Sabtu, 05 Januari 2019

Generasi Milenial Harus Pintar Belanja Kosmetik Secara Online


Generasi Milenial Harus Pintar Belanja Kosmetik Secara Online - Aku memiliki keponakan, namanya Maya. Saat ini dia duduk di kelas XII. Seperti anak milineal lainnya, dia memiliki hobi traveling dan suka sekali belanja secara online shop. Salah satu barang yang paling sering dibeli adalah kosmetik. Baik itu lisptik, krim siang dan malam, sampai parfum yang dia kenakan sehar-hari. Makanya aku tidak heran kalau setiap ke sekolah, bibirnya berwarna mencolok, kulit wajahnya putih tak alami, parfumnya semerbak menusuk hidung orang-orang yang dilewatinya.


Hari itu Minggu, Maya main ke rumah bulek yang letaknya bersebelahan dengan rumahku. Kalau sedang di rumah, seharian, dia bisa betah di dalam kamar dan khusyuk menatap layar HPnya.

"Mbak Piaaaa, ini ada diskon lipstik gede-gedean lho. Beli, yuk, beli! Mumpung. Kalau beli dua bebas ongkir juga. Lumayan banget kan?"

Yang diajak bicara menyahut, "Laaaah, lipstik lagi? Bukannya baru seminggu lalu kamu beli lipstik, ini kok beli lagi?!"

"Lipstikku disita Pak....."

Seketika, Pia, lawan bicaranya memotong, "Hahahaha....Syukuriiiiin, siapa suruh sekolah pakai lisptik?!"

"Lah...konco-koncoku (teman-temanku) pada pakai semua kok. Masak aku nggak? Tengsin to ya."
***
Tidak bisa dipungkiri, di masyarakat luas, masih banyak yang beranggapan bahwa cantik itu ya putih, langsing, rambut lurus, dan dilengkapi dengan bibir menor. Mereka yang tidak demikian maka bukan levelku. Alhasil, muncullah Maya.

Kuyakin, di luar sana banyak sekali Maya-maya lainnya. Demi mendapat pengakuan dari teman-temannya, dia akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa sama dengan mereka. Sebenarnya itu tidak salah. Karena memang tahap perkembangan dirinya seperti itu, sebagai wujud aktualisasi diri. Akan tetapi, mindset-nya sudah salah kaprah.

Demi mengejar apa yang diinginkan-dianggap oleh kelompoknya- maka mereka pun menghalalkan segala cara. Tidak punya uang yang lebih, bagaimana nih bisa beli kosmetik yang bisa menyulap dirinya menjadi gadis yang cantik? Akhirnya, mereka tergiur dengan kosmetik murah yang dijual di pasaran.

Angin segar pun datang dari kosmetik yang berasal dari Amerika, Jepang, Cina, sampai yang paling hits baru-baru ini, yaitu dari Korea Selatan. Hampir semua online shop menawarkan kosmetik dari luar negeri dengan harga miring. Aku tidak mengatakan kalau kosmetik dari luar negeri itu murah kemudian jelek. Bukan. Atau kosmetik dari negeri sendiri itu lebih bagus, bukan.

Kosmetik dari luar negeri yang dijual secara online itu harganya lebih murah dibandingkan yang dijual di toko-toko kosmetik karena memang tidak dikenai biaya tetek bengek. Apalagi untuk kosmetik yang asli diproduksi di Indonesia, harganya jauh lebih murah. Akan tetapi, kita sebagai generasi milineal harus pintar belanja kosmetik secara online. Apa saja yang harus kita perhatikan saat hendak belanja kosmetik secara online?


Pastikan Produk Aman dan Tepercaya
Saat pertama kali belajar memakai kosmetik, aku memilih produk yang sudah dipakai ibuku semenjak masih muda. Karena aku sudah tahu kalau produk itu benar-benar aman dan tepercaya serta sudah dibuktikan sendiri oleh orang terdekatku. Nah, karena saat ini banyak sekali kosmetik yang menjamur di online shop, cara paling mudah agar tahu produk tersebut aman dan tepercaya, coba gunakan anjuran dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), yaitu KLIK (Lihat di infografis). Cara termudah lagi, download aplikasi Cek BPOM di http://cekbpom.pom.go.id/ atau playstore untuk mengecek apakah produk yang akan kita beli sudah memenuhi Cek KLIK.


Baca Review Produk
Cobalah ketik tiga kata “review lisptik wardah” di Youtube atau Google, maka akan muncul ribuan vlog ataupun ulasan dari beauty blogger yang bisa kamu pilih satu per satu. Mereka dengan senang hati akan berbagi review produk berdasarkan pengalamannya. Selain itu, kamu juga bisa lho tanya-tanya di kolom komentar untuk sekadar meminta saran, misalnya kalau bibir yang tebal dan gelap baiknya memakai warna lisptik yang apa. Kurang puas dengan review satu bloger/vloger, cari yang lainnya.
WOW, ada 600 ribuan lebih.

Cari Online Shop yang Tepercaya
Aku tipe orang yang meskipun harganya agak mahal sedikit dibandingkan yang lain, asal produk yang dijual tidak mengecewakan, maka saat produkku habis, aku akan kembali membeli di sana lagi. Kamu pasti juga gitu, kan? Karena sudah tahu bagaimana performa dari online shop tersebut. Seringkali online shop juga menawarkan diskon gede-gedean ya. Nah, hati-hati, dasar perempuan, sering banget tergoda. Tetap utamakan online shop yang tepercaya. Salah satu ciri online shop yang tepercaya untukku adalah ada fitur chat. Tanya-tanya deh sepuasnya di sana.

Baca Testimoni Pembeli Lain
Step yang ini tidak pernah kulewatkan setiap kali belanja secara online. Kulihat berapa bintang yang diberikan pembeli lain dan testimoninya. Entah itu testimoni berdasarkan cepat lambatnya pengirimannya, kemasan, atau respon dari pembeli.

Tanyakan tentang Garansi
Pernah tidak saat barang yang kita beli secara online setelah sampai di rumah ternyata kemasannya rusak parah dan isinya tumpah di sana-sini? Alhamdulillah, aku belum pernah mengalaminya. Kalau rusak di kemasan, pernah, sekali. Tapi, tidak sampai merusak isinya. Nah, gunakanlah fitur chatting di online shop itu untuk menanyakan tentang kemungkinan pengembalian barang apabila saat kita terima dalam keadaan yang rusak. Selama ini, online shop yang jadi pilihanku selalu memberikan pelayanan garansi apabila produk yang kubeli kuterima dalam keadaan tidak layak pakai. Alhamdulillah.

Aku yang dulu bukanlah yang sekarang, xixixixi

***
Aku sudah pernah berbincang-bincang dengan Maya, menganjurkannya agar tidak sembarangan membeli kosmetik secara online. Karena terakhir, dia memakai krim siang malam tanpa ada keterangan produknya, eh, jerawatnya datang bergerombol tanpa bisa dikondisikan. Sayang kan dengan kulit wajahnya? Ditambah lagi dengan lonjakan hormon dalam tubuhnya yang muncul secara alami. Lengkap sudah  deh.

Sebenarnya, banyak pakar kecantikan yang membolehkan perawatan wajah sejak dini. Akan tetapi, tidak berlebihan dan dilakukan berdasarkan kebutuhan. Generasi milenial tidak harus meniru gaya berdandan lapis-lapis yang sering ada di sosial media untuk bisa diterima oleh lingkungan. Kasian kulit wajah remaja yang masih fresh. Jangan sampai di hari tua nanti, wajah kita malah rusak!



Agar bisa tampil cantik secara alami alias tidak berlebihan, kuncinya satu, yuk, cintai diri kita sendiri! Biasakan mengkonsumsi makanan sehat, minum air putih 1 – 1,5 liter, gunakan skin care yang menggunakan serum dan moisturizer agar kulit tetap sehat. Satu lagi, jangan malas untuk membersihkan wajah sebelum tidur! Yuk, jadi generasi milenial harus pintar belanja kosmetik secara online!

32 komentar:

  1. wah, wajib diketahui setiap wanita kalau kiat kiat seperti belanja online. untuk make up

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    BalasHapus
  3. Kalau mau beli apa-apa secara online memang harus hati-hati

    BalasHapus
  4. Iya Mba, para milliennial dan juga semua onliner perlu tau cara belanja online yang aman, biar gak tertipu produk abal abal ya. Thanks sharing-nya, Mba :)

    BalasHapus
  5. Nah ini nih tips-tips belanja online yanh akurat. Secara saya tuh jarang belanja online hehehe...

    BalasHapus
  6. Thanks mba atas info nya.. betul itu harus hati hati belanja kosmetik online. Kalau aku lebih percaya belanja di so****** or al**** gitu hehehe

    BalasHapus
  7. Belum pernah belanja online produk makeup Mbak, sukanya beli langsung. Laah, jarang makeupan gini, hihihih
    Waduuh, sayang banget ya Maya masih SMA udah coba krim ini itu yang bisa buat mukanya bukannya makin cantik tapi malah jerawatan, blm lagi efek lainnya, hmm. Moga segera insyaf, upss.
    Thanks ya Mbak :)

    BalasHapus
  8. Hi kak Diyanika, thank untuk tipsnya banyak kosmetik yang palsu sekarang huhuhu tapi dengan tips yang diberikan itu sangat bermanfaat hehe apalagi bagi anak muda yang selalu tampil cantik kan ya hehehe

    BalasHapus
  9. Kalau aku lebih suka belanja di marketplace yang official brandnya. Sekarang mereka kan juga jualan di e-commerce. Hehehe.

    BalasHapus
  10. Aih cantiknya Bu Guru... Betul, kita memang harus hati2 membeli kosmetik, cari yang aman ya..

    BalasHapus
  11. Beda 6 tahun udah terlihat beda jauh, Bu guru makin ayuuu..Iya sih belanja kosmetik harus teliti agar tidak keliru seperti Maya.. Pakai krim malam bukannya cantik malah muncul jerawat sampe bergerombol

    BalasHapus
  12. Cantik secara alaminya bener banget tuh..apalagi yg bagian bersihin wajah saat mau tidue..harus tp kadang suka pada males hehe

    BalasHapus
  13. Kalo beli barang apapun hal pertama yang aku baca reviwe dari para pembeli mba..

    BalasHapus
  14. Jujur gak banget aku kalau kosmetik belanja online, secara harus dicoba kan yah hehe pas atau tidaknya, pernah pengalaman soalnya beli lipen reviewnya bagus, kandungan oke, harga lebih murah, tapi yah itu warnya ternyata gak cocok diaku, hikssss.. tapi untuk wanita yang memang suka belanja online ini tipsnya jitu banget deh...

    BalasHapus
  15. Saya pun sekarang kalau beli kosmetik secara online. Suka bingung kalau beli langsung saking banyaknya pilihan. Kalau beli online kan lebih tenang memilihnya. Tetapi, anak-anak zaman sekarang ke sekolah aja dandan, ya? Beda banget ma zaman saya hehehe

    BalasHapus
  16. Aku pun milenial, mbaa xixixi
    Itu kok bisa beda bgts y fotony
    Makin glowing
    Aku pun kalau mau beli kosmetik online suka lihat dulu kehalalannya dan review dari orang lain

    BalasHapus
  17. Anak perempuan itu...cantiknya yaaa di masa-masa SMA sampai kuliah...meskipun belum bisa dandan.

    Berasa alami.
    Bibir merah tanpa lipen.

    Tapi anak jaman sekarang...amazing.
    Bahkan bawa alat mekap lengkap ke sekolah.

    Ommonaa~

    BalasHapus
  18. Iya bener belanja online akupun setting banget mba dah gitu bnyak promonya lagi ya

    BalasHapus
  19. that's the best ya Mba..harus also dan juga legal. Tapi kadang memang aku suka beli langsung di negara tempat kosmetik itu dijual. They have their own Food and Drugs Administration

    BalasHapus
  20. Aku belanja kosmetik secara online sekali aja waktu ada sale prodak wardah. Kadang suka ngeri gitu mba, asli atau ga heheh. Jadi harus cari OS yang rekomend banget ya, lagi pengen cari sunblock di online shop

    BalasHapus
  21. hihihii aku jadi ingat pada diriku sendiri yang pernah mengalami kayak Maya itu, demen banget belanja kosmetik online. Iya bener loh, kosmetik2 yg dari luar negeri itu paraaah banget murahnya. Tapi ya kita kadang ndak tau sih itu perijinannya udah oke atau belum.
    Perlu lebih aware lagi nih pada kesehatan kulit ketika mau belanja kosmetik online.

    BalasHapus
  22. Dimulai dari mencintai diri sendiri kecantikan dari dalam akan muncul juga ya mbak. Memang di sini banyak beranggapan kulit putih itu cantik padahal seharusnya kulit sehat itu yang cantik :)
    aku beberapa kali sih beli kosmetik online tapi yaitu tadi harus cari toko yang terpercaya takutnya barangnya palsu.

    BalasHapus
  23. Oh langganan mba ika ini di klik yo? Aku millenial aku juga pernah belanja kosmetik secara ol. Wkwkwk. Itu btw perubahan 6 tahn terlihat nyata

    BalasHapus
  24. Mbak makasih wejangannya sangat membantu bangte. Kadang aku suka takut kala belanja online takutnya tidak sesuai dengan aslinya

    BalasHapus
  25. Eh jadi inget kmrn di grup FB tentang make up ada yang curhat "mau beli lipstik (ada picnya) tapi penjualnya ga mau kasi tau brandnya." harganya murah banget. Lgs rame2 bilang jangan beli kalau merknya aja ga jelas, jangan2 bahan2nya juga ga jelas

    BalasHapus
  26. Saya termasuk yang suka beli kosmetik online. Soalnya kalau beli offline suka malu nyobain haha. Biasanya saya baca review2 dulu dan coba beli :D

    BalasHapus
  27. Noted banget nih tipsnya. Aku suka sembarangan nih kalo beli. beruntung sellernya jujur. Kalo curang, payah deh. Ke depannya kudu mulai teliti.

    BalasHapus
  28. Asli mba, harus waspada banget apalagi untuk kulit wajah yang sensitif.
    Waaa perbedaanmu dulu dan sekarang, sangat berbeda haahha cantikan sekarang soalnya udah pinter dandan ya

    BalasHapus
  29. Naah ini tips yg pas banget sama kondisiku yg payah soal beli-beli online karena masih jadul banget kalo belanja lebih trust ke cara konvensional.

    BalasHapus

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!