Thursday, 18 June 2015

Olahraga yang Paling Cocok untuk Bumil

Assalamualaikum.

Mentang-mentang puasa terus tidak olahraga. Ih, apaan tuh? Apakah ini berlaku juga untuk bumil? Iya dong. Meskipun sedang hamil olahraga itu penting juga.

Minggu lalu saat terbagun dari tidur malam, kaki saya rasanya keram sekali. Sakit. Sampai-sampai saya menangis. Untung saja dengan sabar suami mau mijitin. Tentu pertanyaan muncul dalam benak saya, kenapa ya? Apakah karena salah posisi tidur?

Sumber gambr di SINI
Bumil itu banyak pantangannya. Daripada mikir aneh-aneh, saya pergi deh ke bidan langganan. Saya menanyakan perihal keluhan saya. Apa jawabannya? Saya kurang olahraga. Jadi, kalau selama ini saya berpikir, ah kan saya IRT yang bekerja pula, kalau nyuci piring, nyapu halaman sambil nungging-nungging paling juga sudah termasuk olahraga. Ternyata salah!

Bidan langganan saya menyarankan kalau setiap pagi paling tidak saya olahraga jalan kaki selama 15 menit. Ya, kira-kira jalan 100 meter. Jadi, kalau bolak-balik ya 200 meter. Sanggup? Sudah saya coba, memang ada bedanya lho. Kaki saya sudah tidak lagi keram. Selain itu, bawaannya tubuh tambah segar banget.

Tak lupa saya tanyakan pula ke bidan langganan saya, apakah olahraga itu juga berlaku pula saat puasa? Jawabannya, iya. Tapi jaraknya dikurangilah. Kalau misal tidak kuat jangan dipaksakan. Terpenting lagi adalah asupan gizi yang masuk dalam tubuh bumil juga harus diperhatikan. Karena asupan gizi menentukan tumbuh kembang si jabang bayi selama di dalam kandungan sampai nanti. Seperti yang saya ceritakan di Hal-Hal yang Perlu Diketahui (Calon) Orangtua untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Nah, bumil lainnya, olahraga apa yang Anda lakukan? Sharing yuk!

4 comments:

  1. Selamat atas kehamilannya mbak Ika. Dulu pas hamil keluhan saya pas trisemester terakhir, kaki bengkak hiks karena jarang jalan pagi dan kerjaan menuntut duduk di belakang meja. Eia saya sekalian share tips jika anak demam nih : http://braveandbehave.blogspot.com/2015/06/cara-bijak-mengatasi-demam-pada-anak.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terima kasih Mbak. Eh bengkak juga ya? Saya juga sempat Mbak bengkak buat jalan-jalan jadi hilang bengkaknya.

      Delete
  2. Pas hamil dulu, olahragaku itu naik turun tangga kantor ;p.. ampe temen2 pada serem.. tp gmn lagi, kerjaan selalu ada senin - sabtu ;p Minggu mah waktunya kumpul di rumah... jd drpd ga olahraga samasekali, aku naik turun tangga aja :D.. itu juga bkin ngos2an mba ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew turun naik tangga? Cukup ekstrim ya mbak? Tapi semua baik2 saja kan mbak.

      Delete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!