Rabu, 25 November 2020

Pengalaman Mengikuti Tes Swab di Puskesmas Kebonagung Demak


Hari guru kali ini ada yang istimewa, yaitu aku ikut tes swab. Kenapa? Bagaimana prosesnya? Bayar atau tidak? Kemudian sensasinya seperti apa?

Sebenarnya sudah lama ada program tes swab gratis untuk guru di kecamatan Kebonagung. Tapi, pada takut. Apalagi pas ada guru di satu kecamatanku yang dinyatakan positif covid. Sekolahnya langsung ditutup selama dua minggu.

Foto dulu ah sebelum diambil nomor urut kami.

Aku sendiri takut nggak sih? Ya, takut. Makanya, di awal-awal nggak ikut. Tapi, kemarin pas ada tawaran lagi, kemudian teman-teman di sekolah banyak yang ikut, ya, ayolah. Dari empat belas anggota, yang ikut tes swab hanya ada enam yang ikut. Memang tidak wajib. Jadi, ya, monggo-monggo saja.

Akhirnya, seminggu lalu aku mengumpulkan selembar fotokopi KTP. Lalu dikumpulkan secara kolektif ke Puskesmas kemudian menunggu panggilan kapan harus melaksanakan tes swab.

Eh, kemarin sore, teman yang mengkoordinir tes swab memberikan info kalau pagi ini, tepat di hari guru, pukul 08.00 kami dijadwalkan untuk tes swab. Ada rasa takut muncul dalam hatiku. Duh, terlanjur daftar, sudah dapat panggilan pula.

Piye, yo? Gimana, ya?

Mangkat, gak, yo? Berangkat, nggak, ya?

Bismillah.

Aku juga ada rasa penasaran. Apalagi aku serumah sama bapak yang memang setiap hari ke Semarang dan Purwodadi. Amit-amit kalau sampai bersua dengan virus corona. Semoga sehat-sehat semua. Kontak secara langsung sih jarang banget. Wong bapakku juga jarang di rumah. Pulang kalau malam, tidur, pukul 02.00 pergi lagi. Pas beliau pulang, aku masih di sekolah, begitu terus.

Akhirnya, berangkatlah rombongan kami ke Puskesmas tepat pukul 08.00. Sampai di Puskesmas, kami langsung ambil nomor antrean dan registrasi. Ternyata, petugasnya sudah memiliki daftar nama kami. Jadi, tinggal dicentang saja.


Kak Ghifa antre dipanggil petugas

Sambil nunggu dipanggil, karena petugasnya belum siap semua dan aku dapat nomor 13, kuajak Kak Ghifa untuk masuk Puskesmas dulu untuk minta obat karena saat itu Kak Ghifa sedang batuk pilek.

Selesai urusan Kak Ghifa, aku langusng keluar ke halaman tempat pendaftaran tes swab tadi diadakan. Alhamdulillah, acaranya sudah dimulai. Sambil nunggu, duduknya agak nggak jaga jarak, kursinya terbatas soalnya, kami mengobrol sana-sini.

"Oh, ada ibu hamil juga, ya?"

"Hooh, katanya yang usia kehamilan di atas 7 bulan wajib swab."

"Aku kok deg-deg-an, ya."

"Kepalaku kok pusing."

"Aku mau pipis dulu lah."

Hahaha.

Iya, banyak diantara kami yang tegang, grogi. Aku sendiri, ya, agak tegang. Kuingat tulisan teman bloger yang sudah pernah swab, jangan tegang, biar nggak sakit, selow saja.

Temanku yang membawa tempat sampel hasil swab

Sampai nomorku dipanggil. Kuambil wadah sampel dari petugas registrasi. Kemudian menuju samping Puskesmas sebagai tempat ambil sampel swab (tempatnya terbuka). Alhamdulillah, Kak Ghifa nggak ikut ngintil aku. Dia mau nunggu di tempat tunggu depan bersama Bu Ulis.

Samping Timur Puskesmas

Lagi-lagi, kuingat tulisan teman blogger, usahakan posisinya jangan terlalu tegak. Pas duduk mau diambil sampel, posisinya agak ndlosor, insyaallah nanti nggak sakit. Kupraktikkan. Hasilnya?

Ya, namanya dimasukin benda asing, agak aneh juga. Terus, menurutku pas dilogok-logok (benda kayak cotton bud dimasuk-masukkan) itu kok lama banget. Aku lihat temanku tadi cuma bentar-bentar doang. Pas selesai, mataku memang terasa agak perih. Kemudian hidung seperti kemasukan sabun. Pengar-pengar gimana gitu. Hanya saja, bedanya dengan teman-temanku, air mataku nggak sampai menetes. Yang lain sampai keluar air matanya. Dleweran. Apakah ini pengaruh dari posisi duduknya atau nggak, aku juga nggak tahu.

Posisiku agak ndlosor

Posisi temanku tegak


Setelah semua selesai, kami kembali ke sekolah. Sebelumnya, aku minum air putih dulu yang memang sengaja kubawa. Rasanya di kepala bagian belakang kayak pegel-pegel, seperti mau flu. Sensasi pengar agak mendingan setelah aku minum air putih. 

Sampai sekolah, aku langsung bersih-bersih kelas, ya, nyapu, ngepel, dan menyapu halaman depan. Pas semua sudah selesai, keluhanku tadi sudah berkurang signifikan. Aku hanya memperbanyak minum air putih saja.

Jadi, untuk bisa tes swab syaratnya hanya mengumpulkan fotokopi KTP ke Puskesmas. Kalau untuk umum, informasi dari bidan desaku membayar empat ratus ribuan. Hasilnya? Nunggu kabar selanjutnya.

Mohon doa, ya, Teman-teman, semoga hasil swab kami negatif semua. Untuk kamu, sudah pernah ikut swab? Kalau ada fasilitas gratis kayak aku, jangan takut, ya. Ternyata nggak skait kok. Soal hasil, pasrahkan saja sama Allah. Karena takutnya malah OTG, eh, di sekiar kita ada orang yang rentan terkena virus ini kan kasihan. Nanti malah kita dihantui rasa bersalah, oh, tidak, orang itu sakit karena tertular dariku. Jangan sampai!

22 komentar:

  1. Semoga hasilnya negatif ya, Mbak

    Kemarin Mbakku sebelum melahirkan juga wajib tes. Buat keamanan dan kesehatan bersama ya. Alhamdulillah aman

    BalasHapus
  2. Semoga hasil tes swab guru di Kebonagung Demak semuany negatif. Posisi duduk sepertinya lumayan berpengaruh ya, ntar diingat kalau ikutan tes.
    Semoga kita sehat semua dan pandemi ini segera usai.

    BalasHapus
  3. semoga semuanya sehaaaaatttt
    ya ampuuunn, sungguh rindu suasana normal seperti saat2 ketika negara corona blum menyerang bumi yhaaaa
    makasi artikel pengalamannya mbaaa

    BalasHapus
  4. semoga semuanya sehat2 ya mba karena jujur saya agak sedih dengan kondisi seperti ini karena jadi ga bisa tenang mikirin ortu yang memang sudah lansia :(

    BalasHapus
  5. Take care mba diya sekeluarga, saya kemaren sebelom lahiran di rapid aja, di cetek ditelinga sykurnya hasilnya non reaktif.

    BalasHapus
  6. Semmoga hasil swanb negatif semua, saya belum tes swab, ada rasa takut juga

    BalasHapus
  7. semoga sehat-sehat selalu mba dan hasilnya negatif. kayak ngilu gitu ya mba di swab? takut dan bikin deg-degan tesnya

    BalasHapus
  8. Hahhaaa, kbayang deh perasaan nano nano ketika mau di swab, rasanya geli2 gimana geto yaa.
    Ahh yang penting sehat buat semuanyaaa, biar tenang kalo udah di swab. Hasilnya pasrahkan ajaa..

    BalasHapus
  9. InsyaAllah hasil swabmu negatif bu guru, aamiin. Sehat selalu Bu Ika Mama Ghifa.

    BalasHapus
  10. Wah banyak cerita tentang test swab ini tapi anakku yang sulung, perempuan dia, pas pandemi ini sudah bolak balik Turki Indonesia dua kali jadi sdh tiga kali test SWAB nya katanya sih biasa aja, bentar banget...cool banget dia kayak ga berasa apa apa..hehe..

    BalasHapus
  11. Sehat-sehat semuanya ya Bu guru. Hasilnya semoga negatif. Agak ngeri-ngeri sedap ya tes swab itu.

    BalasHapus
  12. Sehat-sehat yaa semuanya, aku bayangin rasanya di swab kayaknya enggak enak banget ya, auto meringis. Ya Allah, semoga pandemi ini cepat berlalu.

    BalasHapus
  13. Nah mba, aku duduk agak ndlosor dan alhamdulillah aku merasa nggak seperih yang dialami teman lain. Sehat sehat ya:)

    BalasHapus
  14. Banyak yang merasakan takut juga melakjyan tes swab nih, mungkin takut menerima kenyataan ya hihii. Kalau baca-baca gitu aku suak ikutan tegang lihat yang lagi test. Mudah-mudahan hasilnya semua negatif ya

    BalasHapus
  15. Di tempat saya juga awal bulan tu ada test swab gratis, yang datang dikiit karena pada takut juga. Semoga kita semua selalu sehat ya Mbak.

    BalasHapus
  16. Semoga semua hasilnya negatif ya mba, sehat semuanya. Kalau di puskesmas hasilnya berapa lama mba?

    BalasHapus
  17. Aamiin ya Allah moga negatif semua ya Bu Ika.
    Bulan lalu adikku mau lahiran juga di swab, dan lumayan sakit dikit katanya.
    Bismillah semoga pandemi lekas berlalu aamiin.

    BalasHapus
  18. Bu Guruuu...
    Semoga sehat sehat selaluu..
    In syaa Allah yaa Bu guru yang baik hati...biar bisa terus mengajar anak-anak yang manis-manis dan sholih sholiha.

    BalasHapus
  19. Semoga hasilnya negatif ya dek. Kmrn sempet diajak mbakku buat sawab gratis di dinas kesehatan, cuma aku takut. Hahahaha...

    BalasHapus
  20. Semoga sehat -sehat dan hasil swabnya negatif ya mba.. aku sudah berulang kali tes karen meeting dan traveling. Swab sudah 4 kali dan Alhamdulillaaaah semua negative.. rapid test 14 kali dan mostly non reaktif. Semoga kita terhindar dari corona yaa

    BalasHapus
  21. Aku bisa bayangin linunya idung dicolokin alat tesnya itu Mak. Semoga hasilnya negatif dan yang namanya virus Covid 19 ini segera lenyap ya. Aku pernah diswab juga dan hasilnya alhamdulillah negatif. Nunggu hasilnya emang bikin deg-degan tapi dijalani dengan positive thinking aja. Bismillah ya Mak

    BalasHapus
  22. Udah pernah swab mbak. 3 kali malah. Yg sekali juga ambil di tenggorokan :")) Alhamdulillah ketiganya selalu negatif. Semoga mbak ika juga negatif, ya. Dan aku saranin sih kalau memang ada fasilitas swab gratis, ambil aja. Ga usah takut. Nggak semua dapet kesempatan untuk swab :)

    BalasHapus