Minggu, 28 April 2019

Wong Cilik Juga Bisa Umroh dan Blibli.com Menjawab Hal Itu



Banyak orang di sekitarku yang komentar sinis ke Mbahku (nenek dan kakekku) saat hendak pergi umroh.

"Wis tuwo peh lungo ngulon, ngko nak ning kono loro malah ora ono sing ngurusi. Duite kanggo sangu mati rak wis." (Sudah tua malah pergi ke Barat (Mekkah), nanti kalau di sana sakit malah tidak ada yang mengurusi. Uangnya untuk persiapan menjelang meninggal).


Dan masih banyak lagi komentar negatif yang lainnya.

Kami, keluarga besar Mbah, awal mulanya, pun agak sangsi. Satu, Mbah pergi umroh dengan menjual sawahnya. Kedua, Mbah sudah tua, mengoperasikan HP saja tidak bisa. Nanti di sana, bagaimana?

Untuk perkara yang pertama, setelah dibolak-balik, diskusi sana-sini, sawah memang bisa dipakai untuk tabungan hari tua mereka. Tapi, Mbah Kung (kakekku) merengek ingin sekali pergi umroh. Akhirnya, kami sekeluarga, bismillah, menyetujui Mbah daftar umroh. Wong ya sawah-sawah mereka. Kenapa tidak kami izinkan?

Untuk perkara yang kedua nanti akan terjawab di bagian bawah. Baca sampai selesai ya.

Akhirnya, dari pertimbangan semua keluarga, sawah Mbah dijual kepada salah satu cucunya saja yang jadi TKW di Hongkong. Agar nanti sepulang dari umroh, Mbah tetap bisa menggarap sawah itu dan bagi hasil. Sayang kalau sawah itu jatuh ke tangan orang lain, yang bukan keluarga.

Persoalan lain muncul, uang pembelian sawah itu ternyata tidak bisa langsung lunas seketika. Karena uang cucu Mbah tidak cukup untuk membayar semua harga sawah itu. Terpaksa Mbah harus menerima pembayarannya dengan dicicil. Pun, Mbah harus membayar biaya umrohnya dengan dicicil dan tidak tahu entah kapan akhirnya bisa berangkat umroh.

Sampai suata saat, tangan baik Allah datang dari majikan cucu Mbah. Gaji cucu Mbah untuk beberapa bulan ke depan diberikan saat itu juga agar Mbah bisa segera umroh. Alhamdulillah. Kami ikut bahagia karena impian Mbah untuk umroh di bulan ramadan akan segera tercapai.

Proses satu per satu dilalui Mbah. Semua berjalan dengan cukup berliku. Mulai dari mengurus buku nikah yang hilang, mengurus visa, bolak-balik suntik maningitis (Mbah Kung baru cerita kalau belum disuntik saat sudah sampai di rumah), sampai manasik telah dilalui.

Mbah mengikuti manasik

Di balik kesulitan, bersamanya ada kemudahan. Walau terasa berliku, alhamdulillah biro umroh Mbah begitu baik. Ke mana-mana, Mbah tinggal duduk manis di dalam mobil. Mbah diantar jemput seperti big bos. Subhanallah.

Haru Biru Keberangkatan Mbah

Puasa hari keempat, tahun lalu, bersamaan dengan adzan subuh, Mbah berangkat umroh via Bandara Ahmad Yani Semarang. Kami, anak, cucu dan buyutnya mengantar dengan dipenuhi rasa haru biru. Mimpi Mbah insyaallah akan segera diijabah Allah setelah perjalan yang sangat berliku dan melelahkan.

Mbah mengikuti doa bersama sebelum memasuki bandara

"Dongake aku yo, Nduk, tekan Mekkah, bali meneh ning omah kanti waras." (Doakan aku ya, Nduk, sampai Mekkah, pulang lagi ke rumah dengan sehat).

Aku merinding mendengar kata pamit itu. Kalimat Mbah terdengar begitu dalam. Bismillah, Mbah Kung dan Mbah Dokku ke rumah Allah untuk menjemput impiannya.

Setelah berdoa bersama, Mbah masuk ke bandara dan kami pulang ke rumah. Dari sinilah alasan kedua mulai terjawab. Karena Mbah tidak membawa HP, dimasukkanlah aku ke dalam grup WhatsApp jamaah umroh agar tahu perkembangan kabar Mbah.

Suasana saat di pesawat. Entah Mbahku di sebelah mana. Hihi.

Alhamdulillah, Biro yang Dipilih Mbah Tepercaya


Saat masih di musala bandara dan melihat pendamping rombongan Mbah, aku sudah bersyukur, insyaallah bisa diandalkan nih dari caranya memperlakukan jamaah. Alhamdulillah, memang benar.

Setiap saat beliau mengabarkan keadaan dan suasana yang dialami oleh jamaah. Foto dan video bertaburan di grup. Setiap kali ada kiriman terbaru, kuteruskan kabar itu ke grup keluarga besarku. Rasanya begitu menyenangkan. Kami yang di rumah bisa selalu update kabar Mbah, pun ikut merasakan suasanya.

Sampai ada suatu kejadian yang membuat kami terkejut. Bapak Adam, salah satu orang biro yang membantu Mbah mengabarkan kalau koper Mbah Dokku hilang. Kok bisa? Grup keluargaku geger.

Koper Mbah Dok akhirnya ditemukan

Cobaan apa ini?

"Tolong, ikhlaskan Mbah beribadah di sana. Agar perjalanannya tidak tersendat. Kasihan. Mereka sudah sepuh, di negara orang pula." Pesan salah satu saudaraku di grup.

Selepas dzuhur, Pak Adam mengabarkan kalau koper Mbah Dok sudah ketemu. Alhamdulillah. Rasanya mak plong. Kami juga mendapat kiriman foto kondisi Mbah Dok terbaru. Hati kami terenyuh. Terima kasih telah Kau pilihkan orang-orang baik untuk menemani Mbah umroh.

Ya Allah, Mbah Dokku kece badai, pakai kacamata hitam pula.

Foto dan video tak henti-hentinya menyebar di grup. Di setiap kesempatan, kami sekeluarga besar bisa melihat kegiatan Mbah. Berikut beberapa potret saat Mbah umroh.




Sepuluh hari terlewati, waktunya Mbah pulang. Rencana awal, saat pulang, Mbah ingin naik taksi bandara saja. Karena tidak ingin merepotkan anak, cucu, dan buyutnya untuk menyewa mobil. Kami menghormati keputusun itu. Akan tetapi, setelah dipikir-pikir, kok kasihan banget kalau Mbah tidak ada yang jemput sedangkan teman-teman lainnya pada disambut keluarganya.


Sekitar pukul 17.00 WIB, kami sekeluarga sudah memasuki Semarang tengah. Tak lupa sebelumnya aku memberi kabar ke Mas Andi, pendamping Mbah selama umroh, agar Mbah menunggu kami. Di luar dugaan, kami ternyata terjebak macet, mumpung belum terlanjur, kami harus putar balik untuk lewat tol saja.

Benar saja, sampai bandara, Mbah Kung dan Mbah Dokku sudah menanti di luar bandara. Dengan menggendong Kak Ghifa, aku langsung melompat ketika pintu mobil terbuka dan menemui Mbah.

"Maaf, Mbah, tadi macet."

Mbah memeluk dan mencium Kak Ghifa berkali-kali. Matanya berkaca-kaca dan sesekali terbatuk-batuk. Beliau sangat bersyukur sudah sampai Semarang lagi.

Setelah koper dan tas Mbah sudah di tangan, adzan maghrib pun berkumandang. Di dalam mobil kami membatalkan puasa sembari bercerita.

"Hotel e cedik karo masjid, karo Ka'bah. Aku dadine ora kesel mlaku aduh." (Hotelnya dekat dengan masjid dan hotel. Aku jadi tidak capek jalan jauh).

Alhamdulillah, sekalinya tidur di hotel langsung hotel di Mekah.

"Maem e yo enak-enak. Ono kabeh. Pecel, sate, tahu bakso, bakwan, mendoan, iwak wedus, wis pokoke garek mileh. Tapi yo aku maem sak cukupe. Lha bingung saking akehe." (Menu makannya enak-enak. Semua ada. Pecel, sate, tahu bakso, bakwan, tempe kemul, kambing, pokoknya tinggal milih. Tapi, aku makan secukupnya. Lha bingung saking banyaknya).

"Mbah Kung entuk sajadah soko wong Arab, pas bar sholat. Aku entuk maem, koyok roti, enak, karo kurmo 3 iji." (Mbah Kung dapat sajadah dari orang Arab, setelah selesai salat. Aku dapat makan, seperti roti, enak, dan kurma 3 biji).

Hahahaha. Kami yang mendengar cerita Mbah ikut berbahagia. Alhamdulillah ya Allah.

Potret kebahagiaan Mbah

Mobil yang kami tumpangi menepi ke SPBU. Kami sholat magrib dan berbuka puasa di sana dengan menu makan yang sudah kami siapkan dari rumah.

Tak henti-henti Mbah menceritakan kebahagiaannya saat di Mekkah. Selamat Mbah, mimpi Mbah telah tercapai. Rasa syukur tak lupa kami sampaikan kepada Allah SWT, ibadah Mbah berjalan dengan lancar dan mereka pulang dengan sehat dan bahagia.


Siapapun Bisa Umroh, Blibli.com Jawabannya


Setiap saat mendapat kabar Mbah lewat foto dan video di grup jamaah umroh, seakan-akan aku merasa ada di sana juga. Apalagi saat aku menonton video mereka tawaf. Ya Allah, tak terasa bulu romaku berdiri dan air mata menetes dengan sendirinya. Kapan aku bisa ke sana Ya Allah?

Sebagai orang muslim, siapa yang tak ingin ke Mekkah? Pun, insyaallah siapa saja bisa ke rumah Allah. Apalagi saat ini Blibi.com yang dikenal masyarakat luas sebagai marketplace tepercaya menawarkan berbagai macam travel umroh.

Pertama tahu kalau kini ada travel umroh Blibli.com dari email promosinya. Karena penasaran aku coba membuka aplikasi Blibli.com yang sudah terinstall di HPku. Nah, setelah mencari tahu, kemudian tanya-tanya langsung ke CS-nya, ada beberapa keunggulan travel umroh Blibli.com ini.

Banyak Pilihan
Per 27 April 2019, ada 61 produk travel umroh yang ditawarkan oleh Blibli.com. Diantaranya travel umroh dari Muna Tour, Halal Transasia, ESQ Tours & Travel, Fathindah Travel, Attin Nabila Tours, Sarana Tours, Umi Tour & Travel, Khalifah Asia Your, Pena Tour, Labbaika Tour, Iskandaria Tour, VIP Tour, dan PT Gulzar Tour & Travel. Nah, kira-kira adakah perusahaan biro perjalanan umroh yang sudah jadi langganan kamu?
DP mulai 2 jutaan dan bisa dicicil
Kalau sudah ada niat yang kuat, insyaallah jalan ke rumah Allah akan dipermudah. Dengan tekad memberikan pelayanan yang ikhlas dan semangat komitmen melayani jamaah, Blibli menawarkan paket travel umroh dengan DP mulai 2 jutaan.

Setelah membayar DP, proses selanjutnya, bagaimana? Berdasarkan pertanyaan yang kuajukan ke CS Blibli.com, setelah membayar DP, maka untuk pembayaran selanjutnya (pembayaran ke 2 H-45 sebelum keberangkatan & pembayaran ke3/Pelunasan H-30 sebelum keberangkatan) dapat dibayarkan langsung melalui Rekening Pergiumroh.com. Proses sama persis yang dilalui Mbah ku. Mereka juga nyicil beberapa kali. Jadi, tidak langsung lunas dalam sekali bayar.

Pelunasan biaya tergantung dengan pemilihan hari keberangkatan. Perhatikan betul pada pilihan tanggal berapa kita ingin berangkat umroh. Di sana ada pilihan harinya.



Tepercaya dan bebas memilih paket
Blibli.com sudah tak diragukan lagi keberadaannya selama menjadi salah satu penyedia ragam fashion, alat elektronik hingga perkakas dapur. Kini Blibi.com menawarkan pula paket umroh yang murah sesuai dengan kebutuhan kita. Harga yang ditawarkan jelas sesuai dengan fasilitas yang kita pilih. Mulai dari kapan pemberangkatannya, satu kamar berapa orang, mau pakai DP atau bayar langsung, semua ada pilihannya.

Banyak penawaran menarik beli paket umroh di Blibli.com
Ada penawaran menggiurkan lho kalau kita beli paket umroh di Blibli.com, diantaranya dapat potongan hingga 1,5 juta, ada gratis tiket pesawat, dan tersedia 3 pilihan paket dengan fasilitas terbaik.

Salah satu penawaran menarik di bulan April ini

Nah, kalau lihat beragam tawaran terbaik dari Blibi.com di atas, siapa sih yang nggak pengen umroh juga? Benar kalau ada nasihat, segerakan umroh, selagi muda, selagi sehat, dan selagi lapang. Kalau ingat perjuangan Mbahku di atas, selama ada niat yang kuat, meski jalan yang dilalui begitu berliku, uang pas-pas-an, insyaallah ada kemudahan yang menyertai. Jadi, kapan mau DP umroh di Blibi.com? Apalagi sebentar lagi ramadan tiba. Semoga, kita disegerakan ke rumah Allah ya.Aamiin.


Sumber bacaan:
https://haji.okezone.com/read/2017/07/20/600/1740952/terungkap-penyebab-seluruh-umat-islam-selalu-rindu-datang-ke-makkah
https://www.blibli.com/c/2/paket-umroh-wisata-religi/PA-1000187/TI-1000001?page=1&start=0&category=PA-1000187&sort=&utm_source=seo&utm_term=umroh&utm_medium=blogger&utm_content=umroh

17 komentar:

  1. Wah keren nih jd pengen segera ke.sana ..duh Ya Allah ga kuku

    BalasHapus
  2. Wah si embah senyumnya manis banget dan adem. Semangat mbah, saya doakan mbak diyanika juga segera menyusul umroh ya. Apalagi dengan Blibli.com semua jadi murah dan mudah, apalagi terpercaya dengan penawaran menarik.

    BalasHapus
  3. Blibli keren yah ada umrohnya juga jadi tidak khawatir kalau mau umroh semuanya aman dan nyaman tinggal cus nabung dulu

    BalasHapus
  4. Si Mbah kelihatan bahagia sekali ya, Alhamdulillah sudah bisa berkunjung ke tanah suci. Blibli ada paket umroh juga ya, jadi lebih mudah ya memilih travel umroh dan bisa dicicil juga lagi.

    BalasHapus
  5. Mbaa, aku pun ikut bahagia. Senang sekali ya Allah bisa ibadah di rumah Allah. Inovasi nih dilakukan Blibli

    BalasHapus
  6. Ikut bahagia memnaca kisah Mbahnya. Semoga suatu saat nanti saya pun bisa menginjakkan kaki ke tanah suci, amiiiiin :)

    BalasHapus
  7. Ikut senang baca ceritanya Mbak :) Promo umroh di Blibli sdh yakin terpercaya ya Mbak, ga usah gamang lagi mencari travel yang kredibel

    BalasHapus
  8. Aduh makin mupeng deh pengen umroh, apalagi dengan fasilitas yang bagus dan mudah dari Blibli umroh ini. Jadi pengen ngulik celengan hihi siapa tahu sudah cukup untuk berangkat umroh.

    BalasHapus
  9. Aamiin~
    Benar ya, kak...kalau Allah berkehendak, usaha kecil kita untuk sedikit menyisihkan uang, bisa terlaksana.
    Barakallahu fiikum, nene-kake.

    BalasHapus
  10. masyaAllah aku juga kepengen umroh nih tahun ini, coba stalking ke blibli.com ah

    BalasHapus
  11. wah, bliblicom ada paket umroh juga ya. jadi makin banyak aja cara menuju rumah Allah. semakin mudah untuk mendapatkan paket umroh yang dipercaya. Semoga aku juga bisa menuju rumah Allah.

    BalasHapus
  12. Terharuuu baca ceritanya Ika :")

    Sekarang banyak banget kemudahan ya Ka kalau kita mau umroh. Banyak travel agent maupun ecommerce macam Blibli yang bikin mimpi berkunjung ke Baitullah semakin dekat untuk diwujudkan.

    Tinggal niatnya aja yang dikencengin, sama doanya juga pastinya :)

    BalasHapus
  13. Aku terharu baca kisah umrohnya Mbahnya mbak :D
    Ya Allah bener2 pengen juga ke tanah suci, semoga Allah segera panggil aamiin
    Wah Blibli ada travel umrohnya juga ya? Menarik nih. Siapa tau jodoh berangkat sama Blibi, makasih infonya :D

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah, untuk yang berniat umrah makin banyak saja ya kemudahan yang bisa didapatkan untuk berangkat menuju baitullah. Blibli malah ada nih paket umrah, asyik sekali nih. Mau cuuuzz ah lihat paket ini di aplikasinya.

    BalasHapus
  15. Barokallah sekarang lebih dipermudah ya Bu Ika, Blibli banyak banget ya pilihannya sampai bingung. Sesuaikan dengan budget. Bismillah semoga kita semua bisa bertamu ke rumah Allah. Aamiin

    BalasHapus
  16. Maa Syaa Allah, Tabarakallah...
    Mupeng lihatnya si mbah, bund..

    Semoga kita sama2 saling diberikan kesempatan segera untuk berkunjung ke Baitullah ya, bund.
    Aamiin Yaa Rabbal 'Alamin

    BalasHapus

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!