Tuesday, 9 June 2015

Hal-Hal yang Perlu Diketahui (Calon) Orangtua untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Assalamualaikum.

Langit agak mendung saat kami, saya dan suami, hendak pergi ke Semarang. Hari Minggu ini memang berbeda dari biasanya. Kalau rutinitas hari Minggu lainnya kami hanya di rumah menikmati hari libur kali ini saya (khususnya) akan menimba ilmu parenting di Hotel Santika Premier Semarang.

Setelah nyasar sana-sini karena ada CFD di simpang lima Semarang, akhirnya kami sampai juga di lobi hotel. Di luaran hotel sudah banyak sekali terpampang umbul-umbul bertuliskan “Aku dan Kau suka Dancow”. Ya, saya mendapat kesempatan emas dari komunitas blogger Gandjel Rel untuk mengikuti #DancowParentingSeminar yang bertema "Maksimalkan Perlindungan Si Kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi Tepat". Beruntungnya diri ini.

Pengumuman acara #DancowParentingSeminar
Seminar ini adalah seminar yang paling berkesan diantara seminar-seminar yang pernah saya ikuti selama kuliah dan kerja. Kenapa?
  1. Moderatornya adalah artis idola saya, Shahnaz Haque.
    Siapa sih yang tak kenal perempuan inspiratif yang satu ini?
    Foto dokumen pribadi
  2. Kehadiran narasumber yang berkompeten di bidangnya. Ada Bu Tati ( Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc) yang ramah dan bijaksana, Bu Ratih ( Dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psi) yang humoris, dan dokter paling muda dan cantiknya melebihi kecantikan di fotonya, yaitu dr. Vinka Desria atau akrab disapa dr. Vinka.

    Narasumber yang kompeten di bidangnya
    Foto Dokumen Mbak Inung
  3. Seminar tidak membosankan (meskipun mulainya agak molor *hihihi) dan sangat komunikatif.
  4. Acara bertabur hadiah.
    Bumil juga kebagian hadiahnya.
    Foto dokumen @DancowCenter
  5. Materinya sangat dekat dengan saya, calon ibu.
    kiri-kanan, Mbak Noorma, saya, Mbak Inung, dan Mbak Unik.
    Foto Dokumen dari Mbak Inung
Ngomong-ngomong soal materi, sebenarnya pas dapat kesempatan untuk ikut seminar ini saya sempat berpikir, "Akankah tema ini sesuai dengan saya? Kan baru hamil. Dilihat dari temanya saja sudah jelas kalau pembahasan akan lebih condong ke perkembangan anak-anak." Eh, setelah di sana baru deh saya sadar, justru acara ini sangat bagus untuk saya yang baru hamil. Bukankah nantinya saya akan menjadi seorang ibu?

Nah, bagi teman-teman yang belum mendapat kesempatan untuk ikutan #DancowParentingSeminar, saya akan berbagi apa yang saya dapatkan dari #DancowParentingSeminar berkaitan dengan Hal-Hal yang Perlu Diketahui (Calon) Orangtua untuk Tumbuh Kembang Si Kecil nantinya.
  1. Bagi jomblo, temukanlah jodohmu dengan segera. Nah, apa hubungannya? Hihihi. Kalau yang namanya sudah jodoh akan ada cinta, laki-laki, dan perempuan, kemudian menikah, syukur-syukur langsung diberikan keturunan. Inilah cikal bakal kehidupan. Jadi, segera temukan jodohmu. Emang bisa? *Lah
  2. Anak itu adalah berkah dan karunia Allah. Bersyukurlah bagi kita yang sudah memiliki anak atau sedang hamil. Di luar sana banyak lho yang sudah menikah bertahun-tahun tapi belum diberikan kesempatan sama Allah untuk memiliki anak. Mari bersyukur, alhamdulillah.
  3. Tumbuh kembang anak itu bergantung cinta ayah dan ibu, bukan hanya ibu saja lho ya. Jadi, kalau masih ada anggapan kalau anak itu urusan ibu, no no no! Emang anaknya siapa? Berdua kan?
  4. Persiapan kesuksesan tumbuh kembang anak itu dimulai sejak awal program kehamilan (sebelum hamil), selama hamil, dan seterusnya. Ini nih yang membuat saya manggut-manggut, iya ya, selama ini banyak banget orang (termasuk saya) yang mens-nya telat kemudian baru diperiksakan, tahu hamil, baru deh menjaga pola makan dan hidup. Nah lhooo!
  5. Menjadi orangtua itu tidak ada sekolahnya. Jadi, kalau sudah memutuskan untuk menikah, jangan pernah berhenti belajar. Belajar bisa dari mana saja, dari lingkungan, baca buku, cari informasi dari internet, ikut seminar semacam #DancowParentingSeminar, atau tanya kepada ahlinya. Jangan mau jadi orangtua yang gaul di sosmed tapi nggak gaul sama info parenting!
  6. Berikan yang dibutuhkan anak bukan hanya yang disukai anak. Misalnya, 
  7. Tiga hal penting yang dibutuhkan oleh anak adalah nutrisi, attachment (kelekatan), dan stimulasi.
  8. Nutrisi, menurut dr. Vinka ada tiga nutrisi penting, pertama, nutrisi untuk perlindungan, terdiri dari: serat pangan (contoh inulin), probiotik, vit A, C, E, mineral Selenium, dan Zink, serta perkembangan otak. Kedua, nutrisi untuk otak, terdiri dari: minyak ikan-DHA, LA, ALA, kolin, dan pertumbuhan. Ketiga, nutrisi untuk pertumbuhan, terdiri dari, protein dan kalsium.
  9. Attachment (kelekatan) adalah ikatan emosional antara anak dengan ibu atau pengasuhnya. Kapan terakhir Anda memeluk anak Anda? Kegiatan sepele tapi akibatnya begitu luar biasa. Tadi pagi saya baca berita ada lho seorang ibu yang sekarat bisa sadar karena pelukan dari bayinya. Keren banget ya? Inilah pentingnya attachment. Dan taukah Anda? Attachment yang baik akan menjadikan anak tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan mandiri. Karena attachment adalah ruh bagi setiap anak.
  10. Stimulasi. Stimulasi yang tepat itu yang seperti apa? Stimulasi dari orangtua yang mampu menjadikan dirinya sebagai contoh. Inilah jawaban dari pertanyaan bahwa keluarga (ayah dan ibu) adalah sekolah pertama bagi anak. Satu lagi stimulasi yang sering terlupakan adalah pujian. Ya, jangan pelit pujian bagi anak!
  11. Tak ada yang mahal untuk bisa sehat. Untuk memberikan yang terbaik bagi anak tak perlu kok yang mahal-mahal. Terutama masalah nutrisi. Salah satu nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak adalah probiotik. Nah untuk mendapatkannya Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena tempe adalah salah satu makanan yang banyak mengandung probiotik lho. Tahu wortel? Wortel itu ketika dimasak akan menjadi MSG alami. Jadi, sehat tak perlu MSG tambahan. Bagaimana? Sehat itu murah bukan?
Nah, itulah Hal-Hal yang Perlu Diketahui (Calon) Orangtua untuk Tumbuh Kembang Si Kecil. Mau memiliki anak yang tumbuh menjadi individu yang cerdas, dan sehat? Mau mau mau. Yuk, belajar lagi menjadi (calon) orangtua yang cerdas bagi anak-anak kita! Tak ada kata terlambat.

Oya, jangan lupa untuk update terus pengetahuan kita tentang tumbuh kembang si kecil dengan mengakses www.dancow.co.id/dpc, FB: Dancow Parenting Center, atau follow twitter @Dancowcenter.

Foto bersama anggota Gandjel Rel
Foto dokumen dari Mbak Inung
Terima kasih Dancow, terima kasih Gandjel Rel :)

16 comments:

  1. Acaranya keren ya. Berharap acara ini lanjut ke Jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semogaaaa mbak. Nanti kalau ada di jogja jangan sampai ketinggalaan ya.

      Delete
  2. Senangnya ya Mbak bisa ikut acara ini sgt byk informasi penting yg didapat..nice post..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Informasinya sangat bermanfaat.
      Terima kasih mbak.

      Delete
  3. Terima kasih untuk informasi yang dibagikan. Setidaknya ilmu yang dibagikan bisa dijadikan rujukan ketika menikah nanti dan tidak kebingungan lagi ketika memiliki anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama :D
      Kalau bingung ke blog saya aja lagi. Hihihi.

      Delete
  4. Harus jaga pola makan sejak sebelum hamil ya, mba? Btw, selamat dapet hadiah dari Dancow. Ada mba Noorma juga ya dateng di eventnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, sebelum hamil kita sudah harus mempersiapkan pola makan dna hidup kita.
      Terima kasih Mbak :D
      Iya, ada Mbak Noorma. Saya baru pertama kali bertemu ya di acara Dancow ini.

      Delete
  5. Infonya keren, bikin mupeng. Btw, emang bersyukur banget diamanhi keturunan, kakak fenny bertahun-tahun blm hamil juga *eh malah curcol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, jangan sampai kita lupa diri.

      Delete
  6. Replies
    1. Hihihi...biar adik Nofa seneng ya Mbak :D

      Delete
  7. Iya, sesama bumil awalnya ragu, tapi ternyata bermanfaat banget isinya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya ada pernyataan jangan lihat dari kulitnya, eh!

      Delete
  8. Yup, 3 hal penting, nutrisi, kelekatan, stimulus..
    Daku sdg berusha melakukan 3 hal itu mak sebaik mungkin
    Tengkiu infonya yak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mak.
      Sukses selalu untuk usahademi memberikan yang terbaik bagi anak2.

      Delete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!