Friday, 24 July 2015

Tahu Setan: Panas, Pedas, dan Nendang

Assalamualaikum.

Apaan sih tahu setan? Tahu yang gentayangan kayak setan gitu ya? Bukan! Tahu yang ini itu beda dengan tahu yang lainnya. Yang pasti tahu ini nendang banget di mulut.

Bukan ngidam, tapi lagi kangen saja makan tahu setan. Apalagi pas cuaca panas gini, rasanya pengen makan tahu setan yang panas, pedas, dan nendang. Pergilah saya ke daerah Jalan Pemuda tepatnya perempatan menuju SMA Muhammadiyah Gubug, Grobogan. Kira-kira 15 menit lah dari rumah.


Sampai sana, saya temukan gerobak sederhana milik keluarga Wina yang bertuliskan tahu setan. Camilan yang satu ini tergolong baru. Belum ada setahun deh. Yah, bersamaan dengan bermunculannya camilan yang berbau rasa pedas dengan level yang bertingkat-tingkat itu.

Dulu, pertama kali nyobain huuu~ rasanya, panas, pedas, dan nendang banget! Cocok untuk lidah saya yang gemar dengan rasa pedas. Makanya, setiap kali pulang kerja pasti nyempetin buat beli.

Tahu setan ini harganya merakyat lho, per bijinya hanya seribu perak. Jangan tanya sekali makan saya bisa habis berapa ya? Hihihi...kemarin saja saya bisa habis 15 biji lho. Hihihi...maruk banget kan? Rasa pedasnya itu bikin nagih.


Apa sih bedanya tahu setan ini dengan tahu berasa pedas lainnya? Tahu yang digunakan sama dengan tahu pedas lainnya, yaitu tahu pong. Bedanya adalah isinya. Saat pertama kali makan tahu setan ini saya kira isinya itu adalah sambal goreng kentang, eh setelah diperhatikan ternyata bukaaan! Pemilik tahu setan ini punya resep tersendiri. Potongan siomay bentuk dadu dengan bumbu rica-rica ekstra pedaslah yang mereka pilih. Saat digigit rasa siomay ini kenyal-kenyal empuk, ahhh...susah diungkapkan deh. Pantas saja, sekali menggelar lapaknya, Wina bisa menghabiskan 600-700 biji tahu setan. 


Pembeli yang suka makan-makanan dalam dalam keadaan panas, santai. Pemilik tahu setan ini selalu memberikan camilan yang fresh, nunggu 10 menit tahu setan yang baru diangkat dari panci siap kita bawa pulang. Tenang, penjualnya juga sadar betul akan kesehatan kok. Tempat dan minyak gorengnya dijamin bersih dan selalu baru. Satu lagi, penjual membungkus tahu setan ini dengan plastik putih transparan, bukan koran bekas atau plastik hitam yang berbahaya apabila digunakan untuk membungkus makanan dalam keadaan panas.

Nah, bagi Anda yang berkunjung ke daerah Gubug, Grobogan, Jawa Tengah, jangan sampai melewatkan camilan murah meriah yang satu ini. Tahu setan ini buka dari pukul 09.00 sampai 19.00 WIB. Dijamin menyesal deh kalau nggak nyobain.

10 comments:

  1. enak banget kayaknya...maulah sebungkus mbak^^
    Mohon maaf lahir batin ya mbk^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbaaakkk.
      Iya Sama-sama mohon maaf lahir batin ya^^
      Siniii mbak pas hangat rasanya makin nendang nih.

      Delete
  2. mbaaa aku jadi ngilerrr banget, kayaknya di Kudus blom ado :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups awas ilernya ngecees lho.
      Hihihi bisa jadi peluang usaha nih mbak.

      Delete
  3. mau dong tahu setannya, aku kira isinya kayak tahu mercon yang diisi jamur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini beda Pak. Enakan ini daripada tahu mercon.

      Delete
  4. Alamak ekspresinya. Jadi kepingin hhihihiii

    ReplyDelete
  5. Di Depok juga ada tahu pedas mbak, di dalamnya isinya ramuan cabe semua -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang lagi musim ya Mbak. Etapi kalau isinya cabe doang mana berani makaaaannnn.

      Delete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!