Wednesday, 27 April 2016

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil



HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil. Apa sih pentingnya tidur nyenyak bagi si kecil? Ada yang menyebutkan bisa mempengaruhi kesehatan, kemampuan kognitif, dan mood si kecil. Poin terakhir, saya setuju banget. Pasalnya, Kak Ghifa sering rewel kalau tidurnya tak nyenyak. Apa yang bisa saya lakukan agar tidurnya nyenyak? Salah satunya membunuh nyamuk yang nakal.

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil
HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil
Pernah suatu ketika, seharian, Kak Ghifa jadi anak yang rewel banget. Semua berawal karena tidurnya tak pulas. Kelambu yang kami pakai terbuka pintunya dan nyamuk pun melenggang kangkung mengganggu tidur kami.

Dulu, kelambu saya pilih sebagai pelindung tidur karena sangat dianjurkan oleh bidan dan keluarga. Tapi, makin ke sini ada banyak masalah yang datang. Salah satunya adalah biang keringat Kak Ghifa.

Rumah kami berbahan dasar kayu, tak ber-AC, dan kami tidur memakai spring bed. Tahu sendiri kan ya kalau spring bed itu akan terasa panas saat ditiduri ketika musim kemarau datang. Nah, saat kelambu saya gunakan kemudian alas tidurnya spring bed, alhasil bagaikan berada di tempat sauna. Kipas angin saya hidupkan semalaman, pagi hari Kak Ghifa malah batuk-batuk. Nggak pakai kipas panas banget, tidur Kak Ghifa nggak nyenyak dan dia jadi berkeringat. Karena kulitnya sensitif, biang keringat langsung bermunculan. Makin nggak nyenyak deh tidurnya. Serba salah kan. 

Apa pentingnya Si Kecil tidur nyenyak?

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil. Semakin besar, lama tidur si kecil dan jumlah sering tidaknya tidur sekecil dalam sehari itu berubah. Saat usianya masih di bawah 5 bulan, Kak Ghifa bisa tidur 4-5 kali dalam sehari. Sekarang, saat usianya 7,5 bulan, dalam sehari hanya tidur 2-3 kali. Makanya saya selalu berusaha membuat tidur Kak Ghifa selalu nyenyak.

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil
Foto diambil dari instagram Mommy.101
Saat tidurnya nyenyak dan lama, Kak Ghifa akan bangun dengan ceria. Senyumnya akan selalu mengembang. Meskipun saat bangun saya tak ada di sampingnya, dia akan bermain di atas kasur, atau bersuara eh eh, seperti memberikan tanda, “Ummi, Kak Ghifa sudah bangun.”

Kalau tak nyenyak? Dijamin, bangun pun akan menangis, ihik-ihik terus, nangis tanpa sebab, ditawarin mainan ditepis, dan nggak bisa diatur. Kalau sudah seperti itu ya saya jadi bingung sendiri, “Ini anak maunya apa coba?”

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil

Menurut para ahli, tidur nyenyak menjadi salah satu penunjang tumbuh kembang Si Kecil. Tidur nyenyak pun digadang-gadang mampu mempengaruhi tumbuh kembang otak yang berkaitan dengan tingkat kecerdasan, berakal, dan pola pikir yang jernih. Hal itu dikarenakan ¾ dari hormon pertumbuhan tubuh dihasilkan saat Si Kecil tidur. Perlu diketahui pula, bahwa tidur tepat waktu dan rutin tidur siang juga menyumbang hal tersebut lho.

Bagaimana caranya agar Si Kecil tidur nyenyak?

Setelah usia di atas 3 bulan, Si Kecil akan tidur selama 13-15 jam sehari. Tetapi hal ini tidak bisa dipukul rata pada setiap anak. Ada yang butuh waktu tidur yang lama maupun sebentar. Terpenting, sebagai ibu kita harus bisa membantu Si Kecil untuk tidur nyenyak. Baik untuk tidur siang maupun malam hari.

Setiap ibu mendambakan Si Kecil tidur dengan nyenyak. Selain untuk faktor tumbuh kembangnya, kita juga bisa melakukan kegiatan yang lainnya. Ada  9 cara yang saya lakukan agar Kak Ghifa tidur dengan nyenyak.

1. Menyalakan HIT obat nyamuk
Setelah ada kasus kelambu yang sering terbuka pintunya, biang keringat Kak Ghifa, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil. Dari sekian banyak produk HIT Obat Nyamuk, saya menggunakan HIT NON STOP dan HIT One Push.

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil
HIT NON STOP
HIT NON STOP, saya gunakan di kamar dan di ruang tengah. Dengan harga isi ulangnya kurang dari Rp 15.000, HIT NON STOP ini bisa melindungi Si Kecil kurang lebih satu bulan dengan penggunaan rata-rata 8 jam-an. Seringnya, saya kelupaan mencabut kabelnya. Jadi, sepanjang hari tetap menyala dan bisa bertahan hinggan 20 hari-an. Aroma floral jadi pilihan saya untuk produk HIT cair ini.

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil
HIT One Push
HIT One Push, sesuai namanya, sekali tekan saja sudah cukup, nyamuknya pada mati. Apakah hanya nyamuk? Tidak, serangga seperti kaper, semut, kecoa dan teman-temannya kalau kena langsung KO. Untuk produk yang satu ini saya semprotkan 30 menit sebelum Kak Ghifa masuk kamar. Jadi, saat masuk kamar, hem, aroma green tea sudah memenuhi sudut kamar. Dan tak jarang saya menemukan nyamuk yang pada KO.

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil

Menggunakan HIT Obat Nyamuk, tidur Kak Ghifa nyenyak, saya dan suami pun bangun dengan fresh. Karena apa? Kak Ghifa nggak apakai rewel-rewel lagi karena digigit nyamuk. Lebih penting lagi, dengan produk HIT, tak perlu khawatir akan ada asap dan abu lagi. Karena yang ada adalah aroma wangi yang bisa juga kita pilih sesuai dengan pilihan kita.

2. Mengenali tanda kantuk
Secara umum, Si Kecil akan menguap, mengucek mata saat merasa ngantuk. Kak Ghifa pun seperti itu, semakin ngantuk dia akan sedikit rewel, ihik-ihik, dan merangkak ke arah saya meminta menyusu dan gendong. Kalau sudah seperti itu, Kak Ghifa pasti sudah ngantuk.

3. Melakukan ritual sebelum tidur
Kalau sudah ketahuan mengantuk, saya mengajak Kak Ghifa untuk cuci tangan, kaki, dan muka dengan air hangat. Setelah itu, mengganti baju dan diapernya , dilanjutkan memberikan minyak telon atau minyak kayu putih di bagian tubuhnya, seperti: perut, tengkuk, telinga, dan kepala bagian depan (mbun-bunan).

4. Mematikan lampu
Semenjak baru lahir, Kak Ghifa sudah saya biasakan untuk tidur dalam keadaan kamar yang redup. Itu saya lakukan karena saya dan suami memang terbiasa tidur dalam keadaan seperti itu. Akan tetapi, tidur dengan keadaan kamar yang redup dipercaya bisa membuat Si Kecil bisa membedakan waktu siang dan malam, otak dapat berisitirahat, Si Kecil lebih mudah terlelap.

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil

5. Mengatur suhu kamar
Si Kecil akan terganggu tidurnya karena diaper yang basah, lapar, kepanasan/kedinginan. Kak Ghifa termasuk anak yang nggak bisa kalau nggak pakai kipas angin, baik itu yang listrik atau kipas tangan. Oleh karena itu, sebelum tidur kipas angin sudah dinyalakan agar nyamuk pada kabur dan suhu di kamar sejuk.

6. Menyusui sampai tertidur
Jangan biarkan Si Kecil merasa lapar saat tidur. Dijamin akan terbangun dan rewel. Pukul 19.00, saya sudah bersiap untuk ngelonin Kak Ghifa. Langkah di atas saya lakukan dan segera menyusuinya. Saat kenyang, Kak Ghifa akan berhenti menyusu dan tidur secara pulas. Semalaman, Kak Ghifa biasanya bangun 3-4 kali untuk menyusu kembali.

7.Bersenandung
Inginnya saya membacakan dongeng buat Kak Ghifa. Tapi, saat ini Kak Ghifa belum bisa diam mendengarkan. Setiap kali menyusu saja dia harus pakai acara guling-guling dahulu sebelum akhirnya mau tidur. Pernah juga saat saya ajak mengaji, tahu-tahu alquran dimakan terus dirobek karena basah kena air liurnya. Jadi, bersenandung sholawat nabi-lah pilihan saya saat ini.

8. Membelai kepala, menepuk pantat, atau mengusap lembut punggung
Saat bersenandung, tangan saya tak diam saja. Tangan kiri pegang kipas tangan, sedangkan yang kanan secara bergantian membelai kepala, menepuk pantat, atau mengusap lembut punggung Kak Ghifa agar merasa nyaman dan segera terlelap.

9.Membisikkan doa dan memutar musik
Cara ini saya lakukan saat Kak Ghifa sudah mulai tidur terlelap. Saya bisikkan doa sebelum tidur dan saya putarkan playlist di HP berupa murotal yang akan terus berputar dengan volume kecil sampai pagi hari saat dia bangun.

HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil
Kak Ghifa yang ceria
Itulah rahasia saya agar Kak Ghifa bisa tidur nyenyak. Tapi yang pasti saya tetap memilih HIT Obat Nyamuk, Teman Tidur Nyenyak Si Kecil. Kalau Anda, punya cara rahasia apa agar Si Kecil bisa tidur nyenyak? Boleh lho dishare di kolom komentar.

12 comments:

  1. Mbaaak, hit semprot maupun yang hit non stop itu bahaya buat pernafasan bayi,gak? Sungguh dakupun butuh utk beresin nyamuknyamukinih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini belum ada keluhan, Dek. Saya sudah pakai sejak kuliah yang HIT elektrik dan aman-aman saja. Tapi untuk yang punya permasalahan dengan saluran pernafasan harus konsul sama dokter dulu.

      Tapi HIT ini termasuk yang memiliki inovasi bagus lho. Kalau dulu ditarik karena baunya yg sangat mengganggu, kini kan aromanya sangat wangi dan beragam jenisnya.

      Delete
  2. Kalau aku digigit nyamuk gak terasa Mbak. Cuman kalau ayahnya anak-anak digigit sekali aja langsung terjaga. Jadi dia malah lebih sensitif terhadap nyamuk. Ada satu nyamuk aja dijamin dia gak bisa tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...berarti kepluk ya Mbak tidurnya alias kalau tidur ya sudah nggak terasa apa-apa lagi. Hihihi. Kasian suami Mbak.

      Delete
  3. aku suka dengan HIT, baunya gak bikin nyesek

    ReplyDelete
  4. saya sejak anak2 bayi udah pake HIT mbak Ika....krn baunya yg tdk nyegrak dan manjur bgt

    good luck ya mbak

    ReplyDelete
  5. Saya pengguna HIT, baik elektrik (buat ruang tamu) dan HIT spray (ini klo urgent buat ngusir kecoa dan semut). Klo wanginya saya suka yang green tea

    ReplyDelete
  6. Nyamuk emang musuh di rumah ya..kasian anak-anak kalau nggak nyenyak tidur gara-gara gangguan Nyamuk.
    Makasih tipsnya mba Ika.

    ReplyDelete
  7. HiT ini aman ya Mbak untuk anak bayi? Waaaah tipsnya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  8. tidur seorang anak untuk keehatan dengan hit jadi aman ga terganggu nyamuk ya

    ReplyDelete
  9. Saya lebih suka pakai yang HIT elektrik dan ampuh buat saya tidur nyenyak. Malah ibu dikampung ikutan minta dibelikan juga seperti yang saya pakai.

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!