Friday, 25 August 2017

5 Hewan Favorit Kak Ghifa


Si Kecil tiba-tiba sakit karena hewan peliharaan yang ada di rumah mati? Kok bisa? Entahlah. Aku mengalaminya. Kak Ghifa tahu-tahu demam, terus tampak murung setelah tahu burung kesayangannya sakit.

Lumrah-kah? Bisa jadi Kak Ghifa terpukul karena hewan kesayangannya itu tiba-tiba mati.

Burungnya diajak nonton youtube
Dan burungnya ternyata tidur pules 

Semenjak aku mengenalkan berbagai macam hewan lewat gambar, Kak Ghifa memang sangat excited kalau lihat hewan dalam bentuk real. Tak banyak sih hewan yang kami pelihara di rumah. Hanya ada ayam dan burung saja. Tapi, aku selalu mengajaknya ikut serta (menggendongnya) saat memberinya makan atau minum. Pun saat Abi sedang  membersihkan kandang, Kak Ghifa selalu ikut serta dengan menonton dari jauh.

Tinggal di area padat penduduk, membuat Kak Ghifa makin banyak mengenal hewan. Diantaranya, kambing, angsa, ayam kalkun, bebek, ikan, kuda, sapi, kucing, tikus, kupu-kupu, monyet, dll. Seperti menemukan zona bermain dan belajar yang gratis di rumah tetangga. Pun bisa dilakukan kapan saja tanpa harus ke kebun binatang.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Virginia dan Rutgers University, ternyata anak usia 11 bulan secara naluri lebih memilih hewan dibandingkan dengan mainan yang menarik lho. Nggak heran deh kalau Kak Ghifa hobi banget kalau sudah melototi ikan yang sebenarnya geraknya ya gitu-gitu saja dibandingkan main robot-robotan. Hihihi.

Masih menurut peneliti yang dilansir dari Everyday Health, hewan itu ternyata lebih memicu keingintahuan dan ketertarikan Si Kecil daripada mainan. Hal itu ditunjukkan dengan waktu yang lebih banyak dihabiskan Si Kecil saat bersama dengan hewan. Kak Ghifa juga gitu, kalau sudah di depan kandang angsa milik tetangga suka berbicara ala bahasanya sendiri. Ku yakin Si Kecil bisa belajar sesuatu dari hewan.

Aku memang tak pernah membatasi ruang belajar Kak Ghifa. Di usia 2 tahun ini Si Kecil sedang aktif belajar berjalan serta banyak bergerak. Rasa ingin tahu dan rasa gemasnya terhadap sesuatu sedang menggebu-gebu. Makanya, kalau sedang ingin bermain dengan hewan ku perhatikan betul. Walaupun bisa belajar, kebersihannya juga harus ku perhatikan.

Dari sekian banyak hewan yang dikenal Kak Ghifa, sebenarnya ada 5 hewan paling favorit. Karena saking favoritnya, saat menemui hewan tersebut di jalan atau di manapun, Si Kecil bisa heboh sendiri. Teriak-teriak memanggilnya.

Apa saja 5 hewan favorit Kak Ghifa?

1. Ikan
Bulan lalu saat piknik ke Rawa Pening, sepanjang perjalanan pulang di dalam mobil, ikan itu diajak ngobrol terus. Aku yang megang pegel euy. Ha-ha-ha.

"ikannya di sana, Mi."

Terus tetangga samping rumah kan ada yang punya kolam ikan. Tempat ini jadi tempat favorit Kak Ghifa buat nongkrong sambil makan lho. Alhamdulillah makannya jadi lahap.

Selain itu, di bak mandi rumah ku 2 ekor ikan mas. Setiap hari, mau mandi, cuci tangan dan kaki saat mau tidur, atau apapun itu, ikan mas itu akan selalu dipanggilnya, "Iwak (ikan)....Buk (bubuk)."

2. Kambing
Pertama kali kenal sama hewan yang satu ini itu saat di rumah neneknya. Mertuaku memang ternak kambing di rumah. Saat itu, Si Kecil panggilnya "Mbek...Mbek..." Sekarang? "Wedus (kambing)."

Ada cerita lucu nih tentang kambing. 2 bulan lalu, tetangga depan rumah ada yang melaksanakan akikah. 2 kambingnya di taruh di depan rumahku. Betapa girangnya Kak Ghifa. Eh, giliran mau disembelih, Kak Ghifa marah sejadi-jadinya. Orang yang melihat malah pada tertawa. Oh, kasian.

3. Kupu-kupu
Hewan yang bisa terbang dengan warna yang cantik-cantik ini hampir saja membuat Kak Ghifa terjebur di sungai kecil depan rumah. Saat itu, Kak Ghifa di depan rumah dan aku baru mau ambil topinya, pas kembali, Kak Ghifa sudah nggak ada. Ternyata, Si Kecil sudah di bibir sungai sambil senyum-senyum melihat kupu-kupu yang hinggap di sana. Sampai sekarang kalau lihat kupu-kupu, pengennya lari terus mengejarnya.

4. Angsa
Bulek punya 2 angsa, laki-laki dan perempuan. Semenjak bertelur, keduanya malah sensitif. Setiap kali melihat orang lewat langsung pengen disosor (patuk).

Kak Ghifa sedang memperhatikan angsa yang sedang makan
Harusnya melihat ke-agresifan angsa itu Kak Ghifa takut ya. Eh, malah terus maju pengen pegang. Aku aja takut, malah Si Kecil maju tak gentar. Hadeh.

5. Kucing
Kenapa kucing ada di urutan terakhir? Karena hewan yang satu ini baru-baru saja digilai sama Kak Ghifa. Setiap kali melihat kucing, selalu minta Abi atau aku untuk menangkapnya. Kalau sudah kena, dimintanya kami untuk mengelus-elus tubuh kucing tersebut. Si Kecil ngapain? Dia-lah yang menggerak-gerakkan tangan kami sambil senyam-senyum.

Sudah lama sebenarnya kami ingin mempunyai kucing untuk dirawat di rumah kami. Akan tetapi, kami belum paham betul cara mengadopsi kucing yang baik. Terlebih lagi Kak Ghifa juga masih kecil. Karena bagi kami, mengadopsi kucing atau hewan lain itu artinya kami memiliki tanggung jawab atas keberlangsungan hidupnya. Pun mengajarkan tanggung jawab kepada Si Kecil. Jangan sampai mengadopsi hewan malah mati lagi. Kasian hewannya ya kasian juga Kak Ghifa, terpukul berkali-kali.

Itulah 5 hewan favorit Kak Ghifa. Kalau Si Kecil di rumah apakah punya hewan favorit juga? Atau kamu punya aturan sendiri soal kebersamaan Si Kecil dengan hewan peliharaan? Boleh lho sharing di komentar.

9 comments:

  1. Anakku juga suka banget ama kucing. Tiap liat kucing, dia lgs ambil ikan u ngasi makan. Tinggal emaknya aja yg tekor 😆😆

    ReplyDelete
  2. Ya Alloh, itu burungnya nurut amat mbak,, bisa diajakin nonton Youtube..
    hihihi

    ReplyDelete
  3. Masya Allah lucunya burung diajak nonton youtube..gemes..
    mana burungnya kecil banget ya..Kak Ghifa nya nggak pengen ngeremes burungnya mbak waktu main sama si burung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mbak, malah kalo aku yg pegang nggak dibolehin. Hanya dia yg boleh pegang. Hihi.

      Delete
  4. Kalo anakku kucing mba. Mungkin krn kita memang ada kucing di rumah, dan dr mereka bayi, aku udh dekatin kucingku, si maxy ke mereka. Aku bilang kalo itu udah kayak sodara mereka jg. :D. Tp di bungsu selain kucing jg suka ama binatang2 lain, kecuali kecoak. Huahahahahaha, kmrn dia lg main sapu di dapur, dan tiba2 ada kecoak dtg mndekat ke kakinya. Anaknya lgs histeris, ngelempar sapu, trs lari naik k kursi sambil teriak2 manggil babysitternya :p. Ya ampuun, aku ga nyangka dia setakut itu ama kecoak :D. Masalahnya, dia cowo, dan di rumah kita ga ada yg sampe histeris liat kecoak :D

    ReplyDelete
  5. Kalau aku suka burung mbk, dari kecil emng udah sering miara burung hehe.

    Sama ayam aja aku takut mbk, apalagi ayam yang lagi angkrem, lariiiii dan satu lagi sama angsa wah sangat takut banget, takut disosor.

    ReplyDelete
  6. aku gak miara apa2 di rumah, soalnya jarang di rumah XD tapi nitip ikan mas koki sama hamster di rumah mamahku, jadi tiap berkunjung anakku berkangen-ria dengan piaraannya

    ReplyDelete
  7. raya suka banget sama kucing hihihi sama kayak aku.. di rumah jg ada ikan, jadi sayang jg ma ikan, kupu2, kambing dll banyak deh hahaha. Tapi paling favorit ya kucing itu, sampe sekarang minta2 punya kucing melulu :D

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!