nutrisi, terancam prematur BBLR, bhkn keguguran
  7. #sekolahortu Ada pula yg saking tak sukanya dengan perubahan tubuhnya (bukan tak suka bayinya), sampai depresi, ini juga bahayakan janin
  8. #sekolahortu Jangan salah, ada juga yg sampai tak mau hamil karena tak mau bentuk tubuhnya berubah. Hal ini bisa jadi masalah dng suaminya.
  9. #sekolahortu Selama mama hamil tak sampai depresi, masih terus mau makan demi kesehatan bayi, relatif aman kondisinya. Tetap cek dokter ya
  10. #sekolahortu Namun jk sampai ada usaha2 berlebihan utk mengatur pola makan, atau menolak makan berlebihan, ada bbrp resiko. Contoh resiko:
  11. #sekolahortu Bayi lahir prematur, BBLR, keguguran, lahir mati, disabilitas mental, difabel, pkembangan telat, preeclampsia, macam2 gangguan
  12. #sekolahortu Salah nggak sih kalau mama hamil nggak suka sama tubuhnya sendiri? Nggak usah menghakimi diri sendiri / orang lain, wajar kok.
  13. #sekolahortu Memang perubahan ini membingungkan & kadang menyebalkan. Walaupun begitu, kl kita terus menyalahkan, lebih banyak resikonya
  14. #sekolahortu Kl Anda nggak suka perubahan tubuh ketika hamil, itu tak berarti Anda adalah mama yg buruk. Bahkan mungkin sebaliknya…
  15. #sekolahortu …itu adalah tanda2 bhw Anda ingin menjadi mama yg lebih baik sekaligus istri yg lebih baik, sekaligus wanita yg lebih oke
  16. #sekolahortu Semuanya baik kan, dan semua ini perlu diarahkan biar nggak ada yg dirugikan, baik diri sendiri maupun janin dalam kandungan
  17. #sekolahortu Stlh bayi lahir, tubuh mama bs berubah ke sebelum melahirkan lagi. Tentu saja ada yg berbeda krn gmn jg status mama kan berubah
  18. #sekolahortu Tentunya jangan berharap berubahnya terlalu cepat. Kan tubuh mama melewati perjalanan luar biasa ketika si kecil dlm kandungan
  19. #sekolahortu Menyusui juga bikin tubuh mama cepat ramping lagi lho, jadi semangatlah menyusui dan memerah ASI buat si kecil
  20. #sekolahortu Ada juga sih mama yg jadi jauh berbeda, bahkan alami obesitas. Kl ini yg terjadi, nanti mama bs cek dokter gizi soal asupan
  21. #sekolahortu Kalau perlu, sempatkan nge-gym, atau perbanyaklah olahraga mandiri. Kombinasi tepat nutrisi + olahraga kembali rampingkan mama
  22. #sekolahortu Tapi itu kan nanti setelah lahir. Kalau masih hamil, lalu sebal dengan perubahan tubuh, apa yg bisa dilakukan? Ada bbrp tips:
  23. #sekolahortu 1) Konsentrasilah pd pertambahan berat badan bayi. Tanya ke dokter tiap kali periksa. Yakini bhw semua tambahan berat utk bayi
  24. #sekolahortu 2) Perjarang menimbang berat badan. Jika ditimbang perawat, boleh buang muka, bilang perawat jangan kasi tau angkanya kpd Anda
  25. #sekolahortu 3) Pilih2 kaca kalau ingin mengaca. Cari kaca yg membuat Anda tampak lebih kurus, mis kaca panjang.
  26. #sekolahortu 4) Dekatilah orang2 yg menganggap berat badan bertambah selama hamil itu positif. Jauhi yg bilang mama gemuk & tak menarik.
  27. #sekolahortu 5) Ekspresikan ketidaksukaan Anda ttg berat badan ini kpd papa, keluarga, atau teman. Jangan disimpan sendiri.
  28. #sekolahortu 6) Dengan mama ekspresikan ketidaksukaan, mama keluarkan emosi negatif, sehingga kembali ada banyak tempat utk emosi positif
  29. #sekolahortu 7) Cari kegiatan2 menyenangkan, termasuk kegiatan yg hanya bisa dilakukan eksklusif oleh mama hamil, shg hamil terasa asyik
  30. #sekolahortu 8) Ikut kelas yoga hamil? Boleh. Nikmati ketenangannya. Fokuskan pada kaitan positif antara tubuh dan jiwa mama.
  31. #sekolahortu 9) Ayo banyak2 baca artikel ttg kehamilan, banyak2 konsultasi dengan para ahli atau teman2 yg hamil dng bahagia
  32. #sekolahortu 10) Yakini bahwa pertambahan berat badan adalah perjalanan seru ke arah menjadi mama sejati, bukan ancaman utk diri sendiri
  33. #sekolahortu 11) Walaupun tak suka, coba deh utk meminta papa / teman utk memotret mama tiap bulannya. Jangan dilihat, tp simpan saja
  34. #sekolahortu Nantinya foto2 itu, ketika sudah melahirkan, akan jadi dokumentasi yg indah tentang perubahan tubuh yg menghasilkan kebahagiaan
  35. #sekolahortu Nah, kalau sudah lakukan itu semua dan masih juga bermasalah berat dengan bertambahnya berat badan, apa yg bisa dilakukan?
  36. #sekolahortu Bilang ke dokter, tanya apa yg mesti dilakukan. Bisa juga datanglah ke psikolog utk menemukan akar masalah & menuntaskannya

Wah, banyak juga ya poinnya. Hihihi. Tak apalah ya. Bumil itu harus banyak belajar. Tapi poin yang paling saya suka adalah tentang foto diri saat hamil. Ih, selama hamil ini saya baru foto berapa kali ya? Dua kali deh kayaknya. Perlu foto terus nih, biar nanti juga bisa buat kenang-kenangan.

Nah, setelah membaca 36 poin di atas apakah bumil masih bermasalah dengan bentuk tubuhnya?

13 comments:

  1. Banyak juga yah mba infonya. Terimakasih mba udah berbagi infonya :)

    ReplyDelete
  2. Klo kata suami pas saya hamil, auranya lebih cantik dan seksih hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Jadi penasaran apa komentar suami. Hihihi.

      Delete
  3. Klo kata suami pas saya hamil, auranya lebih cantik dan seksih hihihi

    ReplyDelete
  4. Mumpung lagi hamil, gak apa-apalah makan yg banyak dan jadi gemuk, ada alasan..hihihi. Yg penting kenaikan bb masih dalam batasan normal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh Mbak, naiknya BB masih dalam ambang normal boleh lah yaaa...

      Delete
  5. lebih seksi juga kata suamiku...ahhaaha..jadi malu...

    ReplyDelete
  6. Aku malah ndek ben senenh foto2 pas hamil, foto tanpaaaaa………*sensor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaa....Mbak Noorma ketahuan ya suka eksplor sesuatu di luar dugaan saya.

      Delete
  7. Aku kalo hamil malah turun BB, tapi bayi normal BBnya.
    Sekarang nggak hamil?? BB nya naiiiik mulu....hiks *syedih saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekarang dah beda lagi ya Mbak kasusnya. Hahaha.

      Delete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!