Kamis, 09 April 2020

Nggak Selamanya Nonton Drakor Bawa Pengaruh Negatif Kok


Ya, menurutku, nonton drakor tidak selalu membawa pengaruh negatif. Menurut kamu, bagaimana?

"Daripada nonton drakor mending...."


"Aku nggak suka drakor. Kalau nonton malah ngantuk."

Aku dulu pernah lho punya alasan seperti di atas untuk menyudutkan teman-temanku yang hobi nonton drakor. Lha mereka nonton drakor sampai begadang. Di kelas malah pada ngantuk saat dosen baru masuk.

sumber: womantalk

Sekarang? Aku malah kemakan omonganku sendiri deh.

Bisa dibilang aku telat disebut sebagai penikmat drakor atau drama korea. Salah satu penyebabnya karena keterbatasan akses. 

Dulu, masih eman sama kuota data internet. Sekarang, setelah tahu kalau nonton drakor itu bisa memperbaiki moodku, kenapa nggak? Tapi, tetap perhitungan juga soal kuota, sih. Haha.

Nonton drakor itu jadi hobi yang menyenangkan untukku. Tapi, hobi yang tidak harus selalu kulakukan. Pas butuh-butuh saja. Dalam seminggu, biasanya, Sabtu malam, pas kuota banyak, ada waktu, nggak banyak deadline, aku pasti izin sama abi untuk nonton drakor.

"Enam hari kerja, terus ngurus rumah, abi, kakak, dan mbah tung, ummi butuh hiburan, Bi." Begitu alasan yang kuajukan kepada abi. Izin pun diACC. Hihi.

Seperti kemarin sebelum tes CPNS, sehari sebelumnya, aku nggak pegang buku atau bahas soal sama sekali. Aku hanya melakukan aktivitas rumah seperti biasa, jalan-jalan ke saudara bareng bapak, abi, dan Kak Ghifa.

Terus, aku tahu banget sedang butuh hiburan biar nggak tegang. Yap, apalagi kalau bukan nonton drakor. Makanya, kusempatkan nonton drakor yang sekali tayang habis untuk memompa semangatku. Alhamdulillah berhasil lho.

Nonton drakor memang bukan hobi yang menghasilkan secara finansial. Tapi, aku merasa diuntungkan dengan adanya drakor ini.

Pokoknya kalau aku pas lagi suntuk banget dan butuh me-refresh isi otak, ya sudah nonton drakor.

Anehku adalah...

Satu hal yang perlu kamu tahu, meskipun aku hobi nonton drakor, aku tuh nggak hapal sama nama-nama pemainnya. Selama ini aku benar-benar sebagai penikmat saja. Kelar nonton, ambil hikmahnya, sudah, kelar. Aku nggak sampai hapal nglotok pemainnya ini itu. Hahaha. Butohe nonton menikmati alur ceritanya.

Apa genre drakor yang aku sukai? Aku juga nggak harus matok satu jenis genre. Romance, horor, action, dan sebangsanya kulahap semua. Pemainnya siapapun kutonton. Nggak neko-neko lah.

Tiba-tiba ada yang bisik-bisik tanya kepadaku, emang sempat nonton? Ya, disempat-sempatin lah. Kan butuh. Kalau nggak butuh-butuh banget, ya, jangan sekali-kali buka aplikasi IFLIX. Karena, sungguh, drakor itu candu. Sekali nonton, kok bersambung, penasaran, pengen nonton lagi dan lagi. Apalagi yang episodenya sampai 20, duh, hati-hati. Kalau pas ada kerjaan banyak, jangan buka aplikasi deh, bubar jalan. Hahaha.

Oh iya, aku kalau nonton drakor di aplikasi IFLIX, terkadang di VIU juga. Paling favorit sih IFLIX. Menurutku hasil gambar dan suaranya lebih bagus, meskipun jumlah drakor di sana tak terlalu banyak.

Kamu, kalau nonton drakor di aplikasi apa? Atau website apa? Boleh dong tulis di kolom komentar.

Ada nggak drakor yang pesannya 'ngena' banget?

sumber: layar.id

Ada. Go Back Couple. Menurutku pesannya pas banget untukku yang baru mengarungi bahtera rumah tangga selama kurang lebih 5 tahun. Yah, namanya cinta sama suami, ada kalanya naik turun, kan? Nonton drakor yang satu itu bisa nambah rasa syukurku memiliki abi. Ini kalau orangnya baca bakalan ngembang hidungnya.

Nah, buat kamu yang saat ini belum 'teracuni' oleh drakor, coba deh baca beberapa alasanku, kenapa aku bisa suka nonton drakor padahal dulu anti banget?

  1. Alurnya yang nggak monoton. Pokoknya nggak bisa ditebak banget. Kalau sudah terbiasa nonton drakor kemudian lihat serial TV kita, duh, hati-hati ntar bakal komentar, "Kok gini banget sih, nggak kayak drakor."
  2. Genrenya beragam, dari komedi sampai yang tembak-tembakan ada. Aku jadi senang karena banyak pilihan.
  3. Episodenya tidak terlalu banyak. Kalau pas lihat berita infotainment, kadang kala ada berita artis ini sedang menghadiri syukuran karena sinetron yang dimainkan telah tayang seratus episode, bla bla bla. Bisa tayang sampai ratusan tuh jadi kebahagiaan tersendiri untuk sinetron kita. Beda dengan drakor, paling mentok 20 episode. Makanya nggak ngebosenin.


Terakhir. Kamu kalau hobi juga nonton drakor, jangan sampai lupa waktu, ya. Nonton drakor boleh, asal tahu batasan dan prioritas hidup kita seperti apa. Jangan sampai dengan nonton drakor, kewajiban kita di rumah dan di kantor malah justru keteteran. Ingat, jangan begadang! Rem e ojo sampai blong lho.

17 komentar:

  1. TOOSS yok mb, aku juga dulu begitu akhirnya sekrg maniak drakor tapi masih punya batas dan aturan sendiri pas nonton. apa lagi anak suka ngintipin kita nonton apaan, jadi harus lebih bijaksana memilih waktu untuk nonton ini ..

    BalasHapus
  2. Aku juga suka drakor, tapi nggak ngikutin banget juga. Cuma nontonnya nunggu arkaan tidur, tapi akunya ya melu tidur hahaha

    BalasHapus
  3. Aku nggak hobi nonton drakor untuk sekarang ini. Btw dulu sempat banget ngikutin di TV. Sampai pinjem cd nya segala. Ngulang dari awal sampai akhir. Berhari-hari kelarin drakor, hehehe. Negatifnya nggak ada sih. Malah bisa jadi bahan nulsi kalau yang sua banget nonton.

    BalasHapus
  4. Yang saya sukai dari drakor karena episodenya nggak panjang banget seperti sinetron kita, jadi jelas kapan endingnya dan pasti sudah benar-benar tamat, bukan ada seri selanjutnya, hehe.

    Paling suka cerita klasik kerajaan karena banyak adu ilmu silat dan bajunya bagus banget, ala-ala kerajaan mewah gitu.

    Namun sekarang sudah stop sama sekali karena jadi nyandu dan kadang baper :)

    BalasHapus
  5. Nonton drakor ternyata banyak sekali manfaatnya (hehe), gak hanya fungsi rekreasi saja. Saya sering baca blog Mbak Marita ngikutin ulasannya terus jadi pengen nonton. Banyak seklai hikmah yang didapatkan dari drakor yang kita tonton.

    BalasHapus
  6. Jaman dulu banget, aku nonton Winter sonata, trus apa lagi aku lupa. Tapi sejak drakor yang sekarang aku gak kepengen, takut kecanduan. Padahal di rumah tuh ada fasilitas komplit nonton drakor, ada viu, IPTV, ViTV yang menyajikan drakor komplit. Soalnya aku lebih suka film hollywood, serial ataupun film lepas

    BalasHapus
  7. Aku g tll suka drakor tp suka liat pemainnya aja yg ganteng2 n cantik2 n liat macam Hyun bin bj2nya cakep2...

    BalasHapus
  8. Aku sekali nonton drakor udah lupa semuanya Bu Ika wakakak
    makanya sekarang lebih nonton yang film aja sekali tamat, biar nggak penasaran tingkat dewa
    banyak banget hikmah nonton drakor lho.

    BalasHapus
  9. Aku dulu suka banget drakor sampe.akhirnya nonton ga inget waktu dan suami marah dong. Memang akunya waktu itu salah banget si jadi sekarang mau nonton lagi. Mendingan nonton film aja deh sekali duduk selesai

    BalasHapus
  10. Dulu jaman masih suka nonton TV, aku nonton Drakor juga, tapi sekarang2 juaraaaaang banget. Haha..

    BalasHapus
  11. Samaaa... Aku juga belum lama nonton drakornya,dan nggak pernah apal nama pemainnya. Dulu-dulu adekku hobi ngedrakor aku malah bilang 'ngapain sih sampe segitunya?'

    Tapi kadang aku nggak tahan kalau harus penasaran sama kisahnya, pengen segera tahu endingnya. Ujung2-nya marathon ngedrakor, jadi begadang trus badan nggak sehat.
    Jadi milih nonton yang movie aja, sesekali nonton drakor kalo pas ada kuota dan lagi mens 😆

    BalasHapus
  12. Aku suka drakor tapi ga harus nonton tiap hari, kalo pas pengen aja. Nonton nya pun pilih2, yg pemainnya ganteng dan cantik, haha.

    BalasHapus
  13. Aku termasuk yang jarang nonton drakor, tapi pernah suka dan kayaknya besok juga pengen nonton lagi. Hiburan banget dan ada juga kok pelajaran yang bisa didapatkan dari drakor.

    BalasHapus
  14. Kebetulan aku ga begitu suka cerita drama gitu. Hobine nonton film yang ada antem-anteman plus tampang bule ganteng heheheee... Senang aja baca review drakor dari teman-teman. Tapi pas lihat sendiri kayaknya kurang cocok dengan kesukaanku. Yang penting nonton apa aja tuh asalkan kita bisa menikmati ya berarti jodoh lah. :)

    BalasHapus
  15. Ada beberapa kasus psikologi di kota sebelah tentang anak-anak yang freak dengan drakor korea. Mereka mencampur kehidupan nyata dan tidak . Wallahu a'lam. Anakku sendiri sempat berada di posisi seperti itu, meski nggak parah

    BalasHapus
  16. Aku nggak bisa menjawab pertanyaanmu,mbak. Termasuk yang gaptep tentang aplikasi nonton drakor. Aku juga gak mau ngikutin tren filmnya, yang ada sakit hati kalau nggak sempet nonton. Hehehe

    BalasHapus
  17. Hembuh mbak. Ga pernah nonton tv ataupun drakor. Uripku seringnya nonton story mbak Ika doang hehehehe piss

    BalasHapus