Kamis, 27 Februari 2020

Apa Itu MySQL?



Sebelum kamu terjun langsung ke dunia blogging, banyak hal yang harus kamu ketahui dan pelajari untuk bisa menciptakan website yang banyak disukai pembaca. Bagi kamu yang sudah bekerja di bidang ini, tentu sudah tidak asing dengan istilah “MySQL”. Tapi, apakah kamu yakin bahwa pemahamanmu tentang MySQL sudah cukup atau sudah benar. Jadi, tak ada salahnya jika kamu menyimak ulasan berikut ini.




Sejarah MySQL


MySQL (My Es Kyoo El atau my sequel) diartikan sebagai sistem manajemen yang memanfaatkan software untuk membuat dan mengelola database berdasarkan model relasional. Pertama kali MySQL dikembangkan oleh perusahaan asal Swedia bernama MySQL AB pada tahun 1994. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat bernama Sun Microsystems kemudian mengambil hak kepemilikan MySQL secara menyeluruh pada tahun 2008.

Setelah itu, salah satu perusahaan teknologi terbesar asal Amerika Serikat bernama Oracle mengakuisisi Sun Microsystems di tahun 2010 sehingga MySQL dimiliki sepenuhnya oleh Oracle. Jadi, sampai saat ini, MySQL masih menjadi milik dari perusahaan Oracle dengan segala kemajuan dan perkembangannya.

Pengertian MySQL


Kamu mungkin masih bingung dengan dua istilah “MySQL” dengan “SQL”. Meskipun namanya hampir sama, tetapi keduanya memiliki makna yang berbeda. MySQL adalah salah satu nama brand paling populer di kalangan software RDBMS yang menggunakan model client-server. MySQL biasanya ditulis dalam kode huruf C dan C++.

Sedangkan SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dalam ruang lingkup RDBMS, baik client atau pun server. SQL sering digunakan untuk untuk menggantikan posisi bahasa yang sudah outdated, yaitu VISAM dan ISAM.

SQL bertugas untuk memberitahu server mengenai perlakuannya terhadap data. Jadi, meskipun makna kedua istilah ini berbeda, tapi keduanya memiliki tugas yang saling berkaitan dengan pengembangan website. 
Baca juga : cara masuk CPanel Hosting murah

Cara Kerja MySQL

MySQL memiliki cara kerjanya tersendiri yang harus kita ketahui bersama. Melalui jaringan khusus atau netword, satu atau beberapa perangkat akan terhubung ke server. Tiap client dapat membuat request dari GUI (Graphical User Interface) di layar sehingga server akan membuat output sepanjang server, yang diinginkan dan instruksi yang dipahami oleh client. Berikut akan kuulas mengenai proses utama dalam ruang lingkup MySQL.

Pertama, MySQL akan membuat database yang berguna untuk memanipulasi data, menyimpan data, dan menentukan hubungan pada tiap tabel. Setelah itu, client membuat request dengan menuliskan pernyataan SQL di MySQL secara spesifik. Terakhir, aplikasi server akan memberikan informasi yang diminta sebagai respons yang diberika. Informasi inilah yang nantinya dilihat oleh client.

Kelebihan MySQL

Sebagai salah satu database paling populer, MySQL tentu memiliki kelebihan yang membuat banyak orang menyukai jenis database ini. Untuk lebih yakin dalam menggunakan MySQL, tentu kamu wajib menyimak penjelasan berikut ini. 

1. Fleksibel dan penggunaan yang mudah

Source code pada website dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan. Bahkan, kamu bisa mengasak kreativitasmu karena tak adanya batasan untuk memodifikasi source code, termasuk opsi untuk meningkatkan grade paket kini ke versi premium berbayar. Dibutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk menyelesaikan proses installnya yang cukup sederhana. Jenis database ini cukup mudah digunakan untuk para pemula dan penggunaannya pun fleksibel.

2. Performa terbaik

Kelebihan lain yang dimiliki MySQL adalah kecepatan dan performa yang optimal sehingga software ini mampu membantumu untuk menyimpan beberapa data e-Commerce dengan ukuran besar. Selain itu, software ini juga berguna dalam melakukan kegiatan bisnis berat lainnya. Dengan performa yang baik ini tentu bisa digunakan untuk mengembangkan website. Jadi tidak ada salahnya jika kamu menggunakan MySQL sebagai salah satu jenis penyimpanan. 

3. Memiliki standar industri yang baik

Meskipun baru dikenal luas baru beberapa tahun ini, tapi sebenarnya sudah banyak industri yang memanfaatkan fungsi MySQL. Hal ini menunjukkan bahwa beberapa resource dikelola oleh developer yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan software MySQL yang selalu di-update. Siapa pun bisa mengembangkan software ini, termasuk freelance developer untuk mendapatkan penghasilan. 

4. Sistem Keamanan

Keamanan menjadi bagian penting yang harus dimiliki salah satu tempat penyimpanan. Jika kamu menggunakan MySQL, maka tidak perlu khawatir karena software RDBMS memiliki sistem keamanan yang mumpuni. Dengan User Account Management dan Access Privilage System yang ada, MySQL akan memiliki sistem keamanan yang lebih tinggi pula. Selain itu, kamu juga bisa melakukan enkripsi password dan berbasis host. 

Itulah tadi informasi mengenai pengertian, sejarah, kelebihan, dan cara kerja MySQL. Untuk memaksimalkan pengembangan website, kamu juga harus mempelajarinya dengan baik jika ingin memaksimalkan pengembangan situs yang sedang dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berkarya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar