Selasa, 18 September 2018

Terbaru 2018, Pengalamanku Meng-upgrade Kartu IM3 3G Menjadi 4G di Gerai Indosat


Pagi tadi, aku ke kampus untuk mengurus beberapa berkas persiapan CPNS. Berangkat dari rumah sekitar pukul 07.30 dan urusan kelar sekitar pukul 09.00. Melihat jam kok rasanya sayang ya kalau langsung pulang. Telanjur izin juga. Aku pun memutuskan untuk cuci mata sekaligus bernostalgia masa-masa kuliah di Kudus.


Kulajukan motorku pelan. Tengok kanan, kiri, sesekali berdecak kagum.

“Sudah banyak yang berubah.”

Sampai di daerah DPRD Kudus, mataku tertarik dengan baliho berwarna kuning dan merah cerah. Oiya, kenapa aku nggak sekalian mengurus upgrade kartu IM3 3G menjadi 4G di Gerai Indosat? Kuputar arah motorku menuju daerah sekitar pusat perbelanjaan Matahari.

Kenapa harus diupgrade?

Kartu IM3ku ini sudah sekitar 8 tahunan kupakai. Jelas masih 3G kan? Nah, sekarang kan sudah zamannya 4G. Masih bisa dipakai SMS dan telepon seperti biasa. Tapi, kalau dipakai internetan lemotnya minta ampun.

Dulu, pas ada acara blogging tahun 2016 di Gerai Indosat Semarang, kan lagi moncer-moncernya 4G, ditawarilah untuk meng-upgrade kartu IM3 3G menjadi 4G. Karena dulu HPku masih 3G, kupikir untuk apa? Eh, kena batunya deh saat Allah ngasih rezeki dapat HP dari hadiah lomba tulisan tentang Botok Lamtoro ini.

Pelajaran berharga, pikir dulu, jangan menyesal kemudian!

Saat sampai di depan Gerai Indosat Kudus, kulihat sudah banyak motor berjejeran. Lama nggak ya? Karena sudah di depan mata, masuk sajalah.

Kusampaikan maksud kedatanganku ke satpam dan kuterima selembar kertas nomor urut sesuai tipe keluhanku, G114. Tertulis juga urutan ke delapan.

Gerainya mungil. Tampak sumpek. Tempat duduk hampir penuh semua. Kuperhatikan di pojokan dekat CS konter 5 ada yang kosong. Setelah duduk, kukeluarkan HP. Kubalas WA dari teman yang sebenarnya janjian bertemu di kampus tapi selama aku di kampus dia nggak ada kabar.

“Bakal lama nih,” batinku mulai gelisah saat melihat antrean yang panjang.

Kukeluarkan minum dan buku yang ada di tas. Hampir satu jam aku menunggu. Akhirnya, nomor antreanku dipanggil juga.

Setelah menyampaikan keperluan, di depan petugas, aku hanya diminta:
  1. Nomor IM3
  2. KTP asli (difotokopi sana)
  3. Mengisi formulir pengaduan yang isinya, nama, alamat, nomor HP, dan NIK
  4. Ditanya juga berapa pulsa di kartu, ada paketan internetnya atau tidak, besar kisaran pulsa yang dibeli terakhir kali, dan sudah aktif berapa lama.
  5. Penting lagi, petugas bertanya, kontak yang ada sudah dipindah ketelepon semua?
  6. Kartu yang lama (3G) diserahkan kepada petugas.

Untuk poin lima di atas sangat penting dilakukan sebelum sampai di Gerai Indosat. Kenapa? Ya, sayang, kalau sudah di depan petugas tapi masih melakukan proses pemindahan. Ya kalau sebentar, kalau lama. Saranku, segera dipindah saat masih di rumah. Karena nantinya saat kartu IM3 3G menjadi 4G, pulsa dan paket data masih tetap ada, tapi semua data kontak akan hilang.

Beruntungnya aku adalah HP yang kupakai untuk memasang kartu IM3 3G ini berbeda dengan HP yang selama ini kupakai internetan (berisi kontak penting). Jadi, meskipun mendadak tahu info ini ya tak masalah. Dari awal kontaknya memang sudah kusimpan di HP juga untuk jaga-jaga.

Proses upgrade kartu IM3 3G menjadi 4G ini nggak lama. Paling hanya 10 menit. Pun GRATIS. Sampai rumah atau pas lagi nggak ada masalah, kartu bisa langsung dipakai saat itu juga. Nanti akan ada pemberitahun lewat SMS untuk merestart ulang HP kita. Sudah deh, selesai. Mudah, bukan?

Anjuran untuk merestart

Nah, kamu yang mau upgrade kartu IM3 3G menjadi 4G, segera saja ke Gerai Indosat. Karena menurutku inilah cara yang paling praktis. Kalau kamu browsing di internet katanya bisa mengupgrade kartu IM3 3G menjadi 4G di minimarket dengan cara membeli kartu barunya di sana, itu tidak terbukti. Soalnya sudah lebih dari empat minimarket yang ada di sini kudatangi, tapi tidak ada satupun yang menyediakan kartu untuk upgrade kartu IM3 3G menjadi 4G. Nggak tahu ya kalau di kota besar lainnya. Di tempat kamu, bagaimana?


Salam,
Diyanika

41 komentar:

  1. Saya belum ganti dari 3G ke 4G, makanya hp aku lumayan lemot :)

    BalasHapus
  2. Ternyata mudah juga ya mengganti kartu dari 3G ke 4G :))

    BalasHapus
  3. Ternyata yang bikin lama antrian nya ya, kalau prosesnya cuma butuh 10 menit saja ^^

    BalasHapus
  4. jadi pengen juga upgrade kartu dari 3G ke 4G. Soalnya saya juga masih pakai kartu 3G :) hehe

    BalasHapus
  5. Lha, upgretnya ke Kudus juga? Di Jepara jg gak tersedia, kudu lari ke Kudus. Tp ada yg bilang bisa nitip ke kantor. Tp lbh cepet ke Kudusnya sendiri sih

    BalasHapus
  6. Kalau upgrade kartu telkomsel 3g ke 4g apa saja saja carannya.

    BalasHapus
  7. aku dulu pengguna im3 sekarang pindah ke lain hati.. hehe

    BalasHapus
  8. Aku waktu upgrade kartu ke 4G kemarin kebetulan hp hilang. Jadi ya pasrah aja sama poin nomor 5 heu..

    BalasHapus
  9. Cepet bgt kan mbak. Aku upgrade ke 4G dr dr thn 2016
    Cuma foto bntr doank. Ga sampe sejam kartunya lgs aktif

    BalasHapus
  10. Aku waktu pulang ke Indonesia memang langsung pakai yg 4G mba. Syaratnya lumayan banyak yaaa... tapi kalau udah lengkap bisa cepat

    BalasHapus
  11. Wahhh begitu yaa cara apgret kartu IM3 ke 4G? Noted, nanti kuberitahu adikku yang kebetulan mau apgret kartu IM3-nya juga 😊

    BalasHapus
  12. makasih infonya mba aku juga nih pengen banget upgrade insyaAlloh besok ah langsung jadi bisa nulis juga pengalaman aku gimana hahaha

    BalasHapus
  13. Apa semua saratnya sama ya mba unguk upgrade kartu, aku lupa kartu ku maaih 3G atau sudah 4G ya

    BalasHapus
  14. Setuju mbak, cara ke gerai indosat emang paling mudah, saya juga gitu dan lumayan cepat prosesnya :)

    BalasHapus
  15. Lama banget baru mengganti dari 3G ke 4G ya mbak?

    BalasHapus
  16. kartu m3ku sudah agak lama tak pindahin ke 4G di gerai indosat pandanaran. Cepet banget ga perlu ke cs yang antri malah lsg di depan pas mo antri.

    BalasHapus
  17. pertanyaan yang nomor 4 itu berarti kita harus tau, ya? Apa dari pihak gerainya gak bsia ngecek masih ada berapa pulsa di nomor kita dan lain sebagainya? Kalau saya orangnya pelupa, jadi kayaknya harus dicatat kalau ditanya seperti itu :D

    BalasHapus
  18. Belum pernah coba ini. Masih setia denga 3G . Mau coba ah

    BalasHapus
  19. Selamat menikmati 4G Kak. Aku udah ganti dari bertahun-tahun lalu dan nggak menyesal sama sekali.

    BalasHapus
  20. hehehe..kalo aku pas IM3 udah bisa 4G langsung ku apgret Mbaa :D

    BalasHapus
  21. Aku udah lama bgt uograde kartu dr 3g ke 4g. Kebanyakan sih prosesnya gampang yg aku rasain.

    BalasHapus
  22. Wah bisa ya langsung upgrade di gerainya. Noted

    BalasHapus
  23. Tahun 2011 an sering wira wiri Semarang Kudus, buatku Kudus adalah kota yang unik, kotanya dikelilingi satu hari pakai motor, kelar kan ya. Akupun pakai indosat Mbak, AlhAlhamduli sudah 4G,

    BalasHapus
  24. Inilah kenapa penting mengetahui prosedur upgrade kartu chip HP ya.

    Jadi ingat chip aku juga belum diupgrade.

    BalasHapus
  25. Saya baru pakai M3 beberapa bulan dan udah 4G. Nanti kalau ada 5G mungkin baru upgret

    BalasHapus
  26. oh iya sih ya sim card kan ganti jadi data kontak di sim card bakal hilang.

    BalasHapus
  27. wah gimana aku ya kalo ke Semarang. Udah 15 tahun gak ke sana wkwk... Pasti kaget jg banyak yg berubah.

    BalasHapus
  28. Aku ganti kartu 4G Indosat waktu itu gak lama, datang lgs ditanya keperluan tunggu sebentar dikasih kartunya & digantinya di rumah. Jadi gak perllu ke Customer Service lagi. DAta kontak semuanya aku simpan di google jadi waktu ganti ga perlu takut hilang

    BalasHapus
  29. Saya sudah nggak pakai kartu IM3, tapi makasih infonya, kali aja nanti butuh juga hehehe

    BalasHapus
  30. Sudah berpengalaman juga.
    Tahun lalu mengganti kartu 3G ke 4G
    Alasanya capek pake 2 hp. Hehehee
    Syaratnya mudah dan cepat ya

    BalasHapus
  31. Aku belum malah, Mbak.. pengen upgrade si merah, tapi belum ada waktu.. soalnya suami bisanya nganter kan hari Minggu sementara gerainya hari Minggu tutup.

    Maklum lah, aku ngga bisa bawa motor ke jalan raya. 😀😁

    BalasHapus
  32. Gampang yah ternyata, saya masih nyaman dengan 3G tapi mungkin itu alasan hp mungkin jadi lemot kali yah

    BalasHapus
  33. Aku pakai Indosat sudah 14 tahun, mba...
    Nomerku gak pernah ganti.
    Hihii...sampai kemarin qodarulloh kehilangan hp, aku urus lagi kartunya, and i can get ma old number.
    Alhamdulillah...

    BalasHapus
  34. Mudah banget ya mbak upgrade dari 3G ke 4 G. Tinggal datang aja ke kantornya ya. Agar bisa dibantu

    BalasHapus
  35. Termasuk lama juga mak baru ganti ke 4G sekarang hihi kalau aku begitu 4G keluar langsung upgrade mak :)

    BalasHapus
  36. ternyata mudah ya upgrade nomer semoga sangat membantu info ini. Nomerku yang lama udah gak kupake deh gak paham infonya

    BalasHapus
  37. Akhirnya ya terselematkan. AKu make im3 dulu buat onlinean kuota hemat heheheh tapi di tempat suamiku sini im3 ga ada sinyal. Terpaksa udah ga make lagi mba.

    BalasHapus
  38. Selamat ya Ika sudah beralih ke 4G. Kalau pas sinyal 4Gnya kuat pastinya aktivitas online bakalan makin wus wus wuuuuss...

    BalasHapus
  39. Hehe...ini nih termaduk bukibuk yg efisien menggunakan waktu, tak rela menyia-nyiaka waktu yg tersisa. Itu mah bunda bngt dah. Senengnya bunda gak usah antri coc ketika beli, eh, dibeliin sm anak Lenovo udah 4G tuh.

    BalasHapus
  40. Aku tahun lalu kehilangan hl dan kartu m3. Dibikin kartu baru tapi gak ingat sdh 4g apa 3g. Pengen ganti 4G juga soalnya internetan ini juga dgn m3

    BalasHapus
  41. Memang sebaiknya ganti ke 4G mbak, lebih enak buat internetan

    BalasHapus

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!