Thursday, 10 September 2015

Singkong Goreng Gurih dan Renyah

Assalamualaikum.

Singkong Goreng Gurih dan Renyah. Lihat singkong yang baru dipanen, tangan saya kok gatel banget. Pengennya dimasak apa gitu.


Singkong sering dikenal sebagai jajanan wong ndeso. Kandungan karbohidrat pada singkong-lah yang menjadikan bahan makanan ini menjadi salah satu makanan pokok orang jaman dulu. Hanya diolah dengan cara direbus atau dikukus saja juga sudah bisa dinikmati.

Saat ini banyak inovasi yang dilakukan untuk mengolah singkong ini. Misalnya keripik singkong yang diberi bumbu beraneka ragam, kue bolu, atau singkong goreng yang disiram dengan saus.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati singkong tapi tidak mau terlalu rempong, bisa membuat singkong goreng gurih dan renyah ala saya ini. Eits, sebelum memasak, Anda harus tahu singkong yang enak itu yang seperti apa. Pertama, singkong yang masih baru, apalagi baru dipetik. Kedua, pilih singkong yang kulit dalamnya berwarna pink. Saat membeli bisa dikelupas sedikit kulit luarnya, kalau kulit dalamnya berwarna  pink, beli deh.

Sebelum memasak, siapkan dulu:
Bahan:
  1. Singkong

Bumbu yang dihaluskan:
  1. Ketumbar secukupnya
  2. Bawang putih 2 siung
  3. Garam secukupnya
  4. Penyedap rasa (optional)

Cara membuatnya:
  1. Kupas singkong, potong dadu besar (sekali lahap) , dan cuci sampai bersih.
  2. Campurkan semua bumbu, haluskan.
  3. Rebus singkong dengan air yang sudah dicampur dengan bumbu. Tunggu selama 10 menit.
  4. Angkat. Tiriskan.
  5. Goreng dengan minyak panas sampai warnanya sedikit kecoklatan.
Singkong Goreng Gurih dan Renyah pun siap dihidangkan dalam keadaan hangat. Bisa juga ditambahkan dengan parutan kelapa, keju atau juroh (gula merah yang dicairkan). Selamat mencoba ya^^

11 comments:

  1. apa bedanya dengan singkong keju yang pinggiran jalan itu ? enaak :D

    ReplyDelete
  2. wah enak sekali mbak ika..doyan banget aku ama singkong ini..biasanya aku beli singkong keju buat camilan :)

    ReplyDelete
  3. Wah ini enak sekali, singkong original :D Dimakan sambil cocol sama saos sambal

    ReplyDelete
  4. ooh jadi caranya direbus dulu ya, supaya renyah :) pengen nyoba ah

    ReplyDelete
  5. Singkong sekarang udah naik kelas Mba, di restoran2 ada, hotel kelas bintang lima pun ada dan harganya mahal :D
    Jadi bukan jajanan wong ndeso aja sekarang hehehe
    Singkong baru cabut itu biasanya pulen ya Mba .....

    ReplyDelete
  6. Wadoh pagi pagi belum sarapan baca kayak gini, jadi laper.. Tanggung jawab hlo mbak !!! :D

    ReplyDelete
  7. oh gitu cara bikinnya supaya renyah ya mbak. Makasih resepnya ya. Makasih juga sudah mampir,maaf baru bisa mampir balik

    ReplyDelete
  8. Oo ada ketumbarnya tho... biasanya saya hanya pake bawang. Sippp mbak..., makasih banyak sharenya yaaa :)

    ReplyDelete
  9. o ternyata kuncinya ada ketumbare ya mb ika :)
    cobain ah kapan hari

    ReplyDelete
  10. wah boleh dicoba nih besok pagi nyabut singkong dulu di kebon buat praktek resep ini

    ReplyDelete
  11. Aiih, udh lama gk mkn singkong. Baca ini jd pingin :(

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!