Wednesday, 8 July 2015

Nggak Baca Lengkap Kan?

Assalamualaikum.

Nggak baca lengkap kan?’ Begitulah kira-kira kalimat teman blogger yang postingannya barusan saya komentari. Dia tak membalas komentar saya di blog, melainkan mengirim WA ke saya. Saya kelabakan dong? Loh tadi saya komentar apa ya saat blogwalking di blognya? Malu-maluin saja.

Blogwalking adalah salah satu kegiatan yang ‘wajib’ bagi setiap blogger. Tanpa blogwalking rasanya ada yang kurang. Banyak sekali manfaat dari blogwalking yang bisa kita dapatkan. Diantaranya, kita akan dikenal, dapat kunjungan balik, nitip link, menambah wawasan, dapat ide baru, dan masih banyak lagi.

Saya sendiri tak mematok harus blogwalking sehari berapa blog. Asalkan pas luang, signal HP oke, ya blogwalking. Biasanya saya akan mengunjungi postingan teman yang ada di dasbor blog dulu baru kemudian mencari postingan teman yang dishare di komunitas blogger.

Nah, untuk kasus ‘Nggak Baca Lengkap Kan?’ ini saya akui, kalau saat itu saya memang tidak membaca postingan secara lengkap karena saya langsung membaca pada poin-poin yang disajikan. Makanya saat saya tanya di kolom komentar, pemilik blog langsung WA saya. Hihihi. Ternyata apa yang saya tanyakan sudah ada jawabannya di postingan. Malu ah!

Disentil langsung oleh pemilik postingan bagaimana rasanya? Tentu malu lah. Tapi ya harus mengakui kesalahan saya. Dan tentunya minta maaf dan menjadikan kejadian tersebut sebagai pelajaran berharga bahwa blogwalking itu tak sekedar meninggalkan komentar, melainkan ya harus nyambung juga sama postingan. 

Ngomong-ngomong soal ‘Nggak Baca Lengkap Kan?’ alias komentar pertanyaan yang jelas-jelas sudah ada jawabannya eh malah ditanyain lagi, sebenarnya di blog saya pun pernah ada. Bahkan komentatornya itu blogger yang saya kagumi. Hayooo siapa? Hihihi. Tenang, saya lebih memilih menjawab komentarnya lagi dengan cara mencopy apa yang sudah ada di postingan. Tidak berani menyentilnya langsung, takut tersinggung. Hihihi.

Pernah juga, saat saya sedang berkunjung ke blog teman, ada yang bertanya di kolom komentar dan dijawab oleh pemilik blog, ‘Nggak Baca Lengkap Kan?’ jawaban pertanyaan kamu sudah ada di postingan tuh. Saya yang membaca malah senyum-senyum sendiri. Eh, sekarang justru saya sendiri yang kesentil. Akan banyak yang ngetawain saya juga nih. Hihihi.

Terpenting, setelah mendapati kejadian seperti ini saya jadi belajar satu hal, komentar atau blogwalking itu memang penting bagi blogger. Tapi...jangan sampai karena blogwalking yang ‘ngawur’, Anda jadi malu sendiri. Yuk, ah! Baca lengkap postingan teman blogger yang lainnya!

Kalau Anda, pernah punya pengalaman seperti saya? Malu? Tak apalah. Jadikan pelajaran berharga. Jangan diulangi lagi.

25 comments:

  1. Pengalaman yang malu-maluin tapi (semoga) menjadi pelajaran ya mbak, xixixiii...
    Aku baca lengkap lhooo postingan ini :D dan bikin senyan senyum sendiri, soalnya pernah juga gak baca lengkap postingan seseorang, hahaa... tapi biasanya gak aku komen sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iya mbak malu2in bgt tapi ya itu tadi ada hikmah di balik cerita.

      Delete
  2. Aku suka ga baca lengkap n komen secara umum aja. Yg penting eksis ngomen..wkwkw

    ReplyDelete
  3. yang pasti bukan aku kan Mak, soale aku bukan blogger terkenal...*kibas-kibasrambut

    ReplyDelete
  4. hehe iya jangankan di blog, di facebook saja ada yg suka nanya lagi pdhl jelas2 tertera. Sharing bagus mak, mengingatkan saya lagi :-)

    ReplyDelete
  5. Hehe, nggak munafiq sih pernah juga kayak gitu. Kalau pas mood ya dibaca semuanya, apalagi yg tema"nya saya banget. Kalau pas nggak mood, waah~ jangan tanya sudah :D thanks deh sarannya mbak, jd berasa diingatkan.

    ReplyDelete
  6. Tenang aja mak.. aku juga pernah begitu kok. Abis itu merasa malu juga hehhehe...

    ReplyDelete
  7. Hihi saya juga pernah kesentil. Biasanya kalo lagi males baca panjang-panjang tapi tetep pengen komentar :D

    ReplyDelete
  8. aku juga sering mak, jadi kalo komen nggak detil2 banget...hehehe,

    ReplyDelete
  9. Kayaknya aku juga pernah baca ga lengkap deh Mbak, yg penting komen dulu hihihi (eh yapi yg ini aku baca lengkap lho ya xixixix)

    Eniwei, pengalaman (baik sendiri maupun orang lain) selalu menjadi pelajaran yg sangat berharga. Makasih udah sharing Mbak Ika ^_^

    ReplyDelete
  10. Duh, saya juga kebiasaan baca separoh2 :3

    ReplyDelete
  11. selamat ya mbak sertifikatnya..salut bisa dua2nya...sy berupaya sll membaca konten sebaik2nya ..supaya tidak mengecewakan yg sdh nulis susah2

    ReplyDelete
  12. ada bbrp yg srg BW di blogku, suka nanya2 ttg kuliner ato traveling, pdhl smua itu udh aku tulis lengkap ;p.. biasanya lgs aku jwb aja, "itu udh aku tulis di atas ya mba" :D. aku sndiri utk mnghindari yg bgini, sebelum submit pertanyaan, pasti aku scroll lg k atas mba..apa yg mw ditanyakan udh ditulis ato ga :D. jd ga malu ;p

    ReplyDelete
  13. palaing kalau ada yang begitu, saya sellau komen "Silakan baca lagi postingan saya" :)

    Tapi, saya akui juga sih kadang saya juga suka gak teliti ketika membaca :)

    ReplyDelete
  14. Kalau ada yg begitu, saya komentari aja dibawahnya, nggak sampai sy japri begitu sih heheheee.... Saya terima semua kesempatan yg telah diluangkan teman2 ke blog sy dlm bentuk apapun dg ikhlas. Apa yg terjadi di blog sy, akan sy selesaikan di blog juga, nggak sampai keluar :D

    ReplyDelete
  15. hihiii..buat pembelajaran ya mak.
    Tapi aku baca lengkap loh! plus komen2nya :v

    Emang sering ada kejadian, ko antara komen ga nyambung sama postingan.
    Atau jelas2 di postingan udah ada cerita lengkapnya, ini malah ditanyakan lagi #eeaa
    itu tandanya ga baca lengkap ya :v

    ReplyDelete
  16. aku pernah ngalamin begitu mba tapi itu udah lama sih kejadiannya .. setelah di tegur gitu aku langsung baca lengkap deh semuanya sampe selesai hihihihi semoga ajah engga terulang lagi ya mba :)

    ReplyDelete
  17. Keseringan fast reader, jadi ada informasi yang kelewatan. malu deh... hehehe Saya juga pernah mengalami hal itu.

    ReplyDelete
  18. iyaa, kadang kalau waktunya mepet, kita bacanya scanning aja, apalagi yang postingnya panjang hihihi

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!