Wednesday, 7 October 2015

Nafas (Bayi) Ghifa Grok Grok

Assalamualaikum.

Sejak dua hari lalu, nafas (bayi) Ghifa grok grok. Kadang juga batuk-batuk. Sebagai seorang ibu baru tentu saya takut, galau segalau-galaunya, dan heboh kalau ada apa-apa sama Ghifa. Sampai-sampai saya berpikiran, apa Ghifa punya asma ya? *duh pikiran buruk jangan ditiru*

Nafas (Bayi) Ghifa grok grok ini hanya muncul atau terdengar saat Ghifa terjaga. Kalau bubuk tidak terdengar. Bubuknya masih pules banget. Ghifa juga nggak rewel-rewel banget sih. Hanya saja, kalau nenen jadi lamaaa banget.

Langkah pertama saya ya cari info di internet. Setelah baca sana-sini, kok semua artikel menjurus ke asma. Makin parno. Akan tetapi, ada juga artikel yang mengungkapkan kalau asma itu akan tampak kalau anak sudah berusia satu tahun ke atas. Lah terus Ghifa ini kenapa? Ada yang menyebutkan kalau di tenggorokan Ghifa ada lendirnya tapi itu tidak berbahaya bahkan lumrah terjadi pada bayi sampai usia 6 bulan.

Semalam, Nafas (Bayi) Ghifa Grok Grok sedikit berkurang, tapi parno saya maish tingkat tinggi. Saya bawa deh Ghifa ke bu bidan. Setelah diperiksa, apa kata bu bidan? Di tenggorokan Ghifa ada lendirnya. Dan memang lumrah terjadi pada bayi seusia Ghifa (26 hari). Saya tak perlu khawatir. Menurutnya, batuk Ghifa itu juga dipicu dari lendir tersebut. Terasa gatal kali yaa...Saya lihatnya sampai kasihan banget kalau pas batuk.

Untuk mengatasi Nafas (Bayi) Ghifa Grok Grok ini, bu bidan menyarankan Ghifa untuk didede (dijemur di bawah matahari pagi selama 15 menit) dengan posisi ditengkurapkan. Biasanya kalau pagi Ghifa juga didede, akan tetapi dengan posisi terlentang dan badan tidak dalam keadaan dibedong. Setelah didede jangan langsung dimandikan. Tunggu beberapa saat sampai suhu badan Ghifa kembali normal setelah terkena sinar matahari. Bu bidan juga menambahkan, kalau pun lendirnya itu tidak bisa keluar langsung selama didede, lendir itu juga bisa keluar bersamaan dengan gumoh.

Harapan saya, semoga Ghifa cepetan gumoh. Biar Nafas (Bayi) Ghifa Grok Grok pun hilang. Aamiin. Sehat-sehat ya, Nak!

Kalau Anda punya pengalaman yang sama seperti saya? Bagaimana cara mengatasinya? Sharing yuk!

15 comments:

  1. Kalo bayi lgi sakit..emang suka galau berlebihan..kadang banyak baca di internet malah tambah takut..he2

    Semoga ghifa ga kenapa2 ya mba...n sehat2 aja...

    ReplyDelete
  2. dedenya cakep banget, bobonya nyenyak banget ya...

    ReplyDelete
  3. Ghifa...semoga lendirnya cepet keluar ya sayang,sehat2...^^
    alhamdulillah dah bisa buka blogmu mbak^^

    ReplyDelete
  4. Sebelumnya sy ucapkan selamat ya mak atas kelahirannya, dede nya lucu gemes :) suara grok grok pd bayi itu normal sampe usia bbrpa bulan nntnya hilang dg sendirinya lewat tangisan ato gumoh, betul saran dr bidannya dede di jemur dg posisi tengkurep sebaiknya sambil ditepuk2 bagian belakangnya gpp sampe merah jd, kalo udh usia bbrp bulan biasanya di nebulizer sm fisitherapy mak, kalo msh galau boleh konsul spesialis anak ajh mak, itu ajh saran dr sy mak sehat terus dede nya yaa, luv u :) mksh

    ReplyDelete
  5. Cepat sembuh ya dedek bayi. Biar mamanya ga cemas lagi :))

    ReplyDelete
  6. Anakku tiga2nya pernah seperti itu juga waktu bayi. Bener kata bidannya, di jemur aja sambil tengkurap...nanti akan keluar kok. Dan, jangan panikan ya...hehe

    ReplyDelete
  7. Semoga lekas sembuh ya. Kalau anak pertama memang masih suka bingung dan panik. Insyaalloh bisa sembuh dengan di jemur.

    ReplyDelete
  8. aku udah punya anak 3, tetep aja panik kalo bayi sakit... meski itu cuma ingusan... hihihi

    cepet sembuh dede ghifa :)

    ReplyDelete
  9. Semoga segera sembuh ya, Mbak. Sama mbak, biasanya juga di-dede kala matahari naik dari terbitnya.

    ReplyDelete
  10. Insyaallah sdh sembuh ya mbak
    btw salam kenal..

    ReplyDelete
  11. Kalau batuk pilek, saya biasanya netesin kayu putih ke air panas di baskom, lalu taruh di kamar, Mak. Uapnya yang segar mematikan virus flu. Salam kenal, salam santun.

    ReplyDelete
  12. kalo orang dewasa tinggal oleh vicks salep di dada,, cepet ilang ya dekk..
    btw, pipinya gembil bangetttt..gemesinnn

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!