Mengisi Liburan Sekolah dengan Belajar Cara Menulis Artikel SEO untuk Bloger - Diyanika Journal

Friday, 6 July 2018

Mengisi Liburan Sekolah dengan Belajar Cara Menulis Artikel SEO untuk Bloger

Cara menulis artikel SEO-Nulis ya nulis saja, kenapa harus menulis artikel SEO? Coba deh baca cara menulis artikel SEO untuk bloger ini dulu. Siapa tahu setelah ini kamu bakalan ketagihan?

Biasanya aku kalau nulis ya tinggal nulis saja. Nggak ada tuh riset keyword dulu. Akan tetapi, setelah mendengar keterangan dari Mas Nico Kisnandar tentang cara menulis artikel SEO, wah, harus diubah nih kebiasaan tersebut. Demi apa coba? Ya, demi apa yang kutulis sampai kepada mereka yang mencari informasi. Terpenting lagi demi blogku bisa diperhitungkan keberadaannya.

cara menulis artikel SEO
Suasana saat Mas Nico sedang beraksi dengan ilmu SEO-nya.
Sabtu, 7 Juli 2018, bertempat di Semarang Digital Kreatif, acara yang bertajuk "Belajar SEO untuk Menaikkan Trafik Blog" dan digawangi sama @titiktengahpartnership ini berlangsung hangat dari pukul 09.00 WIB sampai sekitar pukul 14.00 WIB.

Mas Nico menyampaikan banyak hal tentang SEO. Salah satunya adalah cara menulis artikel SEO yang kurangkumkan untuk kamu juga nih. Bagaimanakah caranya?
  1. Tentukan keyword apa yang akan kita gunakan. Akan lebih baik kalau keyword yang digunakan adalah keyword yang panjang agar lebih spesifik dan yang cari tepat sasaran. Misalnya terdiri dari 4 kata, cara menulis artikel SEO. Cek di keyword planner, apakah jarang dipakai orang? Berapa kira-kira pengunjungnya?
    cara menulis artikel SEO
    Hasil keyword planner dengan keyword cara menulis artikel SEO
  2. Buatlah judul, link url, dan meta deskripsi postingan yang mengandung keyword.
  3. Buatlah artikel SEO dengan jumlah kata lebih dari 300. Nggak harus panjang-panjang. Asalkan apa yang dicari pembaca sudah bisa terjawab, ya sudah. Panjang pendek suatu artikel bisa jadi branding seseorang juga lho. Kalau aku sendiri terbiasa menulis dengan jumlah kata sekitar seribuan, ya nggak papa. Asalkan perhatikan betul penggunaan keywordnya.
  4. Buatlah jenis artikel yang berbentuk narasi (misalnya, berita) atau artikel yang terdiri dari poin-poin (misalnya, artikel how to). Lha kalau mau nulis curcol gitu nggak boleh? Ya boleh, blog blog kamu sendiri. Tapi, kan ini lagi ngomongin soal cara menulis artikel SEO. Hihi.
  5. Buatlah paragraf yang pendek-pendek, terdiri dari 3 kalimat. Per kalimat ya kalau bisa terdiri dari SPOK, hihi, jangan satu kalimat terdiri 3 baris. Hahaha. Ini nyindir diri sendiri.
  6. Sisipkan gambar atau foto yang relevan paling tidak per 200 kata. Jangan lupa foto yang diposting dikompres dahulu agar sizenya lebih kecil! Satu lagi, jangan lupa untuk mengisi image propertinya. Ini juga sangat penting untuk artikel SEO lho. 
    cara menulis artikel SEO
    Tampilan image properties
  7. Cantumkan keyword di postingan kisaran 0,5% - 2,5% dari jumlah kata dalam satu postingan. Misalnya, jumlah kata dalam satu postingan adalah 1000 kata, maka paling sedikit ada 5 keyword yang tersebar. Coba di postingan ini cari deh keyword cara menulis artikel SEO, ada berapa? Pokoknya, jangan terlalu banyak keyword karena Google akan mengira artikel kita adalah artikel spamming!
  8. Masukkan keyword dalam paragraf pertama, paling tidak di kalimat pertama atau kedua.
  9. Berikan link ke dalam blog kita, sewajarnya. Maksimal 3 link. Kalau kamu sering nemu, baca juga bla bla bla, nah yang seperti itu bagus juga ditiru. Atau misalnya di kalimat postingan ini menyinggung postingan sebelumnya, scanner brother, nah 2 kata scanner brother ini bisa kulink ke postingan sebelumnya. Atau kalau di awal kalimat kamu copas tuh judul postingan kamu, kemudian dilink kan lagi ke postingan tersebut. Cek saja punyaku ini.
  10. Kalau mau pakai link eksternal bisa pakai rujukan ke website yang reputasinya bagus, misalnya youtube, wikipedia, atau website punya pemerintahan. Hal ini kalau dipikir-pikir, ada efeknya sama broken link di suatu hari nanti. Seringkan kita merujuk suatu blog, eh, pas kita cek broken link, dia masuk noh di jajaran broken link. Kita yang repot tuh bersih-bersih broken link.
  11. Cara menulis artikel SEO selanjutnya adalah membuat judul yang mengundang penasaran. Misalnya diberi angka di awal kalimat, ditambahi kata 'terbaru', 'paling lengkap', 'banyak dicari', dll.
Sekiranya itu cara menulis artikel SEO yang kutangkap dari kegiatan pengisi liburan sekolahku. Sayang saja kalau liburan sekian minggu nggak dapat apa-apa. Piknik nggak, eh, belajar hal baru juga nggak. Hahaha. Kasian.

cara menulis artikel SEO
Mas Nico sedang mengulik salah satu blog dari peserta

Selain 11 poin di atas, sebenarnya ada juga pendukung agar SEO blog kita makin bagus. Diantaranya kita perhatikan tentang:
  • Tema kita responsif nggak? Dibuka lewat HP, laptop, dan notebook apakah sama responsifnya? Kalau iya, berarti sip deh.
  • Besar huruf, jenis huruf, background blog, navigasi, widget di sidebar, menu search, related post, apa kabar? Sudah adakah? Hahaha, related postku lenyap. Diedit nggak bisa. Hwaaaaaa
  • Coba cek, seberapa bagus speed blogmu dengan menggunakan "Page Speed Insight", kalau di atas 60 berarti oke. Kalau nggak, hayo koreksi, apa yang salah?
Bagaimana, sudah siap untuk otak-atik blog dan mempraktikkan cara menulis artikel SEO yang kushare di atas?

Ah, dunia ngeblog itu memang nggak ada habisnya ya. Kalau kita nggak mau meng-upgrade diri sendiri ya, wassalam.

Aku jadi inget saat pertama kali belajar ngeblog, aku kenal sama Mbak Tanti. Beliau ini pemilik blog Omah Antik. Dari beliau pulalah aku belajar banyak hal tentang ngeblog. Bisa kusebut, kompor mleduk deh kalau soal ngasih semangat ngeblog.

Hampir 3 tahun serius ngeblog, ada satu sih keinginanku yang masih sulit terealisasi. Yaitu, nulis soal jalan-jalan ke suatu tempat. Lah wong ya aku memang jarang pergi-pergi. Terlalu asyik mengerami bantal di kamar. Hahaha. Tapi, kalau lihat teman-teman pada unjuk foto jalan-jalan ke mana gitu, aku envy.

Seperti Mbak Ade tuh, bisa sering nemenin suami kalau pas kerja. Enak ya. Hihi. Aku sering ngepoin tuh instagramnya. Lah, ketahuan deh ya. Ya, seenggaknya, hanya dengan lihat foto yang dishare Mbak Ade aku juga ada gambaran, oh, tempat ini di sini, kalau ke sana bakal ketemu sama ini itu.
cara menulis artikel SEO

Paling nggak, dinikmatin saja lah ya dunia ngeblog ini. Kalau pas lagi piknik ya ditulis. Kalau pas lagi bosen bikin artikel SEO, ya bikin aja artikel curcolan. Atau mungkin bisa lah, artikel curcolan dibuat sedemikian rupa sehingga cara menulis artikel SEO yang kusebutkan di atas masih bisa terpenuhi.

Ok, di akhir artikel ini, selamat mencoba ya. Kalau ada pertanyaan, bisa colek-colek langsung, atau di kolom komentar. Happy blogging ya!

*11 poin di atas bisa berubah kapanpun berdasarkan algortima Google

18 comments:

  1. Waaah.. kapan2 mau belajar lebih lanjut soal keyword ni sama mba ikaa aah. Jangan bosen kl aku nanya2 via wapri nantinya ya mba ikaaa 😊😍😗

    ReplyDelete
  2. Mksh ilmunya mbak noted bgt nih ..super lengkap

    ReplyDelete
  3. Wah bagus banget ada acara kayak gitu

    ReplyDelete
  4. Terimakasih infonya sangat bermanfaat mbak

    ReplyDelete
  5. Pingin ikut acara seperti itu

    ReplyDelete
  6. Acaranya keliatan seru dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Mengisi waktu libur dengan kegiatan yang sangat bermanfaat nih

    ReplyDelete
  8. Aku udah belajar SEO beberapa kali aja masih pengen lagi. Karena teknik pengajaran tiap orang beda. Jadi aku suka kalo ada share materi ttg SEO. Ibaratnya sih study is never ending, halaah gayanya pake enggress, xixixii

    ReplyDelete
  9. masih banyak yang belum kulakuin nih buat belajar SEO kayak masukin kata kunci sekian persen dari jumlah kata. btw mbak aku pas ganti template related post juga nggak ada. ya ampun itu nyari kodenya ada kali nyobain 20 tutorial

    ReplyDelete
  10. Sangat bermanfaat mba, makasiih yaa..

    ReplyDelete
  11. Makasih infonya mbaak, iya kalau nulis artikel yg SEO friendly mesti rajin dan konsisten

    ReplyDelete
  12. Enak sekali ada acara kopdar seperti yang membahas tentang SEO ya mba terimakasih saya akan coba praktekan cara diatas

    ReplyDelete
  13. Jadi, kapan mo ganti template responsif mba? Hehe

    ReplyDelete
  14. Wah, baru tahu ada ngecek speed insight matur nuwun artikelnya bergizi banget

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah, dapat ilmu baru pagi-pagi soal SEO, terimakasih insightnya,Bu :)

    ReplyDelete
  16. Wah bagus sekali mba acaranya,nasip blogger di luar negeri,cm bs mupeng kl liat byk2 acara blogger di indonesia,semuanya jd bljr di internet,termasuk seo2 gini saya seringnya modal googling doang, saya jg pgn bykn blog ttg traveling,tp jrg traveling jauh2, kl kata traveller blogger favorit saya~amrazing~mulai dr hal yg mudah dulu..travel itu jalan jalan, ke pasar malem deket rumah jg kan udah termasuk jalan,siapa tau ada ide atau cerita menarik, hihi katanya sih gitu

    ReplyDelete
  17. Thanks buat resumenya mbak... si keyword planner ini harus bayar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang gratis, ada yg bayar, Mbak. Pakai yg gratis juga sudah untung sih. Kalau yg berbayar emang lebih lengkap.

      Delete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!