Monday, 31 August 2015

Benarkah Wijen Bisa Menyebabkan Keguguran?

Assalamualaikum.

Benarkah Wijen Bisa Menyebabkan Keguguran? Onde-onde adalah salah satu jajanan yang saya gemari selama hamil. Sekali makan bisa habis 3 biji. Lumayan kaget saat ada kabar kalau ternyata wijen, contohnya yang ada di onde-onde, bisa menyebabkan keguguran. Benarkah?

sumber gambar dari wikiresep.com
Jadi ngileeerrr lihat onde-onde. Heemm...
Wijen diduga berasal dari Afrika, namun kini lebih banyak ditemukan atau ditanam di India. Beberapa daerah di India muncul mitos bahwa minyak wijen digunakan sebagai obat tradsional yang mampu memicu kontraksi pada ibu hamil dan mengakibatkan keguguran. Akan tetapi, setelah mitos itu mulai menyebar, India melakukan penelitian terhadap wijen ini yang hasilnya menyatakan wijen dan keguguran tak ada hubungannya.

Hasil penelitian justru menyebutkan kalau wijen atau pun minyak wijen memberikan manfaat untuk mengatasi sembelit, anemia, meredakan keram saat menstruasi, dan menyeimbangkan hormon. Selain itu, dr. Irwan (bintang tamu di acara talk show dr.OZ) menyebutkan bahwa wijen justru banyak mengandung asam lemak, protein, vitamin, dan zat besi yang sangat baik untuk ibu hamil.

Nah, sampai sini apakah masih muncul pertanyaan Benarkah Wijen Bisa Menyebabkan Keguguran? Jawabnya, tidak! Terpenting, apapun itu kalau berlebihan pasti tidak bagus. Jadi, mengkonsumsi wijen atau minyak wijen itu boleh ya. Selamat makan onde-onde. Loh?

Referensi:
talk show dr. OZ tayang hari Jumat, 28/8/2015
https://id.wikipedia.org/wiki/Wijen

9 comments:

  1. Engga dunk hihiii
    Palagi yg dibikin onde2 kyk gmbar fi atas wenaaak pasti

    ReplyDelete
  2. aiihh ondenya menggoda..
    masih ada gaaa, mau lah :D

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen beli onde2 nih Mbak Ika. Tar sore beli aaahhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi...ini tukang onde-onde bakal pada laris ya.

      Delete
  4. baru dengar kalau wijen gosipnya bikin keguguran, makasih infonya mba..

    ReplyDelete
  5. Wah, kadung kaget nih sama judulnya. Alhamdulillah ternyata ngga bikin keguguran. Saya suka onde2 soalnya :)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah ya gak berbahaya bagi ibu hamil.. soalny kaget blg org ini lah itulah... ini lg makan yg ada biji wijennya...

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!