Senin, 16 November 2020

Server: Pengertian, Mekanisme, Tipe, dan Kegunaan

Setiap penyedia layanan hosting selalu menggunakan server. Seluruh data pelanggan akan disimpan dalam perangkat tersebut. Bagi kamu yang hendak berlangganan hosting dan membuat website, sangat disarankan mengetahui hal yang berhubungan dengan server. Apabila kamu ingin berlangganan server Indonesia perlu simak ulasanku ini sampai selesai.

Pengertian Server

Server adalah program komputer yang digunakan untuk memberikan layanan bagi komputer lain, dan user atau client. Dalam suatu pusat data, komputer yang memiliki program server di dalamnya dapat dikatakan sebagai sebuah server juga.

Dalam model client server, server akan menunggu perintah dari client, yang merupakan software yang berada di dalam komputer tersebut, atau bahkan berada pada komputer lain, dan selanjutnya akan memproses permintaan tersebut dalam waktu yang singkat.

Mekanisme Kerja Server

Server dibedakan menjadi tiga, yaitu server fisik, server virtual, dan server software. Server fisik atau yang biasa dikenal dengan “server besi” adalah komputer server. Komponen, dan alat-alat yang digunakan pun tidak bisa digunakan secara berkelompok. Server fisik umumnya terdiri dari memori, prosesor, koneksi jaringan, dan aplikasi. Karena server ini merupakan satu unit komputer beserta komponennya, dibutuhkan banyak ruang untuk mengakomodasi ukurannya yang besar. 

Lain halnya dengan server virtual, server ini merupakan software yang berada di dalam aplikasi komputer. Virtual server menggunakan lingkungan multi-tenant, artinya akan banyak mesin virtual yang digunakan pada fisik sebuah hardware. Komponen yang ada pada virtual server lebih rumit jika dibandingkan dengan server fisik. Komponen yang diperlukan seperti hypervisor (VMware vSphere, atau Microsoft Hyper-V) yang akan di install pada fisik hardware. Selanjutnya hypervisor akan digunakan untuk membuat, dan mengatur mesin virtual. Setelah itu, baru beberapa sistem operasi, dan aplikasi di dalam server dapat diproses dalam virtual hardware.

Server software menggunakan dua komponen software yaitu sistem operasi, dan aplikasi. Sistem operasi akan bertindak sebagai platform yang mengoperasikan aplikasi server. Sistem operasi yang terdapat di dalam server adalah media untuk client, dan server untuk berkomunikasi. Alamat IP dari sebuah server, dan nama domain sebuah website akan dicari, dan menjadi tugas sistem operasi saat adanya permintaan dari client. Biasanya client hanya perlu melakukan satu klik pada sebuah link untuk membuat sistem operasi sebuah server bekerja. Dalam hal ini, komputer lah yang berperan sebagai client. Lalu, server akan merespon permintaan tersebut, dan langsung menuju alamat website tersebut.  Setelah alamat website tersebut didapatkan, protokol seperti HTTP akan langsung mengirimkannya. Terakhir, browser yang digunakan client akan menerima data, mengubahnya, dan menampilkan halaman website tersebut di screen perangkat elektronik yang digunakan oleh client. 

Beberapa Tipe Server

  1. Web Server: program komputer yang menyediakan halaman, atau file HTML. Web server disini bertindak sebagai client.
  2. Proxy Server: software yang bertindak sebagai penghubung endpoint sebuah perangkat elektronik, seperti komputer, dan server lain yang diminta oleh client.
  3. Mail Server: aplikasi yang digunakan untuk menerima email baru dari pengguna lokal (pengguna yang memiliki nama domain yang sama).
  4. Virtual Server: program yang dioperasikan pada shared server yang dikonfigurasikan sedemikian rupa sehingga penggunanya mendapatkan kontrol penuh terhadap server.
  5. Application Server: program yang ada di komputer pada jaringan terdistribusi yang menyediakan business logic untuk sebuah program aplikasi.
  6. Blade Server: merupakan komponen kerangka sebuah server, papan sirkuit elektronik modular, yang disebut sebagai server blade.
  7. Policy Server: komponen keamanan dari jaringan policy-based yang menyediakan layanan otorisasi, dan fasilitas mengontrol file serta tracking file.
  8. Print Server: menyediakan akses bagi user dengan satu, atau lebih akses jaringan printer. Server print bertindak sebagai antrian untuk pekerjaan printing yang di minta oleh client.
  9. File Server: komputer yang berfungsi dalam hal pengaturan, dan penyimpan data utama yang akan mengendalikan komputer-komputer yang berada pada jaringan yang sama, sehingga komputer-komputer tadi dapat mengakses data tersebut. 
  10. Database Server: server yang bertugas untuk menjadi hosting pada satu, atau lebih database.

Kegunaan Server

Setelah membahas beberapa detail tentang server, apakah fungsi sebuah server sebenarnya? Fungsi utama server adalah untuk merespon saat adanya permintaan dari client di dalam jaringan internet. Kedua, server juga dapat menjadi pengatur trafik data. Ketiga, dengan menggunakan server, kumpulan data akan lebih mudah diatur karena adanya sistem keamanan yang akan membatasi ruang gerak user terhadap file-file tertentu. Selanjutnya, server mampu menyimpan banyak data yang dapat diakses oleh semua pengguna yang menggunakan jaringan yang sama dengan menggunakan protokol FTP. Ditambah lagi, komputer client akan dijamin keamanannya jika komputer client tersebut di install  firewall, atau anti malware. Terakhir, server dapat disambungkan dengan domain website kamu. Sehingga saat client ingin mengakses domain kamu, server akan langsung mengarahkan ke hosting yang kamu gunakan. Semua keuntungan server hosting domain ini akan kamu miliki dengan harga terjangkau tanpa ada syarat khusus di website Domainesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar