Senin, 07 Januari 2019

Resolusi Ngeblogku di Tahun 2019


Resolusi Ngeblogku di Tahun 2019 - Di akhir tahun 2018 lalu aku menerima wejangan dari guru musikku yang kira-kira bunyinya begini,

"Toh kalau kamu jadi PNS, belum tentu kamu bisa tetap berkarya, menulis, dan memberikan motivasi kepada orang lain. Belum tentu juga kalau kamu jadi PNS, idealisme sebagai guru masih akan tetap seperti sekarang. Nikmati saja prosesnya. Soal materi, itu urusan Allah."



Salah satu orang yang menguatkanku di saat aku gagal meraih mimpiku ya beliau, Pak Budi Sutrisno. Wali kelasku pas kelas X dulu. Maka, kenapa tidak aku bangkit? Untuk apa aku berduka atas kegagalanku lolos CPNS? Kayak orang nggak punya Allah saja, begitu kata beliau.

Oleh karena itu, di tahun 2019 ini, aku pasang target untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan tentunya ingin bermanfaat lagi dan lagi. Nah, salah satunya berhubungan dengan blog ini.

Setidaknya, untuk kemajuan blog dan teknik menulisku, aku memiliki resolusi ngeblog seperti di bawah ini.

1. Update postingan setiap tanggal ganjil, duh, ini berasa sudah ngos-ngosan banget. Tapi, kalau tidak kupaksa aku nggak akan pernah bisa berubah. Terlalu banyak alasan untuk tidak posting tulisan. Tahun lalu aku membuat resolusi untuk lebih mementingkan kulitas tulisanku dibandingkan kuantitasnya. Tapi, apa? Coba aja tengok jumlah postinganku tahun lalu! Padahal banyak sekali draft tulisan yang ngendon.

Bismillah, meskipun bulan Januari saja ini sudah bolong-bolong tanggalnya. Aku harus berjuang! Bismillah, bisa.

2. Tidak lagi menerima content placement. Kesannya gaya banget ya? Semenjak Desember lalu aku memang sudah tidak menerima kerjasama content placement. Karena, satu, nggak cocok lagi dengan fee-nya, kedua, temanya yang kebanyakan keluar dari niche blogku. Aku sedang belajar membranding diriku sebagai guru bloger yang membahas dunia pendidikan dan parenting.

Awalnya ya merasa, kok, nggak ada job sama sekali ya. Nggak ada pemasukan dong, gimana ini? Alhamdulillah, dapat job menulis sendiri reviewnya dengan fee yang berkali-kali lipat dari fee content placement. Ini bukan berarti menyepelekan fee content placement. Bukan. Wong aku dulu pernah terima fee 50 ribu untuk content placement yang per bulan pasti selalu dapat. Ini dalam rangka mengurangi tulisan titipan di blogku. Aku ingin kembali menulis blog dengan artikel organik. Itu saja. Tidak maksud apa-apa.

Insya Allah, aku percaya, rezekiku, rezekimu akan selalu dicukupkan oleh Allah. Tergantung kita mau ambil lewat jalan yang mana? Setuju?

3. Aktif ikut lomba menulis lagi dengan catatan tidak mepet deadline. Itu sebenarnya penyakitku banget di tahun 2018, hihi. Makanya di tahun ini aku akan tetap ikut lomba dan yang pasti temanya harus aku kuasai plus sesuai dengan niche blogku.

Awal tahun 2019 ini aku sudah ikut lomba blog dari Mbak Mira Sahid, tapi sayang belum nyantol jadi juara. Gilaaaa, juaranya Ya Allah, tulisannya totalitas banget. Aku jadi belajar banyak dari pemenang-pemenangnya. Yah, paling nggak, ikut lomba ini jadi nambah tulisan organik lah di blog. Pelajaran setelah ikut lomba menulis itu lho yang selalu nagih.

Baca tulisan yang kuikutsertakan lomba dengan klik gambar berikit ini >> 


4. Minimal seminggu sekali ikut blogwalking di grup, alhamdulillah, meskipun dengan terseok-seok, aku menikmati proses ini. Kalau kamu perhatikan, tulisan di blogku ini komentarnya cukup ramai ya, karena aku ikut grup blogwalking.

Ikut grup walking membuatku belajar tanggungjawab, saling berbagi, disiplin, dan saling menghargai. Tentang disiplin, ini yang sangat kurasakan efeknya. Dengan berbagai kegiatan, harus pintar-pintar bagi waktu untuk blogwalking. Karena sekalinya blogwalking bisa sampai di atas 25 postingan. Kadang malah sampai 40an ke atas. Pokoknya dicicil sedikit-sedikit. Karena banyak membaca tulisan bloger lain, justru mendatangkan ide-ide yang bisa kutulis juga di blogku. Bukankah ini sejalan dengan resolusiku yang nomor 1?

5. Berusaha untuk selalu mengecek keyword planner sebelum menulis sebuah artikel. Nggak ada kata malas-malasan untuk kemajuan dan kebermanfaatan blog ini. Apa itu keyword planner? Ini pernah kutuliskan di postinganku waktu liburan akhir semester 2 tahun lalu. Klik gambar di bawah ini untuk baca lengkap tentang keyword planner ↓↓


6. Banyak membaca buku. Januari ini aku sudah katam satu buku. Baca buku itu memunculkan ide juga yang ingin kutulis. Sebenarnya aku baca banyak buku bulan Januari ini. Akan tetapi, yang kelar baru satu. Penyakitku tuh gini, baca buku baru dapat setengah, lihat ada buku yang masih terbungkus rapi, gatel banget pengen buka, baca deh. Padahal yang pertama belum kelar. Hahaha. Seperti itu terus. Hadeh. Semoga tahun ini bisa baca banyak buku. Karena tahun kemarin khilaf beli buku diskonan tapi nggak dibaca sama sekali. Dan aku justru malah merasa, kalau aku rajin baca buku, aku juga harus lebih rajin lagi baca Alquran. Ini secara otomatis tertanam dalam diriku. Ayolah, semangat untuk habits yang lebih baik lagi!

Sementara itu dulu resolusi ngeblogku di tahun 2019. Bismillah, tekadku ini butuh kerja keras dan komitmen yang kuat. Semoga bisa terealisasi semua, aamiin. Nah, kamu, tahun 2019 ini punya target ngeblog yang seperti apa? Boleh ya share di kolom komentar. 


17 komentar:

  1. Seneng kalau baca artikel resolusi gini, jadi bikin termotivasi juga.
    Kalau saya resolusi tahun ini sih hampir sama kayak mbak diyan. Harus rajin bikin konten secara berkala.

    Semoga berhasil, walaupun susahnya...
    Huft, harus sedikit dipaksa.

    BalasHapus
  2. Aku banget nih sering ngalami setelah blogwalking jadi ada ide buat nulis. Bukan ngopy ide sih, lebih ke terinspirasi gituuu. Hehe. Untuk target blog ku tahun ini ada beberapa tapi cukup aku tuliskan di journal aja. Bismillah ya mbak sama2 tercapai targetnya :D

    BalasHapus
  3. Semoga tercapai resolusinya bu.

    Kalo ikut lomba blog, sama sih, kadang masih suka baru ngerjain pas udah mepet deadline. Biar enggak ngerjain pas deadline lagi, harus dicicil dikit-dikit biar nulis.y enggak dikejar-kejar waktu. Hehe >_<

    BalasHapus
  4. Kalau aku resolusinya seimbang antara artikel sponsor dan organik, dan pageview yang tinggi di blogku seimbang anatara organik dan sponsor, ngeblog buatku untuk berbagi selain bertambah rezeki baik berupa uang, teman dan barang :)

    BalasHapus
  5. Dari 2-5 ini udah aku terapin mbak, alhamdulilah pelan2 dapat kerjaan yang seauai dan fee yang benar. Kalo no 6 itu udah kayak hak aku, kalo udah nyelesaiin apa aku harus beli buku buat hadiah diri sendiri hehe

    BalasHapus
  6. Sukses untuk resolusi ngeblognya ya dek...

    BalasHapus
  7. Akupun sekarang mo lebih selektif lagi memilih content placement. Pengennya sesuai jalur niche aku aja.
    Btw semoga bu guru makin jaya ngeblognya ya

    BalasHapus
  8. Keren resolusinya, Bu Guru.. Semoga sukses ya..

    BalasHapus
  9. Semoga tercapai resolusinya ya Ika! Resolusiku tahun ini selesaikan naskah buku hihi

    BalasHapus
  10. Iyah, jatuh kudu bangkit lagi, jadi lebih baik! Kayak gak ada kesempatan lain saja (motivasi diri sendiri) btwbresolusinya mantap banget nih bu guru. Semoga kesampaian semua. Amin

    BalasHapus
  11. Semoga sukses ya mbak resolusinya, langsung cuss ke keyword partner nih.

    BalasHapus
  12. Semangat ya Ikaaa, aku pun sering ikut lomba pakai detlen garis keras. Semoga resolusi ngeblognya terwujud semua, aamiin

    BalasHapus
  13. Mantap bgt semua resolusinya nih. Jadi menulis 2 hari sekali ya? Semangat!

    BalasHapus
  14. Buguruuu....saya kalau ikut lomba kenapa bikinnya pas injury time ya hihihi....seperti ada kekuatan lebih pas bikin hihi.

    Sepertinya akupun mulai menata niche blogku....selama ini masih random.

    Semoga tercapai resolusinya Buguru, sukses dan Salam Kukuruyuk.

    BalasHapus
  15. Semoga tercapai ya mb, aku masih terima placemen, tapi ya gak di blog sangmaya ada buat blog lain yang buat nyampah :D dan yaaa jeleknya saya kalau ikut lomba masih mepet deadline

    BalasHapus
  16. resolusinya sangat bagus saya juga pengen seperti ini dan kebetulan saya juga guru dan belum beruntung untuk keterima pns kayaknya kita kok sama ya mbak, mari kita saling menguatkan karena rejeki sudah ada yang atur

    BalasHapus
  17. Semangat ya mbak Ika..semoga istiqomah...aku pun begitu masih jauh dari target tapi pelan-pelan dijalani..mari saling menyemangati :)

    BalasHapus

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!