Tips Agar Pulsa HP Lebih Hemat - Diyanika Journal

Friday, 25 May 2018

Tips Agar Pulsa HP Lebih Hemat


Pernah nggak sih baru beli pulsa HP, eh, buat telepon atau SMS sekali saja tiba-tiba sudah habis? Ini sering banget lho kualami akhir-akhir ini. Kemarin juga gitu. Tiba-tiba pulsaku kesedot entah siapa, habis. Padahal nggak kupakai untuk apa-apa.

Ternyata yang kuceritakan di atas juga dialami oleh setiap pengguna HP. Mereka semakin menjerit karena pulsanya makin boros seiring dengan majunya teknologi. Ada apa gerangan? Adakah tips untuk mengatasinya?


Berikut tips agar pulsa HP kita lebih hemat yang kudapatkan dari berbagai sumber di internet.
1.Gunakan HP seperlunya saja. Saat telepon bicarakan hal yang pentjng dan bermanfaat saja. Kalau bisa bertemu langsung dengan orang terkait, lebih baik janjian saja lewat SMS atau WA kemudian buat janji untuk bertemu.

2.Aktifkan pembatasan waktu untuk telepon. Sudah tahukan ada fitur ini di HP kita? Coba utak-atik dulu kalau belum tahu fitur ini. Lihat pada bagian Pengaturan.

3.Pakai penawaran paket SMS atau telepon dan sejenisnya yang ditawarkan oleh operator.

4.Kalau bisa telepon kerabat yang memiliki jenis kartu operator sama. Bila berbeda, lebih baik memaksimalkan SMS saja.

5.Gunakan bonus dari operator dengan baik dan bijak. Pada bagian ini ada beberapa operator yang memiliki promo unik, misalnya nelpon murah sesama operator di pagi hari maka usahakanlah untuk menelepon kerabat di pagi hari.

6.Jangan tergiur dengan tawaran mengaktifkan fasilitas dari operator selular tertentu jika tidak benar-benar butuh! Kita harus benar-benar selektif dalam mempercayai promo dari pihak operator. Bisa saja sebelum dapat menggunakan promo tersebut kita diharuskan untuk menggunakan pulsa dalam jumlah yang banyak terlebih dahulu.

7.Matikan atau hapus fitur yang tidak terpakai jika sampai harus mengorbankan pulsa HP anda.

8.Pastikan tombol kunci otomatis aman karena jika tidak, sering tidak sengaja melakukan panggilan keluar. Tahu-tahu pulsa sudah berkurang.

9.Jangan menyetok pulsa HP karena bisa membuat terlena dan terlalu royal.

10.Pergunakan pengisian pulsa HP unlimited jika menggunakan pulsa internet agar tidak tersedot saat kuota habis.

11.Menjadi agen pulsa HP akan menjadi pertimbangan untuk mengatur estimasi kita.

12. Pilihlah operator dengan jaringan yang bagus. Saat ini masih banyak operator telepon seluler yang memiliki jaringan kurang bagus. Selain sangat mengganggu, hal tersebut juga dapat membuat pengeluaran pulsa menjadi lebih boros.

Jaringan yang buruk akan membuat SMS yang kita kirim pending kemudian langkah yang kita ambil pasti mengirim ulang SMS tersebut. Hal tersebut berakibat pengeluaran SMS yang lebih banyak.

13.Waspadai pesan iklan karena banyak pelanggan yang merasa di rugikan akibat SMS registrasi berbayar. Pada umumnya setelah registrasi dalam sehari mereka akan mengirim satu SMS yang memiliki tarif Rp 2000/SMS yang berarti pulsa anda akan hilang sebanyak Rp 200 setiap harinya.

14.Ada baiknya menggunakan lebih dari satu operator. Jika kita memiliki 2 buah ponsel atau menggunakan ponsel dengan fitur dual SIM maka di sarankan untuk menggunakan 2 operator yang berbeda.

Hal tersebut di lakukan karena tiap-tiap operator memiliki kelebihan masing-masing sehingga kita dapat menggunakan kedua kelebihan dari 2 operator yang berbeda.

***
Sebagian besar tips di atas untuk HP yang hanya bisa terima telepon dan SMS. Bagaimana kalau untuk HP android?

1.Pantau aplikasi di HP kita yang menggunakan pemakaian internet.

2.Hentikan Auto Sync pada ponsel Android Anda. Auto Sync adalah sebuah fitur yang mengatur agar aplikasi Android dapat melakukan sinkronisasi dengan server Google maupun dengan server aplikasi-aplikasi yang digunakan. 
Bila Auto Sync menyala, berarti aplikasi “diijinkan” untuk melakukan sinkronisasi data secara otomastis. Sementara jika dimatikan, kita tidak akan menerima informasi secara real time.

3.Gunakan aplikasi pembelian pulsa seperti KUDO yang mempermudah kita. Dengan demikian, Anda tidak akan kehabisan pulsa.

No comments:

Post a Comment

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!