Wednesday, 28 September 2016

Kok Nggak Sekolah Lagi?


Akhir-akhir ini banyak banget yang nikah ya? Jangan- jangan karena tahun besok tahun duda? Kata orang sih. Hihi.

Ikut senang, karena teman kuliahku juga banyak yang mengikuti jejakku. Nah, otomatis aku juga berkesempatan bertemu lagi dengan teman-teman kuliahku.

Dari sekian banyak teman yang aku temui, hampir semuanya bertanya, "Kok nggak sekolah lagi?"

Aku cukup kaget saat mendapati pertanyaan itu. Makanya aku  jawab asal aja gitu.

"Ehm...nggak."

" Kenapa tanya gitu?"

" Eh iya ya, si anu juga kuliah S2."

Sampai ada pertanyaan serupa yang keluar dari mulut teman karibku.

"Kenapa tanya gitu, Mbak? Dan kenapa aku harus sekolah lagi?"

Jawabannya membuatku bengong.

"Kamu itu bisa lebih dari ini. Masih pantas buat sekolah S2. Sayang saja kalau ilmumu hanya sampai di sini."

"Doain ya, Mbak. Semoga ada masaku untuk itu."

Apakah aku baper ditanya seperti itu? Iya, tapi kadarnya sudah tak seberapa. Dulu, pas awal-awal lulus S1, aku sungguh baper. Ngiler lihat teman pada nglanjutin S2, aku malah nikah.

Sekarang, aku cuma mau bilang, inilah hidupku dan inilah pilihanku. Keinginan untuk sekolah lagi itu masih jelas ada. Tapi tidak sekarang. Anakku, suamiku, keluargaku, murid-muridku masih sangat membutuhkanku.

Kan bisa sekolah sambil ngajar?

Aku bukan tipe orang yang pintar membagi waktu, hati, pikiran, dan badan. Aku hanya bisa fokus pada satu hal nggak bisa kalau ada cabang-cabang lain. Yang ada pasti malah nggak maksimal semua. Ujung-ujungnya aku malah merasa nggak enak.


Saat ini aku hanya ingin hidupku bisa lebih bermakna bagi orang di sekitarku, sekecil apapun. Ngurus anak saja saat ini masih njagake ibu. Bagaimana kalau aku sekolah lagi? Pokoknya masih banyak yang keteteran.

Cukuplah saat ini aku ngajar, jadi guru privat, blogger, dan ibu rumah tangga yang ikhlas menjalankan semuanya dan bermakna bagi sesama. Masa itu pasti akan datang. Dengan biaya sendiri dan dengan ridho orang-orang yang kucintai.

Mohon diaminkan ya?

Selama menunggu masa itu datang banyak hal yang harus ku persiapkan terutama masalah kemampuan bahasa asingku. PR banget yang ini. Yah, paling tidak Allah memending S2 karena ada hal yang harus kupersiapkan dulu. Hihi..bukan begitu?

Kalau kamu masih adakah keinginan untuk sekolah lagi? Apa yang melandasinya?

27 comments:

  1. tenang Mak, aku juga baru 20 tahun kemudian menginjakkan kampus. Jadi mahasiswi tertua tapi jiwa muda karena semua temen seangkatan setengah umur. seru lho Mak, apalagi anak sudah bisa diajak kerjasama ngerjain tugas heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow sepertinya menarik banget nih Mak. Jadi makin penasaran. Semoga aku juga punya kesempatan ini. Aamiin.

      Delete
  2. pingin juga sih Mb, tapi dananya lom ada hehe

    ReplyDelete
  3. Aamiiin Mbak, semua ada rasanya. Nikmati yg ada sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap setuju Mbak. Yang di depan mata dilakoni dulu ya.

      Delete
  4. Sama Mba, aku suka baper kalo liat temen bisa sekolah lagi. Balik lagi ya ke pilihan kita dan alhamdulillah saya happy.
    Semoga bisa sekolah lagi ya, Bu Guru. Aamiin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, rasa syukur kita harus diperbanyak lagi, Mbak. Amiin. Terima kasih Mbk.

      Delete
  5. Amin....
    Aku S1 aja blm... entah kpn, hwhwhw

    ReplyDelete
  6. suka dengan tulisan di bawah gambar, tapi bener loh liat temen lanjutin sekolah tuh bikin baper juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu...aku juga tertohok dengan kalimat itu mbak.

      Delete
  7. Peer pressure emang luwar biasaaa ya..
    Insyaalloh Mba Ika bisa melanjutkan kuliah lagi. Semoga dimudahkan. Aamiin YRA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesss..luar binasaaa bgt mbak. Hahaha.
      Amiin. Makasih mbak.

      Delete
  8. Aamiin...
    Betul sekali, Mbak, yang penting saat ini bagaimana menjadikan hidup lebih bermanfaat bagi diri, keluarga, dan sesama. Salut dan setuju banget :)

    Ohya, Mbak, sekalian mohon izin ya, tadi saya follow blog ini, makasih yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo, Pak.
      Iyes, Pak. Hanya saja aku ini sering khilaf lupa diri.

      Delete
  9. aamiin..mudah2an tercapai ya mbak, saya juga pengen tapi gak jadi prioritas sih

    diniratnadewi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini sekolah lagi juga bukan prioritasku Mbak. Cuma hawane baper.

      Delete
  10. Aamiin ... Pendidikan memang penting. Namun, tugas sebagai seorang ibu dan istri jauh lebih penting. Namun, kalau sudah menyiasatinya, mengapa tidak? :D

    ReplyDelete
  11. Aaamiin...

    Dulu aku juga pengen.. banget lanjut s2 tapi ga ada dana dan kalau mau nyari beasiswa ipk mepet :P

    setelah menikah masih ada kadang rasa2 ingin sekolah lagi, sekarang malah udah ga kepikiran Mba.. kalau ada kesempatan malah pengen kuliah yg agama islam gitu.. ^^

    ReplyDelete
  12. Walaupun sudah nikah..kuliah tetep jalan terus yg penting dananya ya mbak.. hehe

    ReplyDelete
  13. Sambil nunggu masa itu dtg smbil nebar manfaat utknorg2 sekitar ya mbk, sippp, semoga kesempatan sekolah lg dtg menghampirimu ya mbk, amiin

    ReplyDelete
  14. semangat mbak dii..mungkin nanti ada masanya semangat bgt pengen sekolah.
    Kalo udah pengen banget, pasti bisa Mbak :) salam kenal yaa

    ReplyDelete
  15. Ingin sekolah lagi, tapi lebih ke short course :D

    Sedihnya, sekolah lagi kan buat nyari ilmu..

    Ada yang sekolah lagi demi kenaikan pangkat, jabatan, dll

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!