Tuesday, 7 February 2017

Apa Enaknya Belanja di Alfamart dan Indomaret?




"Kemarin aku beli tisu di Indomaret cuma 17.000. Tak pikir sudah paling murah. Eh, di Alfamart dua pack tisu hanya 25.000!" menyesal tiga hari tiga malam. 

Pernah mengalami kejadian tersebut juga?

Masalah harga belanjaan, kalau perempuan, cuma selisih 500 juga dikejar. Benar nggak? Rasanya ada kebanggaan tersendiri kalau bisa dapetin barang dengan harga paling miring. Lumayan, 500 bisa masuk celengan. Coba angkat tangan yang sepakat! Nggak sepakat? Pasti uangnya melimpah ini. Hihihi. Aamiin.


Pas aku masih single, kayaknya belum ada sih pikiran kayak gitu. Belanja ya belanja aja. Soalnya kan uang masih nodong bapak ibu. Apa memang ini naluri seorang emak-emak dalam hal atur uang suami buat belanja? Semakin banyak barang yang bisa dibeli dengan jumlah uang minimum artinya makin kece. Hihihi.

Apalagi kalau lihat promo atau diskon. Duh, gatel banget pengen beli. Mumpung murah gitu. Kalau bisa malah beli banyak sekalian buat persediaan minggu depan, bulan depan, bahkan tahun depan. *eh* Ya kalau ada uangnya, kalau nggak?

Ngomongin soal promo atau diskon, aku selalu menggunakan kesempatan itu untuk bisa belanja lebih hemat. Di mana ku temukan promo ini? Di minimarket yang menjamur di mana-mana. Pastinya yang dekat dengan rumah atau sering ku lewati saat kerja. Yap, Alfamart dan Indomaret.


Bedanya belanja di Alfamart dan Indomaret

Dua minimarket ini tuh saingan ya? Di mana ada Alfamart di situ ada Indomaret. Bahkan hadap-hadapan lho. Sebagai konsumen kalau aku sih mana yang kasih diskon di situ aku mampir. Hihihi. Kalau mau tahu ada promo apa saja, aku biasanya searching di Google dengan keyword promo Alfamart atau promo Indomaret sebelum meluncur ke sana.

Barang apa saja sih yang sering kubeli di minimarket tersebut? Apa saja ku beli. Terutama yang lagi promo. Misalnya, tisu, deterjen, pewangi baju, sabun cuci piring, pewangi lantai, obat pembersih WC, minyak goreng, diaper, sosis, yogurt, susu UHT, roti, hand and body, deodorant, shampo, dan masih banyak lagi.

Hasil baca-baca tulisan teman bloger yang tahu soal perencanaan keuangan yang baik, akan lebih baik kalau kita belanja keperluan keluarga itu pas habis saja. Kuikuti deh saran tersebut. Setelah ku hitung-hitung ternyata paling tepat kalau belanjaku itu seminggu sekali. Pas deh dengan promo JSM yang ada di kedua minimarket tersebut.

Belanjaanku di Indomaret

Terus apa bedanya belanja di Alfamart dan Indomaret?

Belanja di Alfamart
  1. Di Alfamart ada promo JSM (Jumat, Sabtu, dan Minggu).
  2. Ada juga promo setengah bulanan. Misalnya, promo tanggal 1 - 15 Februari 2017 atau 16 - 28 Februari 2017.
  3. Kalau punya kartu member bisa dapat potongan lagi. Selain itu setiap belanja dapat poin. Kalau sudah terkumpul bisa ditukar atau buat bayar barang yang kita beli. Aku pernah nukerin poinku dengan pewangi baju. Awalnya harganya 10.500 karena aku punya poin sebesar 6.500 jadi tinggal bayar 4.000 saja.
  4. Di waktu tertentu ada program ngumpulin stamp. Kalau kita beli produk sponsor sekian rupiah nanti akan mendapat stamp. Berlaku kelipatan.
Belanja di Indomaret
  1. Di Indomaret ada promo JSM (Jumat, Sabtu, dan Minggu).
  2. Ada juga promo setengah bulanan. Misalnya, promo tanggal 1 - 15 Februari 2017 atau 16 - 28 Februari 2017.
  3. Kalau punya kartu member akan dapat potongan 10%. Kalau sudah terkumpul jumlah potongannya juga dapat ditukarkan atau dipakai untuk membeli barang.
  4. Banyak yang bilang kalau Indomaret itu harganya lebih miring dibandingkan sama Alfamart. Ini sih berlaku harga normal, bukan saat promo. Kalau promo seringnya sama sih di barang yang sama. Kalaupun beda ya nggak sampai 1.000an.
Oiya, selain belanja di dua minimarket tersebut, aku juga sering berburu promo di Alfacart.com dulu namanya Alfaonline.com. Iya, ini adalah Alfamart versi online. Tapi lebih lengkap. Soalnya tersedia juga baju, alat elektronik, peralatan dapur, alat kantor, komputer, dan masih banyak lagi. Kalau Indomaret kayaknya emang nggak ada versi online. Kalau ada tolong colek aku ya.

Apa bedanya Alfacart.com dengan Alfamart biasa? Harga barang tertentu sering beda harganya. Lebih murah yang di Alfacart.com. Misalnya nih ya, diaper merek GOON kalau di Alfamart sudah promo harganya 33.000, eh di Alfacart.com cuma 30.500. Selisih 2.500 kan? Bisa dapat sekotak susu UHT untuk Kak Ghifa. Lumayan.
Tuh tuh ada promo belanja 1 rupiah

Kan online? Apa nggak kena biaya ongkir? Di Alfacart.com ada layanan ambil di toko kok. Jadi, nggak harus bayar ongkir. Enak kan. Selain itu, di sana juga bisa lho berburu barang dengan harga 1 rupiah. Promo ini hanya berlaku di jam-jam tertentu. Kalau mau cobain pantau aja terus web Alfacart.com. Enak kan? Tapi, nggak enaknya kalau beli lewat Alfacart.com itu kan ada batas waktunya, misalnya kalau saat ini mau beli diaper, nggak bisa langsung diambil saat ini juga. Bisanya nanti beberapa jam kemudian bahkan kalau kemaleman harus diambil besoknya. Mau ambil belanjaan tapi anak rewel? Bisa kok diambil oleh orang lain, misal suami. Karena di sana ada pilihan waktunya mau ambil pukul berapa dan siapa nama orang yang mengambilnya.

Saranku, kalau misalnya kamu mau belanja jangan lupa tulis dulu daftar belanjaan dari rumah. Cantumkan juga harganya. Misalnya pas kamu beli di minimarket kok harga di label tidak sama dengan harga promo, jangan sungkan untuk bertanya dulu dengan Mbak/Mas kasir. Bukan perkara gila promo atau gimana, kadang pegawainya lupa mengganti atau bisa jadi ada oknum pegawai yang nakal.

Kalau ditanya, apa enaknya belanja di Alfamart dan Indomaret? Enaknya ya kalau ada promo belanja. Kalau nggak ada promo ya belanja di toserba dekat rumah saja.

Bagaimana, mau nyoba belanja juga di Alfamart dan Indomaret atau di Alfacart.com? Atau punya pengalaman yang sama juga denganku? Asyik kan kalau belanja pas ada promo?

27 comments:

  1. Kita samaan mbk... Aku juga suka berburu promo jsm.. Semua yang ada promo jsm tak ikutin.. Giant lah, hylermart lah, lottemall lah.. Sampe buahpun huntingnya yang promo2.. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...tossss

      Wah, kalau aku yg deket ya alfamart dan indomaret, Mbak. Giant jauuhhh

      Delete
  2. Aku mah sering belanja di alfamart karena dekat rumah heuheu, dan kadang di indomaret kalau pas mau mudik beli cemilan dan minuman ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 minimaket ini memang andalan kalau mudik ya mbak. Soalnya mudah ditemuin sih ya.

      Delete
  3. astaga mbak ika, sampai segitu tahunya ya, hebat, aku mah asal dekat tempatku saja

    ReplyDelete
  4. Dimana ada alfamart ada indomart apa mereka kakak adekan ya wahahahah.
    Kalau aku sebagai cowok sih belanja ya belanja aja mbk.

    Eh tapi aku pernah sekali beli promo pas JSM aku beli perlengkapan pembersih wajah dulu sepaket murah banget hihihi.

    ReplyDelete
  5. Ha..ha, sama mbak. Aku juga sering berburu beli 2 dapat 3. Klo ga gitu, pas pergi luar kota..krn indomaret/alfamart gampang nyarinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sarimi, minuman, sering tuh beli 2 dpat 3.

      Delete
  6. Betul betul betul! Pas Indomaret buka banyak cabang di Bengkulu, Alfamart langsung ikutan :p Aku sih tergantung kebutuhan beli apa Kak Ika, jarang berburu diskon, maklum masih single, belum masuk tahap yang eman-eman banget sama uang belanja :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalau udah bersuami dan beranakan, tolong diingat-ingat ya dek pesanku ini. wkwkwk

      Delete
  7. YA gimana ya? di desaku adana indomaret Mbak, gada pilihan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..ayo mbak buat peluang dgn ikut waralabanya, Mbak *kompor

      Delete
  8. hampir setiap hari ke alfamart atau indomaret. pulang sekolah anaku minta jajan mulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk..
      Asal jgan jajanan yg impor dan mehongbitu aja Mbak. Bisa jeboooll

      Delete
  9. Yg jelas dekat rmh, jd sering belanja di mininarket hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat!
      Terima kash ya Mbak sudah mampir.

      Delete
  10. Belum pernah belanja di Alfacart.com, ternyata bisa ambil brg ditoko. Tipsnya boleh banget tuh... Selama ini belum pernah sih menyengajakan belanja bulanan di alfamart ata indomaret. Ke alfa atau indo cm kalau lg diperjalanan dan butuh beli sesuatu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Mbak, ayo dicoba beli onlinenya juga, Mbak.

      Delete
  11. Hahahha..emak2 banget yah kita..toss dulu mbak..aq juga suka berburu JSM dan promo tengah bulan..lumayan bs dpt yg miring2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...*tawa emak yg sukses dapat diskonan*

      Delete
  12. Aku klo belanja di dua tempat itu suka ngumpulin point, wkwk..selain itu deket sih ama rumah tinggal ngesot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...iya ya, aku juga baru sekali tuker poin Mbak.

      Delete
  13. Ada dimana-mana & nggak ribet. Sedikit beda waktu aku roadtrip keluarga di Sumatra yg pom bensin jauh2an & resto langka, jadi bisa numpang pipis juga krn mrk pasti ada heheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini nih cerita bedanya.
      Aku juga baru tahu kalo 2 minimarket ini ada KM nya, Mbak. Itu juga larena kebelet di depan kasir. Terus ditawarin KM nya. Hihihi

      Delete
  14. Aku cenderungnya ke Indomaret deh kayanya Mbak..... Nongkrong juga sering di Indomaret Point. Di deket rumah udah banyak banget minimarket waralaba macem gitu. Alfamart sama Indomaret yang seberangan juga banyak xD

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!