Melihat Indahnya Tugu Khatulistiwa Pontianak Bersama Aviastar - Diyanika Journal

Friday, 30 March 2018

Melihat Indahnya Tugu Khatulistiwa Pontianak Bersama Aviastar


Kalau bicara tempat wisata di Kalimantan Barat, tentu Tugu Khatulistiwa di kota Pontianak jadi salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi para pelancong. Kok bisa? Iya, karena dari 12 negara di seluruh dunia yang dilintasi garis Khatulistiwa, cuma Pontianak lah kota yang persis memisahkan belahan Bumi bagian utara dan selatan. Nah, semua itu baru bisa kamu buktikan kalau kamu mengunjungi Tugu Khatulistiwa. Nah kalau kamu ada di luar pulau Kalimantan, mencapai tempat seru yang satu ini pastinya butuh transportasi udara yang nyaman dan memadai seperti Aviastar.

Pastinya dong, karena kalau perjalanan kamu nggak nyaman dan seru, bukannya nggak mungkin antusias saat berada di Tugu Khatulistiwa bakal berkurang. Nah perlu kamu ketahui juga kalau ada beberapa hal menarik yang patut disimak dan bahkan kamu saksikan sendiri saat pergi mengunjungi Tugu Khatulistiwa yang terletak di kota Pontianak. Biar kamu nggak pusing mencatatnya, simak saja poin-poin berikut ini:

1. Tugu Asli Dari Tugu Khatulistiwa

news.pontianakite.com
Tahu nggak kalau sebenarnya Tugu Khatulistiwa yang asli itu memiliki bentuk yang kecil? Yap, nyatanya Tugu Khatulistiwa yang asli berukuran lebih kecil dan berada di dalam komplek bangunan Tugu Khatulistiwa besar.

2. Disempurnakan Dengan Kayu Belian

http://borneonews-borneoku.blogspot.co.id
Pulau Kalimantan memang menyimpan sederet jenis kayu berkualitas yang apik banget, salah satunya adalah Kayu Belian atau juga biasa disebut Kayu Besi. Ketika dibangun pada tahun 1928, rombongan dari Belanda pun datang untuk membangun Tugu Khatulistiwa yang berbentuk tonggak dan tanda panah di atasnya. Barulah pada tahun 1930 Tugu ini ditambahkan lingkaran di bagian atas sebelum kemudian disempurnakan dengan Kayu Belian setinggi 4,4 meter.

3. Hari Kulminasi Matahari

https://lampungpro.com

Tahu nggak sih apa itu Hari Kulminasi Matahari? Nah, setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September selalu jadi saat di mana titik matahari berada tepat di atas garis Khatulistiwa. Ketika momen ini terjadi, bayangan Tugu akan menghilang, bahkan ketika disorot oleh sinar matahari. Selain itu tontonan menarik ini juga jadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung karena bayangan mereka yang juga tiba-tiba ikut menghilang.

Menarik? Sudah pasti, karena itu tempat wisata yang satu ini pun jadi destinasi wajib saat kamu memilih untuk pergi liburan bersama Aviastar ke Pontianak. Selain karena memiliki sejarah sendiri, Tugu Khatulistiwa di Pontianak juga bakal bikin kamu takjub dengan fenomena unik yang belum tentu bisa didapatkan di tempat lain.

Jadi buat kamu yang saat ini sedang berencana untuk membuat perjalanan liburan ke pulau Kalimantan, Aviastar siap mewujudkan momen yang menyenangkan. Selain fasilitas penerbangan yang oke punya, maskapai ini  juga akan menemani perjalanan kalian sampai tiba di salah satu Tugu istimewa yang ada di Indonesia ini. So, selamat berlibur deh untuk kalian!

4 comments:

  1. Berharap suatu saat bisa ke sini mbak.. Titik 0 katulistiwa, hhh
    Suka kesel cm bisa dipamerin sama temen2 yg udah kesan, hhh

    ReplyDelete
  2. jadi pingin ke katulistiwa nih..kayu beliannya viewnya bagus ya mbak...bisa untuk prewed kali ya

    ReplyDelete
  3. Hohoho.. Lucu ya menyaksikan bayangan tepat di bawah telapak kaki kita sehingga ga keliatanšŸ˜Š

    ReplyDelete
  4. Mmmm,, tanggal bagus untuk piknik ke khatulistiwa dan jadi saksi fenomena nggak nemu bayangan tugu khatulistiwa disitu.

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!