Mau cari apa di blog Diyanika?

Thursday, 29 March 2018

Wow, Biji Pepaya Bisa Menghilangkan Ketombe!


Ada nggak yang tiba-tiba berketombe kalau ganti sapo? Kalau kamu mengalaminya, berarti sama sepertiku. Dan itu sangat menyebalkan. Selama ini menjaga betul kesehatan kulit kepala, tapi karena ketrucut pakai sampo lain langsung deh ketombe ada di mana-mana. Apalagi akau pakai kerudung. Kalau pas hawa panas, duh, gatel banget. *garuk-garuk kepala*

Berbagai masalah memang akan kita hadapi ketika ada ketombe di kulit kepala. Kita akan merasa tidak nyaman akibat rasa gatal yang ditimbulkan oleh ketombe. Selain itu, pastinya kita akan merasa tidak percaya diri pada saat memakai pakaian yang gelap. Tahu kan ya kenapa. Yups! Takut kalau ketombe itu berjatuhan di pakaian dan membuat penampilan menjadi kacau.

Sumber foto: www.merdeka.com

Sudah tahu kalau ketombe itu sangat mengganggu, tentu pertanyaan dalam benak kita yang muncul adalah, bagaimana ya cara mengusir ketombe ini? Pakai sampo juga kah? Atau menggunakan produk penghilang ketombe yang ke-efektifannya masih diragukan. Ada efek sampingnya nggak ya? Jangan-jangan nanti bikin iritasi di kulit kepala? ATau malah bikin rontok rambut?

Sebenarnya, aku ada resep warisan dari keluarga si mbahku tentang cara menghilangkan ketombe dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kita. Misalnya, biji pepaya. Berikut cara pemanfaatan biji pepapa yang bisa kamu coba juga di rumha untuk menghilangkan ketombe. 

Bahan yang dibutuhkan:
Setengah cangkir biji papaya
2 sdm minyak kelapa. 

Cara membuat:

  1. Haluskan biji papaya dengan blender.
  2. Setelah halus betul, campurkan minyak kelapa sampai merata dan berbentuk pasta.

Cara Pengaplikasiannya : 

  1. Oleskan ke seluruh permukaan kulit dan rambut kepala sampai rata.
  2. Pijat kulit kepala dengan lembut dan perlahan.
  3. Setelah dipijat bungkus kepala dan diamkan kurang lebih satu jam.
  4. Setelah itu keramas seperti biasa dengan menggunakan sampo anti ketombe.

Itulah cara pemanfaatan biji pepapa untuk menghilangkan ketombe. Bagaimana, mudah bukan? Nggak terlalu ribet pula. Bisalah kalau diaplikasikan sendiri di rumah. Cara ini selain akan menghilangkan ketombe, pun akan membuat rambut menjadi lebih kuat dan sehat. Sekaligus, biji pepaya yang dijadikan pasta ini akan menghilangkan kutu rambut di kulit kepala. Sehingga ketika seseorang mengaplikasikan pasta biji pepaya di kulit kepala, maka akan mendapat 3 manfaat sekaligus untuk kesehatan rambut dan kulit kepalanya. Selamat mencoba di rumah ya.

3 comments:

  1. Baru tahu nih Mbak, soalnya rambutku juga kadang ketombean.

    ReplyDelete
  2. Boleh nih dicoba tipsnya. Semoga beneran ilang ya ketombenya.

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata biji pepaya bisa buat ngilangin ketombe yaa.

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!