Kamis, 19 Mei 2022

Wajib Masuk Bucket List, Ini Kota Terbaik untuk Destinasi Liburan di Pulau Jawa


Pulau Jawa adalah pulau terpadat di Indonesia. Meski begitu, tak cuma untuk ditinggali, Pulau Jawa juga menjadi surga bagi para wisatawan. Di pulau ini bisa ditemui berbagai destinasi liburan terbaik di Indonesia. Ada banyak destinasi wisata untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, gunung, laut, dan tempat lainnya. Makin lengkap, pulau Jawa juga menjadi tujuan utama bagi para wisatawan untuk menikmati wisata kuliner. 

Berbagai tempat wisata di Pulau Jawa bisa ditempuh dengan cara yang mudah. Berbagai kota menghadirkan tempat wisata yang dapat diakses dengan transportasi yang lebih murah, namun tetap nyaman. Kamu dan para wisatawan bisa memilih transportasi darat seperti naik bus DAMRI atau dengan kereta.

Kamu bisa memulai liburanmu dengan membuat rencana mengenai tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi. Sebagai rekomendasi, berikut ini kota terbaik di Pulau Jawa dengan beragam destinasi wisata unggulan yang dimilikinya.

1.Bandung

Destinasi pertama ini tak jauh dari ibukota Jakarta. Kota yang dijuluki dengan sebutan Paris Van Java ini tak pernah kehabisan pesonanya bagi para pelancong. Bandung punya beragam tempat wisata yang paling pas dikunjungi saat akhir pekan atau ketika musim liburan telah tiba.

Beragam tempat wisata menarik ada di ibukota Jawa Barat ini. Kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru dan menyenangkan. Sebut saja, kamu bisa melihat indahnya Gunung Tangkuban Parahu, berkemah di Lembang, atau berkeliling di jalanan Kota Bandung sambil melihat Gedung Sate dan Museum Asia Afrika.

Yang tak boleh terlewatkan adalah berbagai kuliner khas Kota Bandung. Jangan lupa untuk mencicipi enaknya batagor, sedapnya mie kocok, hingga bakso cuanki yang punya cita rasa otentik.

2.Yogyakarta

Kota berikutnya pasti menjadi top of mind dari para wisatawan. Kota Yogyakarta punya pesona tersendiri bagi para pengunjungnya. Bukan tanpa alasan, Kota Yogyakarta dicintai karena destinasi wisata yang ada didalamnya dan daya tarik budayanya.

Kamu bisa menikmati pemandangan Kota Yogyakarta dengan segala keramahannya di tempat ikoniknya, yaitu kawasan Malioboro. Kota Yogyakarta juga menjadi rumah dari banyak situs bersejarah, salah satunya adalah Candi Prambanan.

Terakhir, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas dari Kota Pelajar ini yaitu Gudeg dan mengunjungi indahnya pantai Parangtritis.

3.Malang

Bicara soal destinasi liburan, Kota Malang adalah salah satu yang menjadi favorit banyak orang untuk dikunjungi. Kota yang terletak di Jawa Timur ini punya banyak tempat menarik yang bisa kamu eksplor saat liburan.

Saat berlibur di Kota Malang, kamu bisa memulai liburanmu dengan mengunjungi tempat-tempat wisata seperti Gunung Bromo dan Jatim Park. Berbeda dengan kota lainnya, Malang menawarkan wisata unik yang tiada duanya, yaitu dengan mengunjungi Kampung Warna-warni Jodipan, Museum Angkut, dan Alun-alun Kota Malang.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan menikmati wisata alam sambil memetik buah apel khas Malang dan berkunjung ke Festival Batu Night Spectacular.

4.Semarang

Kota favorit selanjutnya di Pulau Jawa yang bisa kamu kunjungi adalah Semarang. Terletak di jantung Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang punya beragam tempat menarik yang tak kalah dengan kota lainnya. Mulai dari tempat wisata alam hingga wisata rohani, semua bisa kamu kunjungi di kota ini.

Pertama, kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke Lawang Sewu yang ikonik di Semarang. Tempat wisata yang dijuluki Seribu Pintu sudah berdiri sejak tahun 1904 dan menjadi bangungan bersejarah yang punya keunikan tersendiri.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat sejarah sambil berburu spot foto instagramable di bangunan lainnya, seperti Klenteng Sam Poo Kong dan Kawasan Kota Lama. Sambil berkeliling, jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas kota ini, yaitu lumpia.

5.Surabaya

Kota yang punya latar belakang sejarah mengagumkan ini juga menjadi destinasi yang tepat untuk dijadikan tempat berlibur. Surabaya punya berbagai tempat menarik yang tak akan mengecewakan bagi para turis.

Kamu bisa memulai petualangan dan liburanmu di Kota Pahlawan ini dengan mengunjungi berbagai bangunan ikonik, seperti Tugu Pahlawan, Museum 10 November, dan Tugu Suro dan Boyo.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengeksplor kekayaan fauna di Indonesia mengunjungi Kebun Binatang Surabaya dan menelusuri indahnya Mangrove di Ekowisata Mangrove.

Nah, itu dia lima kota di Pulau Jawa yang layak untuk kamu kunjungi. Agar liburanmu makin nyaman dan anti repot, kamu bisa lebih dulu menyiapkan akomodasinya secara online lewat Traveloka.

Mulai dari tiket pesawat sampai tiket kereta, kamu bisa mendapatkannya di Traveloka Superapp. Tak hanya itu, kamu juga bisa memesan rental mobil untuk teman perjalananmu di kota tujuan nanti hanya di Traveloka Rental.

Jadi, sudah siap berlibur? Pastikan liburanmu berjalan lancar dengan Traveloka dan jangan lupa manfaatkan promo spesial, seperti Traveloka EPIC Sale!

2 komentar:

  1. aku kangen ke Surabaya karena olahan bebeknya enak :D

    BalasHapus
  2. Juli besok aku mau ke Bali road trip naik mobil, dan planningnya bakal transit semalam di Surabaya mba. Jadi mau puas2in eksplor kotanyaaa 😍. Udah lama banget ga kesana. Aku penasaran Ama makanan2 yg belum aku coba di Surabaya

    BalasHapus