Wednesday, 20 September 2017

Betah Ngeblog Pakai HP, Ini 6 Aplikasi yang Memudahkanku Selama Ini


Ngaku betah ngeblog pakai HP tapi akhir-akhir ini jarang update blog. Hihi. Bukankah kalau pakai HP bisa update blog kapan saja dan di mana saja? Iya sih, seharusnya memang seperti itu. Sayang, semua hanya berhenti jadi draft di aplikasi notepadku.

Entahlah, akhir-akhir ini aku merasa jenuh dengan dunia blogging. Kok gini-gini saja ya? Aku merasa tak sanggup mengikuti hiruk pikuknya. Tapi, balik lagi tentang tujuan ngeblogku. Rasanya kalau berhenti begitu saja kok ya eman banget. Sudah sejauh ini. Sayang banget.
Selain itu, saat ini, pekerjaanku sebagai guru sedang menyita banyak waktu. Ditambah lagi momen menyapih Kak Ghifa. Semua itu cukup melelahkan batin. Kapan-kapan aku ceritain soal sapih-menyapih Kak Ghifa ya.

Syukurlah, setelah sempat dibekukan, arisan blog teman-teman Gandjel Rel lanjut lagi. Selamat untuk Mbak Rahma dan Mbak Nyi yang mendapat kocokan ke 11 ini. Temanya enak nih, pas banget untuk blogger. Jadi, saat menulisnya pun lancar banget meskipun sudah lama nggak nulis sampai kelar. Lumayan buat update blog lagi.

"Apa aplikasi yang mendukung aktivitas ngeblogmu?" Inilah tema arisan blog kali ini.  Aplikasi apa saja yang mendukung aktivitas ngeblogku?

1. Chrome

Aku nggak download aplikasi blogger. Selama ini ya pakai aplikasi Chrome untuk posting dan cari referensi untuk menulis. Simpel sih tujuannya, agar tulisanku ada muatan infonya juga. Tidak murni curcolan saja.
Chrome

Kalau ditanya setiap menulis berapa artikel yang ku baca? Sebanyak-banyaknya. Apapun ku baca. Jujur, sudah 2 tahun ini aku jarang baca buku selain buku untuk keperluan ngajar. Aku lebih banyak baca artikel di internet. Tinggal klik-klik. Hanya modal kuota intenet saja.

2. Notepad
Sudah ada ide, baca-baca referensi, saatnya menuangkan ide lewat notepad.

Kenapa pilih aplikasi ini? Kenapa nggak pakai aplikasi word atau yang lainnya? 

Aplikasi ini simpel. Kalau habis nulis tinggal copas aja ke blog. Misalnya pakai aplikasi word harus mindah ke notepad ini dulu, baru di copas ke blog. Dua kali kerja. Akan tetapi, kalau pas ikut lomba kan biasanya ada ketentuan jumlah kata, aku tetap pakai aplikasi word untuk menghitung jumlah katanya. Soalnya di notepad ini nggak bisa buat ngitung. Selain itu, notepad nggak bisa kalau bikin tulisan bold, italic, dkk. Tapi, sejauh ini aku masih nyaman pakai aplikasi bergambar note ini.
Notepad
3. PicsArt dan Phonto
Hari gini kalau buat postingan tanpa foto/gambar kok seperti ada yang kurang ya? Paling tidak ada 1 foto/gambar lah ya. Tapi, ada teman yang sharing di grup WA, berujar kalau Mbah Google lebih suka per postingan minimal 3 foto/gambar.

Edit foto aku selalu pakai aplikasi PicsArt kemudian aku tambah font dengan aplikasi Phonto. Loh bukannya PicsArt juga ada fitur font-nya? Ada sih, tapi nggak gahu kenapa kurang srek. Oiya, bahkan aku ikutan grup edit foto dengan PicsArt di Line lho. Cukup membantu dan tambah ilmu baru.
Phonto

Oiya, saranku nih, misal mau update blog, pilih dulu, mau bikin tulisannya dulu atau edit fotonya. Jangan sampai nulis baru dapat separagraf eh edit foto. Setelah selesai edit foto mau lanjutin nulis lagi malah lupa atau feel-nya sudah hilang. Nggak jadi update blog deh.

4. Photo Compress
Ketemu sama aplikasi ini ya baru kok. Setengah tahun inilah. Ku sebut aplikasi ini sangat membantu. Pas belum pakai aplikasi ini, mana pernah aku edit ukuran foto yang aku publish? 2MB pun aku upload deh. Hahaha. Maaf ya yang kuota internetnya kesedot banyak.

Alhamdulillah, tahu aplikasi ini dari teman blogger yang senjata ngeblognya berupa HP juga.

Enaknya aplikasi ini mudah banget pemakaiannya. Besar kecil size-nya pun bisa kita atur sendiri. Jangan lupa, sebelum upload fotonya, cek dulu di galeri, kira-kira pecah tidak? Kalau iya kan bisa diatur lagi pixel-nya.

5. Viva Video
Beberapa bulan lalu pas lagi ramai-ramainya vlog, aku ikut kebakaran jenggot. Kalau nggak ikutan bikin vlog atau menyertakan video di postinganku, ntar aku ketinggalan zaman dong? Bisa-bisa aku nggak dilirik sama brand dong?

Ada yang berpikiran demikian?

Rezeki mah dari Allah. Akan tetapi, nggak ada salahnya kalau belajar hal baru. Ketemulah aku sama Viva Video.

Pada dasarnya aplikasi ini bisa kok dipelajari sendiri. Diotak-atik asal telaten bisa. Akan tetapi, aku pernah juga ikutan mini workshop yang diisi sama Mbak Uniek. Jadi, makin ngerti sama aplikasi edit video ini.

Sementara ini aku masih pakai yang gratisan. Awalnya mau langsung beli yang pro. Bedanya apa? Kalau yang pro nggak ada watermarknya. Kalau yang gratisan, selama video diputar, di pojok kanan bawah akan ada watermarknya bertuliskan Viva Video.

Aplikasi Viva Video
Sejauh ini, aplikasi berwarna orange ini sering banget menutup sendiri kalau terlalu lama dipakai. Pilihan kotak dialognya juga kurang variatif. Pokoknya harus teliti banget deh kalau pakai aplikasi ini.

Setelah jadi, di mana video ini akan ku update? Biasanya ke akun youtube-ku atau di Instagram. Akan tetapi, lebih sering di Youtube sih.

6. Hootsuite
"Setelah publish, share-lah tulisanmu di berbagai sosial media." Begitu nasihat blogger lain.

Iya sih, tapi aku juga sering minder kalau mau share postinganku di sosial media. Minder sama siapa? Ya, sama blogger lain. Sering mikir ini tulisanku ada yang baca nggak ya, enak dibaca apa nggak ya, bermanfaat apa nggak dan pertanyaan lainnya yang penuh dengan alasan. Akan tetapi, kalau nggak dishare, siapa yang tahu, ini bermanfaat apa tidak untuk orang lain?
Aplikasi Hootsuite
Sebenarnya ada 2 aplikasi yang aku pakai untuk nge-share link postinganku, yaitu Hootsuite dan Buffer. Masing-masing bisa sekali share ke beberapa sosial media dan dibuat terjadwal. Akan tetapi, kalau Hootsuite hanya dibatasi jumlah sosial medianya. Diantara keduanya sih sampai hari ini enakan pakai Hootsuite. Untuk Buffer akhir-akhir ini sering trobel. Padahal kalau pakai Buffer enak lho, kita bisa cek analitiknya. Jumlah yang nge-like dan nge-klik bisa ketahuan.

Dari ke-enam aplikasi di atas, mana yang kamu pakai? Atau mungkin kamu punya aplikasi andalan lainnya? Boleh lho share di komentar.

Tinggal PR ku nih untuk bisa konsisten update blog ini lagi. Sesuai janjiku paling tidak 1 minggu ada 1 artikel. Karena sebenarnya nggak ada lagi alasan buat nggak update blog. Gadget juga sudah mumpuni, aplikasi tersedia gratis. Apa lagi coba? Ah, manusia!

35 comments:

  1. Wah makasii referensi aplikasinya mba, masi punya PR niy buat belajar bikin vlog. Sedih kemarin ga bisa ikutan belajar bareng2..

    ReplyDelete
  2. Untuk orang baru di dunia blogging, ini worth it to try mba, banget. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  3. aku pakai chrome, notepad dama phonto mbk, jadi tahu nih ada aplikasi Hootsuite yang bisa share ke beberapa sosial media, ntar tak nyoba ndonlot ya mbk hehe.

    ReplyDelete
  4. Aku pake beberapa diantaranya hihi

    ReplyDelete
  5. Jarwodhosoknya menungso, menus2 kakehan duso ya mba (ngakak baca kata2mu "ah, manusia!" ak mba.hahaha. Aku lom cb aplikasi hootsuite nih. Boleh jg ah kpn2 nyoba. Biar eksia kek mba ika. Terimakasih yaaa uda ramein arisannya 😚😚😚

    ReplyDelete
  6. Aku pakai chrome dan viva video saja nih 😀

    ReplyDelete
  7. Wah hootsuite ama photo compress aku tertarik install ah.. Selama ini kalo mau share ke medsos, ya manual 1-1 mba :D. Aku jg rada gaptek sih.. Video aja sampe skr ini blm prnh bikin, pdhl udh jamannya yaaa.. -_-.. Udah niat sih thn depan mulai belajar bikin.. Hahahahah tuh kan, memang males, sampe niatnya aja baru mulai thn depan :D

    ReplyDelete
  8. makasih mbak infonya bermanfaat bgt

    ReplyDelete
  9. Wah Viva Videoku barusan kupensiunkan demi aplikasi yang lain. Kalau aplikasi Hootsuite belum pernah pakai. Coba aah

    ReplyDelete
  10. Cuma nomer enam yang belum pernah nyoba. Soalnya hapeku udah full memorinya. Nggak bisa nambah lagi, hikss

    ReplyDelete
  11. Samaaa. Aku pake Chrome, Pics Art dan Phonto meskipun Phonto sekarang udah jarang banget hehe. Aku lebih suka ngambil gambar dr Pixabay, tinggal download aja hihi. Yang Hootsuite nih kayaknya asyik. Secara selama ini aku masih manual share ke medsosnya :))

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu ada aplikasi photo compress buat hp mba. Jadi bisa upload foto nggak pakai lama. Habis ini mau download ah :)

    ReplyDelete
  13. Photo compress blm punya mba..
    Aku main upload aja dr snapseed.
    Btw,aku bnyk pke hape juga ngeblognya

    ReplyDelete
  14. Wahh, seru aplikasinya..intip ahh...

    ReplyDelete
  15. Jadi ada referensi aplikasi buat ngeblog nih, makasih ya mbak infonya..
    Btw aku juga masih minder nih mo share link tulisan ke sosmed. Sepertinya harus dimulai dari sekarang

    ReplyDelete
  16. Sama banget aplikasinya cuma aku belum pakai notepad.. yg semangat ummi ghifa!!! Ngeblog lah biar heppi...

    ReplyDelete
  17. Hmm.. Jadi nambah wawasan nih soal aplikasi utk ngeblog. Terimakasih ya sudah berbagi info :)

    ReplyDelete
  18. nice info banget nih mbak..
    aku cuma pakai aplikasi blogger & chrome..
    dasarnya aku nggak kreatif mau bikin ilustrasi gambar" gitu, padahal lebih bagus postingan yang ada gambarnya gitu yaa..
    harus lebih rajin edit-edit foto nih akuuu huhu

    ReplyDelete
  19. Kalau untuk edit foto saya masih mengandalkan pics art mbak, lebih mudah karena bisa diakses melalui ponsel. Yang photo compres itu belum punya, biasanya kalau mo ngecilin ukuran gambar lewat PC yang diedit ukurannya itu.

    Saya tertarik sama aplikasi yang video itu. Selama ini belum pernah masukin video ke blog, malu karena hasilnya pasti jelek. Tapi suatu saat harus dicoba kan ya, belajar dulu aja. Masak dari dulu blognya gini-gini aja, hehe *malah curhat :)

    ReplyDelete
  20. wow aku belum tahu photo compress mbak...harus nyoba nih

    ReplyDelete
  21. Pernah pakai hootsuite tapi kok gagal posting, terus gak pernah pakai lagi. Andai blogspot bisa Kaya WordPress Ada fasilitas utk share otomatis ke semua medsos setelah publish hehe...

    ReplyDelete
  22. Aku pakai hootsuite di laptop tapi udah lama juga gapernah kupakai, soale wis bisa schedule langsung di FB n tweetdeck.

    ReplyDelete
  23. Viva video udah ku uninstall mbak pengem nyobain yg lain

    ReplyDelete
  24. aplikasi terakhir dah jarang kupakai, hehehe

    ReplyDelete
  25. Wah kayaknya harus belajar viva video nih..kapan-kapan kalau ketemu ajarin ya mbak :)

    ReplyDelete
  26. Aku pengen nyoba Hootsuite sih. Tapi takut berbayar untuk full service-nya. Apa ada review Hootsuite di sini?

    ReplyDelete
  27. wah aplikasinya komplit. Cuman untuk vlog saya belum pede... rasanya lebih sreg nulis aja sambil itu juga nggak konsisten. Semangat terus ya Mak nulisnya supaya saya tertular juga

    ReplyDelete
  28. wiiii beberapa ada yang belum aku pakai nih aplikasinya, trims mbak sharenya :D

    ReplyDelete
  29. Cobain tinypng.com deh mbak, itu nggak pake instal di hape jadi nggak berat-beratin RAM :D Tinggal upload aja via browser, nanti hasilnya tinggal didonlot. Tools ini cuma ngecilin berat file aja, nggak mengubah resolusinya. Jadi nggak khawatir pecah :)

    ReplyDelete
  30. Aku juga sering trouble pakai buffer, mbak. Mau coba ah pake Hootsuite... :)

    ReplyDelete
  31. Saya pakai Google chrome untuk browsing. Untuk nulis artikel pakai Google docs. Untuk mengecilkan foto pakai TinyPNG. Untuk edit foto pakai VSCO, Snapseed dan Canva. Untuk social sharing saya pakai Hootsuite dan Buffer. Hanya edit video saja yang masih cari referensi yang bagus mbak.

    ReplyDelete
  32. Saaaammaaa, saya jg ngeblog di hp soalnya gampang hha

    ReplyDelete
  33. Beberapa aplikasi diatas aku juga suka pakai..aku juga tipe orang yg suka nulis di hape.

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!