Thursday, 30 November 2017

Tips Memilih Sofa untuk Rumah Minimalis


Tips memilih sofa untuk rumah minimalis. Pernah nggak suatu ketika ada tamu datang pas ruang tamu kita lagi berantakan banget? Aku pernah. Bahkan sering. Ada  mainan Kakak Ghifa lah, baju cucian yang belum sempat ditaruh di belakanglah, majalah dan koran berserakan, dll.



Ada yang bilang, wajarlah kan punya anak kecil. Rumah tak ada rapi-rapinya sudah biasa. Akan tetapi, naluri seorang perempuan pasti pengen dong punya ruang tamu yang rapi, nyaman, dan bikin betah tamu main ke rumah kita. Bukan begitu?

Bukankah ruang tamu itu ibarat wajah rumah kita. Kalau wajahnya saja acakadul, bagaimana yang lainnya? Kalau penerimaan tamu saja nggak diperhatikan, bagaimana yang lainnya?

Aku jadi teringat tentang rumah impianku. Ingin rasanya segera mewujudkannya. Tapi dananya dari mana? Renovasi rumah kan nggak cukup 5 juta atau 10 juta.  Ehm, paling tidak aku mau mulai dari yang kecil dahulu lah. Seperti menata ulang ruang tamuku yang minimalis ini.

Ruang tamuku yang sekarang, kursinya itu dari kayu. Pun sudah mulai usang. Karena usianya pun sudah sama seperti usiaku. Makanya aku ingin menggantinya dengan sofa model masa kini. Orangnya aja kekinian, masak kursinya aja nggak? Hahaha.

Sofa adalah bagian terpenting pada ruang tamu. Dan kini, makin banyak model-model sofa yang beredar di pasaran. Saking penasarannya, aku barusan cek harga sofa minimalis terbaru di internet lho. Banyak banget pilihannya. Bingung? Iya. Makanya aku cari dan baca-baca tips memilih sofa untuk rumah minimalis, seperti rumahku. Mau tahu apa saja yang kudapatkan?


1. Menentukan fungsi sofa

Sebelum pergi ke toko mebel atau cek di online shop, kita harus tahu, sebenarnya mau beli sofa untuk apa? Ruang tamu? Tempat bersantai di kamar? Atau hanya sebagai aksesoris di halaman rumah? Karena beda fungsi, model sofa pun akan berbeda.

Bagaimana? Sudah tahu mau beli sofa itu untuk apa? Kalau aku jelas, untuk ruang tamuku.

2. Memperkirakan ukuran dan bentuk sofa yang akan kita beli

Sudah tahu rumah minimalis, masak iya sih mau beli sofa segedhe gajah? Hahaha. Jangan-jangan mau masuk lewat pintu saja susah. Kita mau lewat, jalan jadi sempit banget. Perkirakan juga misalnya sofa ini akan kamu taruh di lantai dua. Muat nggak tangganya?

Pokoknya jangan malas untuk mengukur dan memperkirakan ukuran ruangan dan bentuk sofa itu pas atau sesuai tidak. Apalagi kalau mau ditambah perabot yang lainnya. Pasti harus cari sofa yang ukurannya harus pas dengan ruangan kita.

3. Pilih sofa dengan bahan dan harga sesuai kantong dan kebutuhan kita.

Kamu punya anak kecil di rumah? Pilihlah sofa dengan bahan kulit. Karena sofa tersebut akan lebih mudah dibersihkan apabila anak-anak menumpahkan sesuatu di sana.


Selain bahan kulit, sebenarnya ada juga sofa dengan bahan lainnya, yaitu katun, poliester, rayon, dan linen. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Soal harga, sesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Kalau ada sofa dengan harga terjangkau tapi bahannya sudah berkualitas bagus, kenapa harus beli yang mahal?

4. Pilih warna netral

Seperti apakah itu? Warna netral ini bisa disesuaikan dengan warna cat dinding rumah kita, atau warna perabot lainnya yang dominan di ruang tamu. Alternatif warna netral lainnya bisa warna abu-abu, atau kuning gading. Apabila mau lebih hidup lagi ruang tamu kita, tambahkan saja bantal dengan corak sedikit ramai. Jadi, kesannya nggak monoton.

Sampai sini, masih bingung mau beli sofa yang seperti apa? Semoga saja tidak lagi ya. Biar makin mupeng, cek aja sofa di online shop. Berbagai macam model dan harga ada. Aku saja jadi nggak sabar nunggu tabunganku cukup buat beli sofa untuk ruang tamuku yang minimalis ini. Selamat belanja sofa ya, Teman.

*Semua foto diunduh dari www.pixabay.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!