Sunday, 30 August 2015

Kemeriahan Kampanye Bersama CaBup dan CaWaBup Kabupaten Demak 2015

Assalamualaikum.

Sabtu (29/8), Di luar sana matahari tampak sangar. Benar saja, jam dinding hampir menunjukkan pukul 13.00 WIB. Kalau biasanya jam segitu saya bersiap untuk tidur siang, kini kantuk saya usir jauh-jauh. Saya tak mau kalah dengan tetangga lainnya yang sudah pada bersiap di pinggir jalan. Ada apa gerangan?

Menurut kabar yang beredar, akan ada kampanye bersama CaBup (calon bupati) dan CaWaBup (calon wakil bupati) Kabupaten Demak 2015. Ya, mereka hendak memperkenalkan diri, ini lho kandidat yang akan dipilih pada tanggal 9 Desember 2015 nanti. Sebagai warga negara yang baik, tentu saya harus tahu dong siapa saja calonnya? Kalau kerennya sih, tak mau membeli kucing dalam karung. Hihihihi.

Di pertigaan sudah ramai banget lhoo...
Suara sirine mobil polisi mulai terdengar. Di pertigaan Mintreng sudah sangat ramai. Barong (hiburan dari cabup no 1), drum band (hiburan dari cabup no 2), dan barongsai (hiburan dari cabup no 3) juga telah beraksi. Tak lama mobil dari Panwaslu Demak mengikuti mobil polisi. Terdengar woro-woro akan ada rombongan CaBup (calon bupati) dan CaWaBup (calon wakil bupati) Kabupaten Demak 2015 yang melintas dan warga dianjurkan untuk melihat agar mengenal siapa saja CaBup (calon bupati) dan CaWaBup (calon wakil bupati) Kabupaten Demak 2015 yang akan dipilih nanti.

Mobil panwaslu lewat...
Ada 3 pasangan calon yang akan siap bersaing merebut hati warga.
Tak lama, rombongan kampanye dari CaBup (calon bupati) dan CaWaBup (calon wakil bupati) dengan nomor urut 1 pun siap unjuk gigi. CaBup dan CaWaBup dengan nomor 1 ini terdiri dari Muhammad Nasir – Joko Sutanto (Nasir-Jos). Selama rombongan kampanye ini lewat, terdengar suara, “Nasir....Jossss!!!!” sambil mengacungkan jempolnya. Yang cukup menarik perhatian warga sekitar dari rombongan ini selain barong yang mengiringinya, yaitu turunnya Pak Jos dari mobil dan menghampiri warga yang ada di pinggir jalan kemudian menyalaminya satu per satu. Pencitraan kah? Tapi saya juga diajak salaman lhooo....hihihi. Mumpung gitu. Nanti kalau sudah jadi CaWaBup juga belum tentu kalau bisa salaman. Betul?

Barongnya lewaattt, hiiiii....
Mobil kampanye pasangan nomor 1
Rombongan kampanye dari nomor urut 1 ini cukup banyak. Ada sepeda motor, tapi paling banyak sih mobil. Sehingga rombongan kampanye dari CaBup (calon bupati) dan CaWaBup (calon wakil bupati) dengan nomor 2 agak lama datangnya. Untuk pasangan nomor 2 ini memiliki sebutan Da Di, Dachirin Said–Edi Suyadi. Dengan berpakain jubah putih, mereka berdua diarak dengan drum band milik sekolah swasta yang ada di lingkungan saya. 

Drum band sedang beraksi
Da Di bersalaman dengan warga
Berbeda dengan pasangan nomor 1, untuk pasangan nomor 2 ini CaBup-nya sudah tidak asing lagi. Karena beliau adalah Bupati yang menjabat saat ini, yaitu Dachirin Said. Dua jari yang melambangkan perdamaian pun jadi simbol kampanye mereka. Rombongan pasangan ini tak terlalu banyak. Sepeda motor yang mendominasi. Yang disayangkan, ada salah satu pendukungnya yang menaiki motor dengan suara knalpot grong, suaranya sangat mengganggu. Alangkah lebih baiknya kalau seperti yang lainnya saja. Karena dengan kampanye seperti itu saja sudah boros BBM eh ditambah polusi suara. Kan sayang.

Barongsai sebagai penutup hiburan untuk warga.
Tampak pasangan no 3 sedang menyapa warga sekitar
“Ibu barongsainya sudah kelihatan!” teriak salah satu anak kepada ibunya.

Barongsai tampak, berarti rombongan kampanye dari CaBup (calon bupati) dan CaWaBup (calon wakil bupati) dengan nomor 3 pun siap beraksi. “Harum...Harum....!!” Siapa Harum? Harwanto dan Maskuri, itulah nama pasangan CaBup (calon bupati) dan CaWaBup (calon wakil bupati) dengan nomor urut 3. Dengan berjas hitam, mereka tampak gagah. Pasangan ini identik dengan kumis hitamnya. Ih, malah keinget suaminya Mbak Inul, Adam Suseno. Hihihi.

“Harum ya Bu...Pak...nomor 3....(salam tiga jari)” kata ibu-ibu yang ada di dalam mobil dengan sticker gedhe bertuliskan Harum.

Mobil kampanye milik pasangan nomor urut 3
Sekitar pukul 15.00 WIB, rombongan kampanye bersama CaBup (calon bupati) dan CaWaBup (calon wakil bupati) Kabupaten Demak 2015 usai. Warga sekitar pun membubarkan diri karena hendak memasak untuk acara apitan. Kesan senang tampak jelas di wajah mereka. Ya, kapan lagi coba warga bisa dapat hiburan gratis nan meriah seperti itu. Kampanye bersama ini menjadi penutup bulan kemerdekaan RI ke 70 yang cukup berkesan. Harapannya, tak hanya hiburannya yang berkesan bagi warga. Tentu, kenal siapa calon pemimpinnya-lah yang diharapkan oleh pihak penyelenggara kampanye bersama ini.

Nah, kalau di tempat Anda sudah ada kampanye semacam ini belum?

10 comments:

  1. Wahhh ramai sekali :D semoga kelak tetap amanah yaa :D

    ReplyDelete
  2. wah, ada pawai bareng sama calon bupati juga ya, mba. Kalo di sini kemarin ada pawai yang arak2an biasa, paling anak2 sama mobil hias :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mbak. Yang 17an kemarin juga sudah ada karnaval. Tapi yang kampanye ini tambah rame banget.

      Delete
  3. wuuih rameeenya...ada barongan jugaa..hiiihi kesenangan anak2ku banget ntuuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, anak-anak pada seneng sama barong ya. Padahal kalau dideketin juga pada kabur. xixixixi

      Delete
  4. Wow mpe ada drumbandnya ya mb ika,mpesti meriah sangad

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!