Jumat, 11 Desember 2015

Ini Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Assalamualaikum.

Ini Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi. Kalau tiba-tiba bayi Ghifa rewel, pasti saya langsung panik. Ini kenapa nih? Segera ingin tahu penyebabnya apa dan kalau bisa segera diketahui solusinya. Seperti saat Ghifa terkena biang keringat.

Punggung Ghifa yang kena biang keringat
Di musim pancaroba seperti ini, seringnya penyakit pada bermunculan. Entah itu demam, diare, tipus, dan juga biang keringat. Kita sendiri yang harus mengantisipasinya jangan sampai penyakit itu mampir di tubuh kita.

Ghifa termasuk anak yang memiliki keringat banyak. Ditambah lagi dia aktif sekali. Tak salah kalau dia terkena biang keringat. Mulanya biang keringat itu hanya ada di leher. Maklum Ghifa sangat gendut. Jadi, bagian leher sering tidak terkena udara dan akhirnya lembab.

Biang keringat Ghifa yang di dahi dan bawah mata
Biang keringat di leher sembuh setelah diberi salep, eh cuaca semakin nggak mendukung. Hujan sekali panasnya berkali-kali. Kalau nggak gitu hanya mendung saja terus nggak jadi hujan. Kan ditubuh malah panas banget ya. Akhirnya biang keringat Ghifa merembet deh ke punggung.

Melihat biang keringat Ghifa yang makin banyak berbagai obat luar untuk bayi saya coba. Tanya sana sini. Ada yang saranin salep A saya coba, ada yang nyaranin lotion B saya coba. Sampai akhirnya Ghifa yang jarang sekali rewel menjadi sering berontak saat punggungnya dipegang, pas ditaruh di kasur atau ayunan. Saya panik banget. Tak tega. Di lain sisi saya tidak ingin membawa Ghifa ke bidan atau dokter dulu takutnya kalau dikasih obat dan harus diminum *alasan yang nggak masuk akal ya?*

Baca juga: Cari Obat Tetes Mata Kering? Ya, Insto Dry Eyes


Sampai akhirnya saya larikan Ghifa ke bidan terdekat. Pulang dari sana, Ghifa mulai anteng karena sudah mendapat bedak dan serbuk untuk dipakai mandi. Saya menyalahkan diri saya sendiri, kenapa nggak dari kemarin saya bawa ke bidan??? Kadang menuruti omongan orang yang menyarankan ini itu ya baik, tapi seringnya kan anak punya jenis kulit dan ketahanan tubuh masing-masing.

Nah, berikut akan saya bagikan beberapa bedak/salep/serbuk/lotion/antiseptik yang saya gunakan untuk mengobati biang keringat Ghifa.

1.Betason-N 5 gram
Ini adalah salep yang saya beli di apotek seharga Rp 12.000. Salep ini bisa digunakan untuk semua usia. Pas memakainya tidak ada rasanya dan tidak berbau. Ghifa pun tidak memberikan respon negatif. Karena lukanya di leher, salep ini biasanya saya pakaikan setiap selesai mandi. Saran saya kalau biang keringatnya di pipi atau area yang dekat mulut pakaikan saat bayi sedang tidur. Alhamdulillah salep ini cukup manjur setelah tiga kali pemakaian di leher Ghifa.


Oh ya, dengan harga segitu salep ini hanya bisa dipakai beberapa kali saja. Kalau biang keringatnya sudah parah tidak saya sarankan pakai salep ini, bisa bangkrrut dompetnya. Tapi kalau buat anak mah yang penting sembuh dan mereka kembali ceria ya. Hihihihi *sinyal emak pelit nongol*

2.Caladine Lotion
Lotion ini populer banget ya. Sejak saya kecil saat biang keringat juga pakai lotion  ini. Untuk biang keringat yang ringan bisa pakai lotion yang banyak dijual di apotek. Harganya untuk ukuran 95 ml seharga Rp 17.500.


Cairan ini berwarna putih agak pink. Baunya lumayan wangi. Jangan sampai bayi menjilat cairan ini karena bisa mengakibatkan keracunan. Saya sarankan kalau hendak memakaikannya pada bayi yang memiliki biang keringat di area wajah, saat bayi sedang tidur atau dibedong saja.

Sayang, kalau orang banyak yang bilang anaknya cocok menggunakan caladine lotion untuk mengobati biang keringat, hal ini tak berlaku untuk Ghifa.

3.Dettol Antiseptik
Tahu cairan ini tidak? Ternyata cairan ini juga bisa digunakan untuk membilas popok bayi lho *katrok saya baru tahu* Cairan ini seharga Rp 13.500.


Saya tak sengaja mendapat solusi cairan ini untuk mengobati biang keringat Ghifa. Pas saya ke apotek saya menanyakan cairan untuk mandi bagi bayi yang terkena biang keringat. Eh, petugasnya nyodorin ini. Saya tanya-tanya dulu dong ya. Nggak mau langsung percaya. Setelah beberapa jawaban dari petugas apotek yang cukup meyakinkan saya akhirnya beli antiseptik ini.

Saat hendak memandikan Ghifa pada sore hari, saya buka deh antiseptik ini. Du ileh, baunya itu seperti bau rumah sakit. Tahu kan ya bau khas rumah sakit? Pokoknya sama plek deh sama antiseptik ini.

Di ‘aturan pemakaian’ dijelaskan takaran penggunaaanya. Sehari mandi dengan menggunakan cairan ini tak ada efek yang berarti. Hingga tiga hari nggak ada eh kok malah makin parah akhirnya saya larikan Ghifa ke bidan.

4.PK Kristal
Pk ini berbentuk serbuk. Sedikit saja dicampurkan dalam air yang digunakan untuk mandi, maka airnya akan berubah warna menjadi ungu. Serbuk dengan harga Rp 6.000 ini adalah salah satu solusi yang diberikan bidan.


Saran dari bidan, serbuk ini dicampukan pada air yang digunakan untuk memandikan Ghifa. Tak perlu sampai air berwarna ungu, cukup berwarna pink saja. Saat mengambil serbuk ini juga jangan langsung menggunakan jari tangan, pakailah kertas atau sendok. Karena apabila terkena jari warnanya akan melekat dan sulit untuk hilang. Tapi tenang, setelah dicampurkan dengan air, cairan ini tidak meninggalkan warna pada tubuh kok.

5.Bedak Salicyl
Satu lagi solusi yang diberikan bidan selain dengan PK Kristal, yaitu bedak salicyl dengan harga Rp 29.000 ini. Bentuknya bedak tabur. Baunya wangi, adem di kulit dan bisa digunakan untuk semua usia.

Untuk cara penggunaannya, taburkan bedak ini pada bagian tubuh yang terkena biang keringat. Saat bedak mulai habis terkena keringat maka taburkan kembali. Begitu seterusnya. Alhamdulillah, sehari setelah memakai bedak ini dan dibarengi dengan penggunaan PK Kristal biang keringat Ghifa mulai berkurang. Bekasnya pun mulai mengering dan mengelupas.

Di pasaran ada juga bedak salicyl yang rasa mentol. Harganya jauh lebih murah, sekital Rp 6.000. Bedak ini juga bisa digunakan untuk obat gatal-gatal, biang keringat. Tapi sayang, tidak bisa digunakan untuk semua usia.

Saat malam hari Ghifa seringnya bobok dengan kaos dalam saja
Itu tadi bedak/salep/serbuk/lotion/antiseptik yang saya gunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi Ghifa. Akan tetapi, selain pemberian bedak/salep/serbuk/lotion/antiseptik tersebut ada juga yang harus diperhatikan agar biang keringat tidak membandel pada tubuh bayi.
  1. Mandikan bayi dua kali sehari
  2. Pakaikan baju yang mudah menyerap keringat, kalau perlu hanya pakaian kaos dalam atau kaos singlet saat siang hari
  3. Saat bayi berkeringat dan baju mulai basah, segera gantilah. Pastikan tubuh bayi tidak basah dan lembab.
  4. Atur sirkulasi udara dalam rumah
  5. Saat menggunakan kipas angin untuk mendinginkan udara sekitar, pastikan tidak terkena bayi secara langsung. Kipas tangan bisa jadi solusi lebih baik dibandingkan menggunakan kipas angin.
  6. Perhatikan aturan pemakaian pada setiap bedak/salep/serbuk/lotion/antiseptik yang digunakan

Itulah pengalaman saya saat mengatasi biang keringat pada bayi Ghifa. Saya yakin setiap ibu baru akan merasakan kepanikan saya saat menemui Ghifa rewel karena biang keringat. Kalau Anda, apakah memiliki pengalaman yang sama? Atau mungkin punya obat yang mujarab untuk mengusir biang keringat bagi bayi? Boleh lho share di kolom komentar agar yang punya permasalahan yang sama bisa memanfaatkan postingan ini!

Yang terbaru, sudah usia 2,5 tahun pun masih suka kena biang keringat juga. Aku nemu sabun baru sih, namanya Lactacyd Baby. Alhamdulillah kalau mandi 3 hari pakai itu biang keringatnya berkurang sangat drastis. Aku ceritain di sini juga.

38 komentar:

  1. Bunda sy jg mengalami waktu anak sy seusia adik ghifa.
    Tetapi saya sangat jarang menggunakan betamethason krn kalau rutin setiap hari zat kimianya terserap ke sirkulasi. Sama halnya jika meminum obat telan namun efeknya lebih lambat.

    Dulu saya coba berbagai bedak, lotion dll. Bahkan sempat hampir seminggu cuma saya obati kunyit.
    Terapi yg saya pakai untuk bayi saya, kadang pajai salep. Rutin pakai bedak kanji dan sabunnya saya pakai sabuh phisohex.
    Ada sabun khusus juga tapi wktu itu mau beli habis jadi beli phisohex alhamdulillah cocok.

    Smga bisa membantu :)

    BalasHapus
  2. Cepet sembuh ya adek ghifa :*

    Kalo rui dulu sempet kepalanya bermasalah merah2 dikasi salep dokter juga *tapi uda lupa namanya wkt pas di tky dulu
    Tapi yang kebantu banget ada temen indonesia dulu yg kasi PK buat mandi, nah itu mujarab banget deh buat berbagai masalah kulit dan pakenya cukup sedikiiiit banget

    BalasHapus
  3. wah, anakku jg kena biang keringat parah. Tp gak separah itu sih. Cm ttp aka kasian

    BalasHapus
  4. Syukurlah sudah ketemu obat yang cocok dan sembuh dari biang keringat ya...kalo cuaca lagi panas memang sebaiknya pake baju yg mudah menyerap keringat...

    BalasHapus
  5. Ya ampun itu Ghifa sampe segitu biang keringatnya...hrs sedia selalu obat2annya di rmh ya, mba..

    BalasHapus
  6. Waktu anak saya muncul biang keriat, saya biasa memandikannya dengan sabun lactasid. Alhamdulillah kulitnya makin bersih dari biang keringat

    BalasHapus
  7. Kemarin Asma kena biang keringat juga. Duuuh kasihan banget dia gatal-gatal gitu. Tapi gak begitu lama, habis minum obat dari dokter, dia sembuh.

    BalasHapus
  8. Ya Allah, itu Ade Ghifa biang keringetnya... Kasian

    Cepet sembuh ya, sayang.

    Anakku dulu ga sampai parah gitu, mak. Pakai bedak segala macem ga mempan. Akhirnya aku pakai asepso.

    BalasHapus
  9. waa berguna nih :)

    please follow and i'll follow back
    http://nabilaariani.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  10. Apakah sudah berkurang mb biang keringetnya, takcontek dulu jenis obat obatnya , siapa tahu bermanfaat di lain hari

    BalasHapus
  11. kalau masih kecil usahakan gak pakai yang lotion, eh tapi tergantung kekuatan kulitnya juga, Soalnya anakku pernah pakai yang lotion jadi hangus. Kata dokte rgak kuat kalau masih anak-anak

    BalasHapus
  12. Kalo biang keringat banyak gitu emnag lebih baik pake bedak aja, atau lotion kalo kuat kulitnya. Salep cepet entek hihi

    BalasHapus
  13. Baby Khalil juga baru baru kena biang keringat, rameeee dijidat dan dikedua lengannya. Alhamdulillah badannya tidak ada.

    Solusi jitu, atasi biang keringat, Baby Khalil mandi selalu pakai Lactacyd dan biang keringatnya saya kasi bedak salisil tiap kali dia tidur, sampai biang keringat nya hilang.
    Cepat sembuh ya Baby Ghifa ;-)

    BalasHapus
  14. helo Ika, kalo boleh sih aku sarankan gunakan Zwitsal baby cream yang kuning saja- caladine dan salicil itu terlalu keras menurutku karena itu untuk dewasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salycil ada yg utk baby bunda.. namanya salycil baby 😊

      Hapus
  15. Makasih tipsnya sangat bermanfaat. Anak saya juga rewel lagi biang keringat...

    BalasHapus
  16. anakku yg cowo skr ini lg kena biang keringat mba.. cuaca memang lg ga nentu sih yaa.. dan anak cowo memang biasanya keringat lbh banyak drpd yg cewe.. anakku yg cewe malah jrg bgt dulu kena biang keringat... seingetku malah g prnh.. aku mau coba bedak salicyl aja deh... mamaku dulu jg prnh sebut bedak itu soalnya.. cuma belum sempet aja aku beli

    BalasHapus
  17. Maaf Mba, yang untuk muka nya cocok nya yang mana ya? anak saya juga begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak,
      Aku sekarang pakai produk Lactacyd Baby.

      Hapus
    2. Mbak .kalau biang keringat nya keluar cairan putih kayak susu/ bintik putih kayak gitu ..gimna ya
      Sudah tak coba semua bedak dan lotion nya
      Bagusnya gimna ya

      Hapus
  18. Mbak tanyak, Bayiku juga sama seperti ghifa biang keringatnya seperti itu juga. bayiku umur 5 bulan mbak. share dunk mbak dari mulai sabun, bedaknya agar biar keringatnya cepat hilang. berapa lama sembuhnya setelah pemakaian itu mbak?? oh ya caladine lotion itu bukannya boleh dipakai untuk usia diatas 1 tahun ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Caladine itu termasuk obat keras, Mbak. Sekarang aku sudah nemu sabun yg manjur, yaitu Lactacyd Baby Liquid.

      Hapus
  19. Sama seperti anak saya karena badannya gemuk dan cepet berkeringat tambah masalah pancaroba spt sekarang timbul biang keringat .
    Saya sdh coba mulai dari lotion , antiseptik dan bedak salicil baby tapi gak ada yg cocok.
    Akhirnya ada yang menyarankan pakai minyak kelapa . Alhamdulillah sekarang sdh sembuh
    Sewaktu pakai bedak malah lengket dikulit kalau keringetan dan malah tambah meradang.

    BalasHapus
  20. Saya udah cari ke beberapa apotik,tpi egk ad yg stok pada kosong,tolong info dong dmna ad yg jual pk buat mandi bayi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kalau tanya di Puskesmas kalau di apotek tidak ada.

      Hapus
  21. Saya gunakan Johnson lotion, sensitive touch. Itu cpt bgd smbuhnya.
    Olesin berkali kali juga gpp.
    Kdg kdg saya selang seling dgn cusson baby cream.
    Yg ptg jgn oleskan minyak telon atau kayu putih selama sdg ruam merah bgtu. Makin parah dan perih.
    Kmuadian gag cukup bju yg nyerap kringat, tp yg cepat kering.
    Saya pakai kan singlet kaos aja gag bsa. Krn kringat dikaos itu nyebabkan merah pas sperti singlet.
    Jadi as tidurny juga srg kita ganti posisi, agar punggung nya kering

    BalasHapus
  22. Saya gunakan Johnson lotion, sensitive touch. Itu cpt bgd smbuhnya.
    Olesin berkali kali juga gpp.
    Kdg kdg saya selang seling dgn cusson baby cream.
    Yg ptg jgn oleskan minyak telon atau kayu putih selama sdg ruam merah bgtu. Makin parah dan perih.
    Kmuadian gag cukup bju yg nyerap kringat, tp yg cepat kering.
    Saya pakai kan singlet kaos aja gag bsa. Krn kringat dikaos itu nyebabkan merah pas sperti singlet.
    Jadi as tidurny juga srg kita ganti posisi, agar punggung nya kering

    BalasHapus
  23. Anakku usia2 bulan Bun dikelopak mata .gimana ngobatin nya takkasi Cussons baby krim kok lama hilangnya.

    BalasHapus
  24. Makasi tipsnya mb diyan, anakku juga lagi biang keringat nih, tapi gak sebanyak anak mb diyan. Biang keringat yang parah malah di akunya. Dari kecil memang gak tahan panas, terus baby juga jadi nurun gak ttahan panas.

    BalasHapus
  25. Makasih ya mba diyanika atas saran yg diberikan, karna anak sy skrg berumur 8 bulan jg kena biang keringat sama persis ky anak mba. Punggung, lipatan leher, dan wajahnya. Sdh sy coba brbagai produk gatal u/ bayi tp blm ada yg cocok, semoga yg mba saranin ini cocok u/ anak sy dan semoga anak sy cpt membaik, abis sy ga tega liat dia garuk" mulu karna gatal 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bun, anak sy 7 bln lebih jg kena biang keringat parah ky gitu, udh dicoba berbagai macam obat, lotion, bedak, bahkan mandinya dari bayi jg udah pake lactacyd sampe usia yg sekarang, tp blm sembuh2 jg, 😢

      Hapus
  26. Bunda anak saya baru 3,5 bulan juga biang keringat parah di punggung tapi tidak kering2 karena selalu keringetan bahkan jdi merembet ke bawah. Padahal anak saya sudah dianginkan dengan kipas angin terus dan pakai singlet aja ttp keringetan. Bun biar biang keringat cepat kering tidak basah itu dikasih apa ya biar ga merembet2 kemana2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bajunya harus sering diganti dan pastikan yang menyerap keringat ya, Bun. Kudu sabar.

      Hapus
  27. Anak saya juga alhamdulillah baru saja sembuh ini bund... waktu browsing lihat foto anak bunda, sama persis gatal keringatnya sampai parah seperti itu... saya sampai panik banget g tega liat dia...

    BalasHapus
  28. Sepertinya biang keringat memang menjadi salah satu tantangan orang tua yang memiliki bayi. Berdasarkan pengalaman yang kami sebagai orang tua alami bahwa biang keringat tersebut dapat hilang dengan mengoleskan sedikit VCO (Virgin Coconut Oil). Alhamdulillah biang keringat dapat teratasi dengan cepat tanpa efek samping. Oia bisa saja hal ini tidak berlaku pada bayi lainnya. Tapi patut kok dicoba.

    BalasHapus
  29. Sekedar berbagi pengalaman juga...
    Ketiga anak saya pakai Lactacyd Baby 2 sendok makan di air mandinya untuk mengobati gatal dikulit karena biang keringat saat bayi/balita...
    Harganya memang cukup mahal bahkan untuk botol yg terkecil...
    Tapi Alhamdulillah langsung manjur ke kulit anak2 saya...
    Bahkan hanya dipakai beberapa kali saja, tidak sampai habis sebotol sudah sembuh...
    Dan setelah sembuh tidak ada pengulangan sakit yg sama...

    BalasHapus
  30. kalo untuk umur 5 tahun apa y obatnya bun?soalnya anak sy parah banget biang keringatnya dan seringnya di jidat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tetap pakai lactacyd. Kalau pas uang lagi nggak ada ya pakai PK.

      Hapus