Kamis, 09 Mei 2019

Resep Soto Ayam Segar Anti Gagal


Kalau ditanya, apa masakan ibu yang paling ngangenin? Aku akan menjawab, soto.

Soto masakan ibu tidak pernah ada yang bisa nandingin. Termasuk soto buatan Pak Mul yang pernah kuceritakan di sini.

Berkali-kali aku mencoba resep soto ayam segar ala ibu, berkali-kali juga aku gagal. Pernah, rasa kuahnya sengur, karena aku menumis bumbunya kurang matang. Pernah juga, kebanyakan kunyit.


Dari kesalahan-kesalahan itulah, aku jadi tahu kalau memasak itu memang tidak mudah. Butuh proses dan kudu mau belajar. Akan tetapi, aku percaya, ibarat menulis, memasak itu bukan bakat. Kita bisa pandai memasak kalau setiap hari mau terjun ke dapur.

Nah, kamu-kamu yang belum bisa memasak enak untuk suami, santai. Nikmati saja prosesnya. Aku ngerasa cukup lihai di dapur tuh ya setahun terakhir ini. Pun juga kadang sering bikin kesalahan kok. Asin lah, hambar, bikin adonan nggak jelas bentuknya, masak rebung nggak pakai direbus air panas yang berakhir pahit. Hahaha. Kalau ingat malah pengen senyum-senyum sendiri.

Untuk latihan kamu, nih, aku share resep soto ayam segar anti gagal. Jangan lupa dicatat di buku resep ya. Daripada buka-buka blogku mulu. Tapi, kalau mau memyumbang PV untuk blogku ya nggak papa sih. Hahaha.

Bahan:
1/2 kg dada ayam
1/4 kg Kecambah
Bawang goreng (secukupnya)
Kecap manis
2 Bihun 
1 batang onclang 
1 batang seledri (potong tipis-tipis)
1 buah tomat (potong jadi 6 bagian)
1 buah jeruk nipis (potong jadi 4 bagian)
Minyak goreng untuk menumis
1,5 liter air


Bumbu yang dihaluskan:
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1/2 sendok makan merica
1/2 sendok makan ketumbar
Sejempol kuni
1/2 jempol kencur
1/2 jempol jahe
1 sendok makan gula
1 1/2 sendok garam
1/2 jempol jahe
Sejumput jinten

Bumbu yang tidak dihaluskan, dimasukkan ke dalam kuah:
1/2 jempol laos
5 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
3 biji cengkeh

Bumbu sambal:
Cabai rawit 5 dan 5 cabai merah, direbus, uleg secara kasar

Cara memasak:
  1. Ulek bumbu yang harus dihaluskan.
  2. Panaskan minyak dan tumis bumbu sampai harum. Jangan lupa sertakan laos, daun jeruk, daun salam, cengkeh, dan tomat. Pastikan bumbu sudah masak betul, kalau tidak nanti sengur alias tidak sedap. Cirinya klu sudah matang, bumbu dan minyak mulai memisah dan aroma harumnya keluar.
  3. Masukkan dada ayam, kemudian tambahkan air. Koreksi rasa kuah dan tunggu sampai dada masak.
  4. Setelah dada masak, angkat, kemudian goreng dan suwir-suwir.
  5. Panaskan air lagi, rebus kecambah dan bihun. Angkat, tiriskan.
  6. Sajikan soto ayam segar dengan komposisi, kecambah, bihun, ayam suwir, onclang, seledri, bawang goreng, sambal, kecap, perasan jeruk nipis, kemudian siram dengan kuah soto ayam segar saat masih panas.


Paling jempolan itu, pas makan soto ayam segar ini kuahnya panas ditambah sambal dua sendok. Mantab. Kalau lagi flu, insyaallah, kabur.

Kalau hari ini masih bingung mau masak apa, yuk, bikin soto ayam segar! Jangan pernah takut gagal untuk mencoba resep soto ayam segar ini! Apalagi yang baru menjabat sebagai istri, kalau kamu tidak pandai memasak, jangan sungkan untuk terjun ke dapur! Enak nggak enak, suami akan kecantol kok sama masakan buatan kita, istrinya. Lha onone kuwi.

1 komentar:

  1. Ah... Makasih untuk resep soto segernya ya ummi... Aku juga pas banget lagi nyari resep soto soalnya. Masih belom bisa bikin akutuhhh menu ini. Paling banter ya asem2 😆🤣🤣🤣

    BalasHapus

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!