Monday, 25 September 2017

Kalau Bisa Tidur Lebih Awal dan Bangun Lebih Pagi, Kenapa Harus Begadang?


"Seorang ibu itu tidur paling akhir dan bangun paling pagi."

Begitu kira-kira status Facebook temanku. Aku senyam-senyum. Emang iya, sih. Akan tetapi, kenyataan itu ternyata bisa diakali lho. Dengan cara apa?


Ngomongin pekerjaan seorang ibu, sudah paham semua lah ya, tak akan ada habisnya. Aku yang tinggal sama orangtua, sekalipun sudah dibantu ibu dan suami, waktu 24 jam terasa kurang. Pekerjaan belum selesai tapi sudah larut. Baru tidur mak serrrr, ayam jago sudah berkokok.

"Belum nyuapin Kak Ghifa, sudah pukul 06.30 WIB. Alamat telat ke sekolah nih!"

Hatiku langsung kemrungsung. Ya Allah...Ujung-ujungnya mengeluh dan menyalahkan orang sekitarku.

Kalau dari rumah sudah nggak mood, tak dipungkiri, meskipun berusaha profesional, ada-ada saja ulah muridku yang bikin emosi. Tapi ini bukan salah mereka. Guru macam apa aku ini?

Di waktu senggang, aku bertukar cerita dengan teman tentang kepayahanku dalam membagi waktu. Kebanyakan mereka memaklumi, karena aku punya balita usia 2 tahun. Akan tetapi, bukan pe-makluman itu yang ku harapkan. Aku butuh solusi.

Sampai akhirnya, aku tak sengaja membaca status Facebook seorang teman yang anaknya sedang menyusun skripsi. Beliau menceritakan kerisau-annya tentang sang buah hati yang jarang sholat malam karena lelah lembur skripsi.

Mak deg!

Sholat malam? Kapan terakhir aku sholat malam ya?


Aku melanjutkan membaca status temanku tadi. Beliau memberikan solusi kepada anaknya, "Kenapa tidak tidur lebih awal dan bangun lebih pagi saja? Sholat malam dulu setelah itu mengerjakan skripsi.”

Iya juga ya? Inspiratif banget ini.

Semenjak itulah aku berusaha keras untuk mempraktikkan apa yang ditulis temanku itu.

Awalnya, aku mulai tidur saat Kak Ghifa juga tidur, sekitar pukul 20.00 WIB. Ku pasang alarm di 3 HP. Target bangun pukul 02.00 WIB, meleset, pukul 03.00 baru bangun. Setelah itu aku tak kembali tidur.

Seminggu pertama berjalan, Ya Allah, aku harus mengakui untuk jadi muslimah yang baik itu tidak mudah. Butuh tekad yang kuat. Kalau tidak, habis sholat malam ya tidur lagi. Dijamin bangunnya malah makin siang. Makin gedumbrangan deh.

Kalau sudah terbiasa (butuh waktu sekitar 2 minggu), tanpa alarm pun insya Allah bisa bangun. Asalkan sebelum tidur, niatkan untuk bangun lebih pagi secara sungguh-sungguh.

Apa yang bisa kita kerjakan setelah sholat malam? Banyak sekali. Aku biasanya memasak, menyetrika, mengerjakan tugas sekolah, bersih-bersih rumah, mengaji, menulis untuk blog ini, sampai blog walking ke beberapa blog teman atau stalking cari artikel menarik di Saliha.id.

Memangnya tidak mengantuk? Alhamdulillah, sampai sore pun tidak ngantuk. Berbeda kalau tidur seperti biasa (bangun pukul 04.00), baru pukul 12.00 rasanya sudah ngantuk banget. Apalagi kalau habis makan. Hooaah...😦


Sejauh ini, ada beberapa hal yang ku rasakan saat aku menerapkan kebiasaan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi.
  1. Badan lebih segar. Ini karena udara di pagi hari lebih bersih dan baik untuk metabolisme tubuh. Sebaliknya kalau bangun siang, udaranya sudah kotor. Saran dokter, lebih baik lagi kalau bangun tidur langsung mandi lho. Hal ini bisa meregangkan otot tubuh yang mengencang.
  2. Pekerjaan selesai tepat waktu. Karena saat itu Kak Ghifa sedang tidur pules-pulesnya. Semua pekerjaan bisa ku selesaikan. Kalaupun tiba-tiba Kak Ghifa terbangun, segera ku nina-bobokan. Tapi, jangan sampai ikutan tidur lagi.
  3. Jarang uring-uringan dan lebih bahagia. Lah iya, kan pekerjaan bisa selesai sebelum Kak Ghifa bangun. Jadi, pas Kak Ghifa bangun tinggal nyuapin, mandiin, siap deh ke sekolah.
Apapun itu kalau baru mulai memang sulit. Banyak orang yang gagal karena niat dan tekadnya kurang bulat. Semua kan butuh pembiasaan. Harus konsisten. Kalau bisa jadi lebih baik dengan berhijrah, kenapa tidak ya?

Insya Allah kebiasaan baik ini akan aku teruskan kepada anggota keluarga lain. Semoga bisa istiqomah ya. Kalau kamu, kapan mau mencoba juga kebiasaan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi?

23 comments:

  1. Baca ini aku jg lgs mikir, kapan aku bisa sholat malam rutin kyk dulu :( . Niatnya blm kuat lg mba.. Tp anehnya yaaa, kalo sdg cuti justru biasanya aku lbh gampang utk bangun paginya -_-

    ReplyDelete
  2. Aku juga sekarang daripada begadang lebih seneng tidur dulu, bangun kemudian.. tapi aku alarm jam 1an.. kalau bangun jam 3 masih kurang buat ngerjain to do list ku.. hehe. Dan emang lebih enak kok, senengnya lagi sebelum anak2 bangun baik kerjaan rumah Dan kerjaan tulis menulis sudah kelar. Kalaupun ngantuk nggak merasa bersalah ketika ngeloni Affan terus ketiduran karena udah beres semua kerjaannya. Dan sisi positifnya lagi jadi bisa sholat malam, meski belum rutin ...

    ReplyDelete
  3. Kalau bergadang, paginya nggak seger. Apalagi kadang dada rasanya sakit. :(

    ReplyDelete
  4. Aku tidur paling gasik jam 10 malam, tapi tetep bangun pagi juga, kadang jam 2 kadang jam 3, tergantung alarmnya (suamiku tidur duluan, bangun duluan). Enaknya, semua kerjaan rumah beres lebih awal. Siangnya aku bisa tidur bareng anak bungsuku, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebutuhan tidur bisa dibalas saat siang ya, mbak. Kalo aku nggak bisa mbak karena harus ngelesi lagi. Tapi, alhamdulillah, tidur cukup berkualitas.

      Delete
  5. Iya betul.. kita balik bangunnya yg pagi bangeeet, tidur bareng anak2. Lebih efektif. Akhirat dapet dunia dapet. Berkah semuanya ^_^

    ReplyDelete
  6. Awalnya bangun malem biasanya me time buat nulis blog, tapi berpikir keterlaulannya aku mentingin nulis drpada solat malem. Sekrg kalo kebangun malem buat nulis blog di imbangin sama solat malemnya 😊
    Smoga ttp istiqomah bun

    ReplyDelete
  7. Aku juga mbaaa, pas jam 12 siang itu udah ngantuk tapi keinget hrs jgn tidur siang supaya malem bisa tdr awal lagi.
    Sholat malam abis itu masak, bener deh tenang 😍 Smoga ttp konsisten ya mbaa. Barakallah

    ReplyDelete
  8. Konsistensi memang sulit,tapi jadi semangat lagi nih untuk bisa shalat malam.

    ReplyDelete
  9. Aku tipe2 orang yg kalo ngantuk memang gak bisa diapapin, kopi sekalipun. Hehe

    ReplyDelete
  10. Tipsnya keren banget, memang lebih enak kalo bisa bangun lebih pagi, rasanya waktu yang kita punya jadi lebih banyak plus bisa menyelesaikan banyak pekerjaan seblm matahari terbit. Rasanya itu luar biasa sekali. Tetapi yg jadi masalah itu unt bs konsiten nya hehehhe, satu dua tiga hari mgkin berjalan lancar pas msk hari keempat, aduh cobaan unt tidur lg jadi datang heheheh
    eh, salam kenal mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Niatnya harus kuat, mbak. Kalau sudah jalan 2 mingguan, insya Allah alarm alami akan ada. Kalo tidak bangun malah tubuh rasanya aneh dan pasti ada sesuatu yang kurang.

      Delete
  11. Ini juga yang disunahkan oleh baginda Rosul kita tidur lebih awal bangun lebih pagi 😊

    ReplyDelete
  12. Bener juga, ya. Semoga terus konsisten, Mbak :)

    ReplyDelete
  13. Udah dari dulu sih... Sejak kuli di luar negeri

    ReplyDelete
  14. Patut dicoba nih, lihat jam berapa sekarang? Jam setengah 1 malam.
    Tekad! Malam selanjutnya aku tidur lebih awal, bangun lebih cepat dan langsung mandi supaya gak malas. Makasih ya mbak.. jadi termotivasi... :)

    ReplyDelete
  15. memang butuh komit dan niat yang sungguh2 sayangnya aku ga bisa nahan kantuk jd klo bangun stgh 4 solat lalu ngprek di kantor jam 9 mata uda sepet banget akhirnya solat dhuha lagi 😂 biar ga ketauan ngantuk kadang klo ga ada atasan aku tidur di meja tapi klo ga solat malam suka duh ya ampun aku sia2kan untuk hijrah memang butuh effort y mb smg kita istiqomah jalanninnya aamiin

    ReplyDelete
  16. Pengenya juga konsisten tapi apa daya kalo pas lg capek bgt ato baby K lagi rewel suka bablas ga bisa bangun malam kadang nalah kesiangan hiks

    ReplyDelete
  17. Baru mau nyoba sebulanan ini mbak. Itu pun awalnya gara-gara sampe rumah udah capek banget setelah kuliah padat. Hehe

    ReplyDelete
  18. Aku belum konsisten nih buat tidur lebih awal karena kadang suka stalking dulu, padahal emang enaknya tidur awal biar bangun fresh dan kalau nggak telat gak nyallah2in

    ReplyDelete
  19. Langsung Mak JLEB juga nih Bund.,

    "Kapan aq terakhir sholat malam ya.."

    InsyaAllah mulai malam ini diniatkan Tidur cepet biar Bangun lebih awal.. 😊

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!