Saturday, 13 July 2013

Cara Membuat Boneka Tangan dari Kain Perca


Dakron
Karena pengalaman susahnya mencari tutorial berbahasa Indonesia berkaitan dengan pembuatan boneka tangan, sekarang saya ingin berbagi cara membuat boneka tangan dari kain perca seperti tugas kuliah saya semester 6 ini. Namanya juga kain perca, hasilnya bagus tapi tak sebagus dengan boneka tangan yang terbuat dari kain yang masih mulus alias baru. Namun, kain perca ini tidak kalah menariknya untuk anak-anak kok. Jadi, untuk menghemat pengeluaran juga sekaligus menyelamatkan bumi kenapa tidak membuat boneka tangan dari kain perca saja?
Hari gini siapa yang tidak tahu boneka tangan? Anak-anak saja tahu. Selain boneka tangan ada juga yang namanya boneka jari. Diantara keduanya pasti sudah ketahuan bahwa ukurannya pasti berbeda. Boneka tangan > boneka jari.
Mau tahu bagaimana cara membuat boneka tangan? Yuk cek aja langsung. Mau langsung praktik boleh banget!

Bahan dan alat
ALAT DAN BAHAN
Alat
a.    Gunting
b.   Jarum pentul
c.    Tembak lilin
d.    Pensil
e.    Penghapus
f.     Spidol

Bahan
a.    Referensi gambar boneka tangan dari internet atau buku
b.   Flanel warna-warni
c.    Kain perca
d.    Lem lilin
e.    Dakron

PROSES PEMBUATAN

Pola
1.     Buatlah pola kepala, tangan dan baju di atas kertas HVS dan digunting sesuai pola.
2.  Gunakanlah pola yang telah jadi untuk dicetak pada kain flanel/kain perca dan kemudian gunting.






3.    Setelah pola jadi semua, maka pola tersebut dijahit.
Yuk dijahit! Bisa menggunakan mesin jahit atau pakai tangan
4.   Setelah selesai pola kepala dan tangan isilah dengan dakron secukupnya.
Rena mengisi poal yang sudah jadi dengan dakron
5. Jahit kembali setelah kepala dan tangan selesai diisi dakron.
6.    Gabungkan dengan baju yang telah dibuat.
7.  Pasang alis, mata, hidung, dan mulut untuk menghidupkan karakter dari boneka tangan.



Boneka tangan yang sudah jadi.
Bagaimana mudah bukan? Untuk boneka tangan hewan atau yang lainnya ada yang memiliki tutorialnya? Bisa juga dishare ya?
Oya, sebagai catatan, apabila akan mencari tutorial yang lainnya (boneka tangan) di Mbah Google, bisa menggunakan keyword bahasa inggris. Karena kebanyakan tutorial semacam itu berbahasa inggris. Selamat mencoba J




10 comments:

  1. lucuuuu... telaten ya mbak buatnya :D
    klo aku masih buat bros dari kain flanel..
    salam kenal mbak ika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga karena tugas kuliah Mbak, Hihihihi
      Tapi lumayan dapat pengalaman :)
      Salam kenal balik juga :)

      Delete
  2. thanks tutorialnya ^^

    Invite you to enter my giveaway
    Lotus Blossom Design Giveaway Win $50 gift card
    Hope you will join :) Thank you!

    New post Koleksi Terbaru Luch Luch Craft - Gantungan Binatang Lucu

    visit my blog
    www.luchluchcraft.blogspot.com
    www.tokoluchluchcraft.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. waah ini menuntut tangan2 yang terampil dong non, coba kalo jari jemarinya segedhe telo..hihii sukses ya untuk bonekaa tangannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, jarinya segedhe telo? Hahaha, nggak bisa bayangin mbak.

      Delete
  4. ini kayak si unyil itu kan hehe

    ReplyDelete
  5. bisa buat contoh untuk tugas anakku mak...kadang susah nyari ide hehehe....makasih bangetnya sharing ilmunya.......

    ReplyDelete
  6. Wahh artikelnya bagus dan bermanfaat banget nih
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    ReplyDelete
  7. wahhh kereenn. sangat kreatif..
    terima kasih untuk infonya, kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com yaa

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!