Monday, 13 February 2017

Little Hippo: Kesan Pertama yang Mencuri Hati


"Pakai clodi memang berat di awal, tapi selanjutnya kan ringan. Kalau pakai pospak (popok sekali pakai), kantong jebol melulu."

Kira-kira begitu cerita teman SMA ku yang punya bayi lebih dulu dariku. Dulu, aku berpikir, ah, belum ada uangnya. Pakai pospak dulu nggak papa lah. Nanti beli clodinya kalau pas ada uang. Ada juga yang berpikiran sama denganku?

Kenyataan membuktikan apa?

Sampai sekarang, saat Kak Ghifa sudah berusia hampir 17 bulan, tak satupun clodi kebeli. Memang harus ada kerelaan hati buat beli clodi kalau nggak pengen uang belanja kebuang begitu saja jadi sampah yang justru merusak lingkungan.

Terasa banget sih, tiap minggu harus beli pospak. Ini sudah besar agak mendingan. Seminggu hanya habis 20 pospak yang harganya sekitar 35.000 (ini kena diskon lho). Kalau dikalikan sebulan, setahun, sudah berapa? Jatuhnya malah mehong banget kan ya?

Kalau ditanya, apakah aku menyesal nggak pakai clodi dari dulu? Iya sih, tapi sudah lah. Nggak mungkin juga kan kalau memutar kembali kenangan yang lalu. Ciah, malah kenangan. Terpenting anakku nyaman lah.

Reaksi Kak Ghifa saat memakai clodi

Pas ada teman yang menawarkan clodi produk lokal, aku kok tertarik. Penasaran juga sih, kira-kira Kak Ghifa mau nggak ya pakai clodinya?

Kak Ghifa malu, ya?

Giliran clodi sampai rumah, "Ih, motifnya lucu banget." Kemudian bingung. Ini bagaimana makainya? Hihi. Akhirnya Googling deh nyari video di Youtube.

Sialnya, karena ini lagi musim hujan, clodi Kak Ghifa nggak bisa kering dalam sehari jemur. Di saran penggunaan, clodi yang masih baru dan pakai insert dengan bahan microfibre disarankan paling tidak dicuci sebanyak 3 kali. Hal itu dilakukan untuk membuka pori-pori kain agar daya serapnya maksimal. Ditakutkan kalau kurang dari itu pencuciannya, clodi malah bocor. Terus kalau mencuci usahakan dengan air mengalir dan pisahkan dari pakaian yang lainnya.

Akhirnya, setelah menunggu 5 hari 5 malam, clodi Kak Ghifa bisa kering sring dan siap dipakai. Tapi masalah belum selesai sampai di sini. Apa yang terjadi kemudian?

Pas mau makai clodinya, Kak Ghifa ku tidurkan dulu. Eh, dia meronta-ronta tak mau. Biasanya kan pakai pospak tinggal berdiri langsung pakai. Karena bentuknya yang pant sedangkan clodi yang ini kan bentuknya nggak pant. Melainkan bentuk popok. Bentuk ini cara memakaikannya harus dengan cara membaringkan si kecil.

Cari cara dong agar Kak Ghifa mau pakai clodinya. Ku berdirikan Kak Ghifa. Dengan tiga langkah cepat (menempatkan clodi di antara paha Kak Ghifa, pasang velcro (prepet-tempelan) kanan-kiri), eh, clodi ini bisa dipakai sambil berdiri. Selesai pakai Kak Ghifa langsung jrantal (lari kebirit-birit) nyari mainannya.

Aku melihat Kak Ghifa pakai clodi ini malah cekikikan. Pantatnya makin jembul, lucu banget. Paha Kak Ghifa yang gedhe malah pas pakai clodi ini. Tak perlu pakai celana lagi (hemat cucian). Terpenting Kak Ghifa nyaman memakainya sampai siang.


Kenalan dengan Little Hippo

Bagiku, sesuatu yang dipakai Kak Ghifa itu cocok atau tidak, ya kalau dia merasa nyaman atau tidak. Apalagi di usianya sekarang dia sudah bisa komplen dengan apapun yang tidak dia suka. Melihatnya setengah hari asyik bermain tanpa mempedulikan clodi yang dipakai itu sudah sukses membuat hatiku senang. Clodi Little Hippo Cloth Diaper ini cocok untuk Kak Ghifa.

Namanya Little Hippo, clodi produk lokal ini adalah popok kain yang bisa dicuci ulang dan dipakai ulang. Menurutku, clodi ini identik dengan warnanya yang cerah, eyecatching. Selain clodi dengan motif kayak punya Kak Ghifa, ada juga clodi yang polosan.

Oiya, clodi yang dikenakan Kak Ghifa ini tipe Active Fit. Pas deh sama Kak Ghifa yang lagi aktif-aktifnya mengeksplor sekitarnya. Selain tipe tersebut ada tipe lain. Berikut aku share tipe clodi Little Hippo ya.


Bagi ibu-ibu muda atau calon ibu di luar sana yang pengen pilih clodi untuk anaknya, aku share beberapa hal tentang clodi Little Hippo ini ya.

1. Beli clodi dapatnya apa saja?

Pas beli clodi, kita akan mendapat 1 buah outer dan 1 insert. Untuk insert bisa juga lho dibeli secara terpisah. Harganya berapa? Untuk clodi Little Hippo yang motif harganya 86 ribu sedangkan yang polos seharga 76 ribu.



2. Bahannya bikin ruam nggak?

Kenapa kita harus tahu bahan apa yang digunakan pada clodi? Karena clodi ini akan bersentuhan langsung dengan kulit si kecil. Bagi Kak Ghifa yang kulitnya sensitif hal ini sangat penting kuperhatikan.



  • Outernya (yang ada motifnya) bahannya Polyester PUL yang tahan bocor dan mencegah air merembes keluar.
  • Innernya berbahan microfibre yang akan langsung menyerap pipis sehingga si kecil tetap merasa kering.
  • Insertnya ada 4 layer, yaitu 1 microfleece (halus) dan 3 microfibre (seperti handuk) merupakan kain berteknologi tinggi yang dapat menyerap pipis dengan cepat. 
Insert tersebut dijahit jadi satu tapi ada satu bagian yang nggak dijahit. Jadi, ada rongganya. Ini memudahkan agar cepat kering saat dijemur.

3. Bagaimana cara pakainya?

Ini nih yang kualami. Pas terima clodi bingung ini bagaimana pakainya? Googling juga nggak dijelaskan secara detail. Setelah tanya teman yang sudah pernah pakai clodi, ternyata insertnya tinggal dimasukkan ke pocket saja. Posisi insert yang microfleece di taruh bagian atas.


Enaknya lagi, kalau pakai clodi ini ternyata satu clodi bisa dipakai untuk beberapa ukuran. Kalau beli pospak kan ya misalnya BB nya udah naik harus beli pospak dengan ukuran lain. Catatannya, harga pospak juga makin mahal. Beda sama clodi. Cukup merekatkan snap yang ada beres deh. Mau ukuran S, M, dan L ya bisa Nggak perlu beli clodi ukuran lain lagi.


4. Bagaimana cara perawatannya?

Jangan lupa, sesuai petunjuk, saat membeli baru harus dicuci sampai 3 kali. Kemudian saat mencuci jangan asal memakai deterjen. Usahakan menggunakan deterjen khusus. Terlalu banyak deterjen nantinya akan merusak daya serap insert.

Selain itu, pisahkan clodi dengan pakaian lain. Semprot dengan air saat mencucinya. Mencuci dengan air mengalir juga sangat disarankan.

Saat menjemur, terkena matahari langsung sangat bagus untuk keawetan clodi. Kalaupun lagi musim hujan kayak gini, diangin-anginkan di luar rumah juga tidak masalah.


Baru sekali pakai clodi Little Hippo ini aku jadi pengen nyicil beli clodi lagi buat Kak Ghifa. Paling tidak nanti bisa gantian antara pakai pospak dan clodi. Karena tidak menutup kemungkinan cuaca yang akhir-akhir ini lagi nggak mendukung untuk nasib jemuran di rumah.

Keinginan untuk memakai clodi untuk anak kedua nanti juga makin kuat. Ehm, memang harus nyicil dari sekarang nih ya. Kalau sekarang bisa dipakai Kak Ghifa. Setelah nanti Kak Ghifa lulus toilet training bisa disimpan dan dipakai kalau pas ada adiknya. Sekarang pertanyaannya adalah, kapan punya adiknya? *elus perut yang masih buncit aja* hihihi

Ibu-ibu di luar sana yang mau ngirit anggaran buat beli pospak, nggak ada salahnya buat beralih ke clodi. Apalagi clodi Little Hippo buatan anak negeri sendiri. Kalau mau tahu produk Little Hippo lebih lanjut dan mau window shopping lihatin motinya yang unyu-unyu, bisa cek di beberapa akun sosial medianya berikut ini ya.

Web: Little Hippo
Instagram: Little Hippo
Facebook Fanspage: Little Hippo
Atau mau langsung WA ke ownernya 085775577511

Semoga bermanfaat dan selamat belanja.

28 comments:

  1. Dulu pernah mau mutusin pakai clodi. tapi kok ribet. Akhirnya kuputuskan pakai celana saja deh hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya nggak ribet sih Mbak. Hanya saja harus telaten karena nyucinya harus terpisah dan nggak boleh sembarangan pakai deterjen.

      Delete
  2. Dulu anak-anakku pake pospak semua, huhuu...
    coba dari dulu ada produk ini yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..aku yang punya anak di masa sudah banyak clodi malah menyia-menyiakannnya -_____-

      Delete
  3. Kereen, lengkap reviewnya Mba. Cuciam Clodiku lg numpuk nih, ujan terus2an bbrp hr ini jd jemurnya di dalam, semoga segera ada matahari yg lumayan jreng biar clodinya pd kering sempurna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuciannya sudah kering kan, Mbak? Hihihi...
      Terima kasih sudah mampir ke blogku ya, Mbak.

      Delete
  4. Dulu pernah pake clodi juga tapi skg sdh ga muat apalagi kalo lg musim ujan gini bikin sedih..dga kering-kering :( dan skg msh pake pospak, tapi ni lg mau diarahin toilet training...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak usianya sudah dua tahun ya, Mbak?
      Iya nih Kak Ghifa TT nya juga belum lulis nih. Makanya mau beralih ke clodi. Menurut pengalaman banyak teman, kalau pakai clodi itu lebih mudah lulus TT daripada pospak.

      Delete
  5. Bisa direkomen ke adik-adikku yang masih punya bayi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo Mbak.
      Makasih ya sudah mampir, mbak.

      Delete
  6. Coraknya lucu2 ya mbk. Aman jg nih. Sayang anakku dah besar2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Makanya aku tertarik. Unyu-unyu

      Delete
  7. Anakku 20bulan masih pake pospak, mbak hehehe. Masih proses toilet training tapi emaknya belum lulus nangkep sinyal pengen pipisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..dasar emak2 ya keluhannya TT nggak lulus. Nonjok hidungku sendiri. wkwkwk

      Delete
  8. Anak saya mau masuk usia 9 bulan masih pakai pospak sih, coba nanti tak bilang istri siapa tahu tertarik dengan ini

    ReplyDelete
  9. Pembahasan khusu ibuk ibuk nih wkwkwk
    Ponakanku tiap hari pakai popok nmbk.

    ReplyDelete
  10. Bener mba aku juga pake clodi. Pake pospak klo dia mo bobok aja. Asli pospak isi 12 bisa dipake selama sebulan, beneran hemat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, aku baru mulai beralih nih, Mbak.

      Delete
  11. Aku keringkan clodi pakai pengering di mesin cuci Mbak. Kalau nggak begitu bakalan lama nunggu keringnya. Pengalaman anak pertama pakai clodi memang amat sangat hemat pospak. Misal milih pakai pospak kalau tidur atau kalau mau pergi aja n selebihnya pakai clodi, itu aja udh lumayan hemat. Rencana mau ngeluarin clodi lama si kakak and beli beberapa clodi baru termasuk si little hippo ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip. Aku juga mau mulai nyicil nih Mbak buat adik Kak Ghifa ntar. Misal udah ada adiknya kan biar nggak terlalu berat belinya.

      Delete
  12. noted deh buat kelak klo sudah punya baby :D

    ReplyDelete
  13. anak saya kemarin juga barusan dikasih popok model beginian bu :)

    ReplyDelete
  14. Anakku juga pake nih yang motif ikan. Dia suka banget pakai popok ikan sampai cuci-kering-pake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Kak Ghifa malah dikelonin, Mbak. wkwkwkwk

      Delete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!