Senin, 27 Juni 2022

Asuransi Kesehatan Astra Life, Ternyata Murah, Cashless dan Online Pula

Ini anak sulungku, Kak Ghifa yang sedang menikmati nila bakar.
Setahun terakhir, setiap sebulan sekali keluarga kami ada kebiasaan makan di luar

Kalau sekali mengajak keluarga kecilku ke tempat makan seperti di atas, tahu kan kira-kira habis berapa untuk dua orang dewasa dan satu anak? Pasti di atas 100 ribu. Kalau urusan perut saja, enteng, kenapa untuk asuransi kesehatan #AstraLife yang sebulan hanya 100 ribuan tidak jadi prioritas, ya?

Santai, ini ngomong dengan diriku sendiri kok. Hihi.

*** 

Seringkali kita dipaksa oleh keadaan untuk belajar tentang kehidupan.

Dulu, saat masih serumah dengan bapak dan ibuku, apa pernah aku mikir tentang asuransi kesehatan? Duh, boro-boro, belajar mengelola keuangan keluarga saja tidak pernah.

Ah, santai banget. Bisa dibilang, aku itu njagake, kan ada bapak dan ibu, kalau ada apa-apa ada yang memback-up

Allah murka kali, ya.

Ehm, bukan-bukan.

Lebih tepatnya Allah ingin aku dan suami mau belajar hidup mandiri. Diambillah ibuku, kemudian bapakku menikah lagi dan ikut dengan istrinya. Akhirnya tinggal aku, suami, dan balitaku dengan keuangan keluarga yang tidak jelas.

Kaget? Pasti. Sampai-sampai kami pernah salat ashar berjamaah yang diakhiri dengan tangis bersama karena tidak tahu nanti malam makan apa. Akan tetapi, percayalah satu hal dan ini insyaallah pasti, bahwa semua yang ada di muka bumi ini sudah dijamin oleh Allah.

Mengapa aku bisa berkata demikian? Karena saat malam menjelang, saat itu, ada orang yang mengantar makanan ke rumah kami. Allahuakbar.


Bersama kesulitan pasti ada kemudahan.

Aku beruntung, Allah tak lama menguji kesabaranku. Tangisan duka tak bisa makan, alhamdulillah, tak lagi menghampiri. Kabar diangkatnya aku menjadi CPNS, setahun pengabdian kemudian menjadi PNS, membawa angin semilir untuk keuangan keluarga. Nah, semenjak inilah, mau tidak mau, karena anakku juga sudah sekolah, kemudian aku diberikan rezeki anak kedua, pengelolaan keuangan keluarga harus kutata. Harus.

Kasihan anak-anakku nanti.

Maret 2022, aku resmi jadi guru PNS setelah 8 tahun mengabdi menjadi guru honorer

Bagaimana caranya?

Belajar secara otodidak kepada ahlinya.

Enaknya jadi generasi milenial, apalagi anak-anak sekarang, mau belajar apapun tinggal buka internet. Semua ada. Gratis pula.

Termasuk aku, belajar mengelola keuangan, ya, dari internet. Salah satu perencana keuangan yang sering kusambangi akun instagram milik Mbak Prita Hapsari Ghozie. Dari beliau, setiap awal bulan aku selalu membuat engkrengan atau catatan keuangan. Untuk apa saja gajiku selama sebulan ditambah pendapatan harian suami?


Kurang lebih begitulah engkrengan keuangan keluarga kecilku, dengan gajiku per bulan sekitar 3 juta dan pendapatan suami pas ada job per hari Rp 120.000.

Apakah dengan gajiku dan pendapatan suami seperti di atas #LoveLife keluarga kami mulus-mulus saja?

Guruku pernah berpesan,

"Semua pasti ada harga yang harus dibayar dari yang kita terima di dunia."


Diberikan-Nya aku tes kehidupan. Lagi.

Santai, bukankah sejatinya kita hidup untuk menghadapi tes demi tes kehidupan?

Dulu, pas masih jadi guru honorer dengan gaji yang hanya ratusan ribu bisa makan 'kan? Sekarang, gaji aman-aman saja, aku diberi lingkungan kerja yang menuntutku kerja berkali-kali lipat dari sebelumnya. Bahkan, aku sering cerita dengan suami, "Mau menyandarkan punggung saja sampai tak bisa."

Dari pukul 07.00 - 12.10 ngajar, setelah itu membina anak-anak yang lomba, salat, makan siang, lanjut membuat RPP untuk besok pagi. Pulang kerja pukul 14.00 saja belum tentu semua sudah beres. Mau tidak mau, saat bayiku tidur, aku membuka laptop lagi untuk melanjutkan pekerjaan yang belum terjamah. Hampir setiap hari seperti itu.

Kalau sesekali aku mengeluh, boleh 'kan? Menyerah, jangan!

Sebenarnya, dengan pola kerja seperti itu, ada satu hal yang kukhawatirkan, yaitu ambeienku. Semenjak kelahiran bayiku, yang saat ini sudah berusia 11 bulan, ambeienku sudah pernah bermasalah dua kali. Saat BAB tiba-tiba keluar darah mengucur dan itu membuatku keliyengan. Kalau sampai terjadi hal yang lebih dari itu, terus piye? Aku takut.

Ambeienku ini bisa kambuh begitu saja kalau pola makanku ngawur. Ini sering terjadi saat aku banyak kerjaan di sekolah dan tidak sempat masak. Jadi, makanan apa saja kulahap. Asal cepat. Tak jarang makan mie instan yang pedas sekali jadi langganan. Selain itu, bisa kambuh disaat aku sedang stres atau kelelahan bekerja.

Aku ada rencana ingin operasi saat bayiku berusia 2 tahun. Akan tetapi, rasa was-was kalau keadaan darurat terjadi selalu menghantuiku. Makanya, aku pernah bincang-bincang dengan suami, kalau mempunyai asuransi kesehatan lain yang bisa diandalkan saat keadaan darurat mungkin nggak ya? Asalkan preminya (bayar iurannya) tidak yang mahal-mahal lah.

Ternyata ada lho.

Yaitu, asuransi kesehatan dari Astra Life dengan nama produk Flexi Hospital & Surgical Protection. Adalah produk asuransi kesehatan yang diterbitkan oleh PT ASURANSI JIWA ASTRA yang memberikan manfaat penggantian biaya perawatan bagi kita dan keluarga dengan fasilitas cashless di rumah sakit di Indonesia dengan premi yang terjangkau.

Cashless?

Premi yang terjangkau?

Kenapa aku tertarik ingin tahu lebih jauh tentang Flexi Hospital & Surgical Protection? Ada beberapa hal, diantaranya akan aku bagi juga untukmu, siapa tahu kamu juga membutuhkannya.


Pertanyaan pertama setelah tahu nama produk asuransi kesehatan adalah, premi per bulannya berapa? Benar, bukan? Sama, aku juga. Nah, pada Flexi Hospital & Surgical Protection kita bisa menge-cek kira-kira besaran premi kita per bulan.

Caranya sangat mudah lho. Masuk saja di website ilovelife.co.id , kemudian pilih menu Health, klik Flexi Hospital & Surgical. Di sana ada pilihan untuk memasukkan data sesuai dengan keadaan kita. Aku sudah coba lho dan hasilnya seperti ini.

Tuh kan, premi per bulannya hanya Rp 134.800. Terjangkau bukan? Coba deh, kamu cek juga. Besar kecilnya premi ini dipengaruhi usia, harga rawat inap yang kamu inginkan, dan juga limit tahunan, ya. Pas aku baca di websitenya, asuransi kesehatan ini bahkan menawarkan premi mulai dari pembayaran premi Rp1.171.000 per tahun atau kalau dihitung per bulan hanya Rp 97. 583 ribu.

Selain menikmati kelebihan premi yang terjangkau, saat mendaftar asuransi kesehatan Flexi Hospital & Surgical Protection ini tidak perlu ada cek medis terlebih dahulu. Cukup mengisi data pernyataan kesehatan saja yang tercantum dalam website. Sudah, beres! Nggak perlu datang ke kantor. Semua kan serba online sekarang.

Kok ada keterangan free medical check-up?

Iya, tahu sendiri kan ya berapa biaya yang harus kita keluarkan kalau mau medical check up secara lengkap? Nah, kalau memiliki asuransi kesehatan ini, setelah dua tahun, kita bisa menikmati layanan free medical chesk-up lho. Agar lebih jelas, berikut aku tampilkan ilustrasinya.

Untuk jenis medical chek-upnya apa saja? Bisa dilihat di bawah ini, ya.


Asuransi kesehatan Flexi Hospital & Surgical ini memberikan perlindungan kesehatan yang komprehensif. Mulai dari biaya kamar dan akomodasi sampai biaya cuci darah. Semua akan dibayarkan sesuai tagihan. Oiya, aku ada ilustrasi berikut sebagai gambaran lebih detailnya, apa to yang dimaksud sesuai tagihan?

Berkiatan dengan cashless, kamu yang pernah menemani keluarga atau saudara yang dirawat di rumah sakit pasti tahu betapa lama dan repotnya mengurus administrasi saat masuk maupun kepulangannya. Pengalamanku dulu, perawat rumah sakit memberikan berkas pukul 10.00 dan ibu baru bisa dibawa pulang setelah aku selesai mengurus administrasi mendekati waktu ashar. Kalau dengan asuransi kesehatan yang membuat #TagihanRSjadiRingan ini kan tinggal menunjukkan e-card yang tersimpan di HP, urusan beres. Nunggu lama? Bye bye.

Kalau bisa memilih, siapa sih yang mau sakit? Kita kan hanya bisa berusaha dan mempersiapkan dengan baik apabila keadaan darurat terjadi sewaktu-waktu.

Flexi Hospital & Surgical Protection memberikan pembiayaan kamar rawat inap hingga 2 juta/hari. Perawatan penyakit tertentu yang membutuhkan proses berkali-kali tentu saja akan menghabiskan biaya yang cukup banyak. Memilih layanan Flexi Hospital & Surgical Protection adalah bentuk perlindungan yang tepat untuk kita dan keluarga.

Itulah informasi yang bisa kubagi setelah kupelajari lebih lanjut tentang asuransi kesehatan Flexi Hospital & Surgical Protection. Kamu bisa mengulik lebih lanjut melalui websitenya, yaitu ilovelife.co.id. Bisa juga mention dan tanya-tanya langsung lewat DM di instagram @ilovelife.co.id dan @astralifeid lho.

***

Yuk, kalau orang bilang generasi milenial sepertiku ini gila bekerja, okelah! Tapi, jangan sampai lalai dengan kesehatan. Atur waktu, atur keuangan, atur juga asuransi kesehatannya. Siapkan dari sekarang juga, jangan nanti!

Setiap pagi, setiap hendak pergi bekerja, niatkan selalu untuk kerja ikhlas, jujur, dan jangan pernah sombong. Insyaallah nanti akan diberikan jalan terbaik dari Allah.

Bismillah, 13 bulan lagi operasi ambeienku! 

Kerja maksimal, keluarga, ya, jangan ditinggal.


Sumber bacaan:

https://www.astralife.co.id/beta/wp-content/uploads/2022/05/Flyer-Fasilitas-Tambahan-Medical-CheckUp-Flexi-Hospital-Surgical.pdf

https://ilovelife.co.id/products/product-flexi-hs/5275

21 komentar:

  1. Nah asuransi seperti ini yang memudahkan karena ga perlu repot seperti dulu-dulu lagi yaa

    BalasHapus
  2. Persiapan keuangan untuk masa depan emang penting. Terutama dana darurat yng kt nggak tau kedepannya gimana. Tapi semoga saja sih kt semua senantiasa dalam lindungan Allah

    BalasHapus
  3. Bener banget walau gaji udah pasti dan lumayan, tetapi kebutuhan juga ga sedikit. Apalagi kalau ada musibah mendadak, pastinya perlu menyiapkan rencana kedua untuk mengamankan masa depan. Salah satunya dengan asuransi yang menjadmin kesehatan, terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  4. investasi tuh yang paling penting di jaman serba nggak pasti kayak sekarang ya mbak

    BalasHapus
  5. Persiapkan asuransi kesehatan selagi kondisi sehat dan bugar, jangan baru mikirkan asuransi setelah sakit. Beruntung sekarang ada produk baru dari ilovelife yang memberikan perlindungan kesehatan sesuai tagihan.

    BalasHapus
  6. Ternyata produk Flexi Hospital & Surgical Protection diprosesnya secara online saja ya .. mudah banget, sudah begitu, preminya bisa disesuaikan dengan kita.

    BalasHapus
  7. Iya sih, kalo dipikir2 sekali beli skincare aja berapa, makan di luar abis berapa tapi kok kalo buat asuransi mikirnya panjang bener yak

    Untung sekarang ada asuransi kesehatan dari astra life yang udah digital dan cashless

    BalasHapus
  8. Bisa dapat free medical check up setelah dua tahun. Lumayang banget sih ini asuransi yang mengerti banget kebutuhan konsumen

    BalasHapus
  9. ini sih best deal banget jadinya yaa, udah murah, bisa diakses online, terus cashless juga, akhir akhir ini emang lebih sering cashless kalo kemana mana jadi males ribet bawa uang cash hihi

    BalasHapus
  10. Asuransi kesehatan itu penting pastinya, yang beda dari Asuransi HS Astra itu sifatnya cashless, pembayaran premi pun bisa disesuaikan kondisi Kita. Nice info, nice sharing. Jadi belajar juga buat engga menyerah meski kondisi lagi sulit.

    BalasHapus
  11. Mba... Peluuukkk... Aku dulu pernah seperti mba, nangis sekeluarga karena cuma bisa makan nasi dan garam. Sudah lama sekali, ketika aku masih sekolah. Alhamdulillah masa-masa berat di keluarga sudah lewat, jadi pembelajaran hebat sekali.

    Alhamdulillah juga sudah diangkat PNS. Bisa nabung, jalan2, ikut asuransi, ya. Meski tentu saja beban pekerjaan bertambah, tapi insyaallah orang yang mencari ma'isyah akan mendapatkan pahala yg sangat besar dari Allah. Semangat mba!

    Terus Flexi HS ini mudah dan murah banget, ya. Aku bahkan kaget, nilai terendah preminya ada yang 97rb. Huaaa mending ikut asuransi lah ya daripada dipake jajan yg ga jelas.

    BalasHapus
  12. Kalau diperhatikan orang sskarang lebih sibuk mikirin investasi, padahal nggak punya asuransi. Kalau misalnya tiba-tiba harus bayar Rumah Sakit dan gak punya asuransi, habislah tabungannya, haha

    BalasHapus
  13. Dulu mikirnya, asuransi kesehatan tuh mahal..kepikir harus bayar berapa gitu preminya. Eh ternyata dengan asuransi kesehatan Astra Life Flexi Hospital Surgical Protection bisa lho punya asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  14. Terjangkau dan praktis, asuransi seperti ini yang jadi solusi di masa masa seperti sekarang ini.

    BalasHapus
  15. Kadang-kadang hal yang tak kita inginkan terjadi ya Ika, adanya proteksi yang kita miliki Insya Allah akan sangat membantu. Apalagi sekarang punya asuransi udah mudah banget, bisa dilakukan secara online gini.

    BalasHapus
  16. Perjuangan dan pelajaran hidup memang menjadikan kita semua dewasa yaa..
    Merasakan sekali bagaimana zaman dulu dan masa kini, sehingga perbanyak bersyukur ((pesan suamiku, huhu)) dan perencanaan sebaik-baiknya untuk keuangan masa depan, termasuk iya, ya... memanfaatkan Flexi Hospital & Surgical Protection dari Astra Life yang preminya terjangkau namun bisa mengambil manfaat jika terjadi hal-hal yang gak diinginkan di masa depan.

    BalasHapus
  17. memang kalau mendapat asuransi yang pas dan sesuai dengan kebutuhan akan sangat membantu yaaa

    BalasHapus
  18. punya asuransi itu seperti sedia payung sebelum hujan, mana tahu kan kita sakit itu kapan datangnya huhuh.
    Asuransi kesehatan Astra Life Flexi Hospital ini memberikan yang terbaik ya, tanpa harus tes kesehatan dulu untuk penentuan preminya, cover rumah sakitnya juga tinggi lho.

    BalasHapus
  19. Laily Fitriani2 Juli 2022 10.59

    Saat ini memang asuransi kesehatan diperlukan agar sebagai dana taktis, walaupun sebenarnya kita tak mengharapkan ada sakit atau musibah. Semoga kita sehat selalu. Amiin

    BalasHapus
  20. Memang, sering ada hal-hal di luar rencana. kalau kitanya nggak siap, nggak punya dana darurat, walau gaji sudah cukup, tetap saja kelabakan. Cara paling aman memang mesti ada asuransi kesehatan, ya, Mbak...

    BalasHapus
  21. Gak pake med check ya. Dan preminya juga terjangkau nih

    BalasHapus