Sunday, 27 September 2015

Punya Ambeien Saya Bisa Melahirkan Normal

Assalamualaikum.

Punya Ambeien Saya Bisa Melahirkan Normal. Seminggu sebelum lahiran, pas bangun tidur kok ada sesuatu yang aneh ya di anus saya. Ada apa gerangan? Perkara Pertanyaan “Sudah Lahiran Belum?” yang bikin galau saja belum kelar, eh ini kok ada lagi. Duh duh duh, bikin saya lupa bersyukur *tepok jidat

Penasaran, saya pun lari ke kamar mandi dan meraba bagian anus saya (yang jijik maaf ya). Lah, ternyata ada benjolan kecil di bagian luar anus saya. Saat tersentuh rasanya kok sakit. Buat duduk pun sakit. Ngilu gitu. Tapi saat buat BAB nggak sakit.

Gambar posisi ambeien di anus. Ada yang di luar dan di dalam anus

Saya pun menceritakan hal ini kepada ibu. Penting nih untuk ibu hamil kalau ada apa-apa diceritakan saja kepada orang terdekat, seperti suami atau ibu. Seperti biasa, ibu selalu menenangkan saya, “Ah, paling dimakan tetep (semacam hewan sebesar kutu yang suka gigit dan mengakibatkan benjolan). Nanti juga sembuh”

Saya tak percaya begitu saja. Mengingat riwayat saya yang tiga tahun lamanya, dulu, saat kuliah, sering pulang pergi naik motor saat ke kampus selama dua jam per hari ditambah selama ini kalau kerja juga harus naik motor. Apa mungkin benjolan di anus saya itu ambeien? Searching-lah saya ke Google.

Hasilnya?

Wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. (https://id.wikipedia.org/wiki/Wasir)

Halah, paham nggak? Saya nggak. Intinya, ada benjolan di anus. Dan keterangan lebih lanjutnya ada ambeien yang di luar dan di dalam anus. Nah, kalau yang punya saya ini di luar. Alhamdulilahnya lagi adalah saat BAB tidak terlalu sakit. Masih lancar lah BAB-nya.

Perasaan takut masih ada. HPL yang semakin dekat membuat saya tambah galau. Kira-kira kalau saya punya ambeien bisa nggak ya lahiran normal? *saking parnonya, dulu, saya mikir begitu, tapi kalau dipikir ada hubungannya nggak sih?* Saya searching lagi deh Google.

Akhirnya saya menemukan beberapa artikel tentang ambeien untuk ibu hamil. Ada yang mengatakan kalau pengidap ambeien tidak bisa melahirkan normal *nangis di pojokan*, ada yang mengatakan kalau ambeien harus segera diangkat sebelum melahirkan, tapi ada juga yang mengatakan kalau bisa kok pengidap ambeien tetap melahirkan normal *ini yang saya cari*.

Saya pun berusaha untuk tenang. Tetap berkeyakinan untuk bisa melahirkan normal. Bismillah pokoknya deh ya. Dan saya memilih tidak menceritakan hal ini ke bidan saya. Takut kalau nanti harus ada tindakan yang tidak terduga. *jangan ditiru*

Sampai hari H pun tiba, 12 September 2015. Saat saya sudah berbaring di atas ranjang, tidak sanggup lagi untuk jalan-jalan karena sudah bukaan delapan, bu bidan pun menemukan keanehan di anus saya.

“Nah, gini nih, kalau hamil tua, penyakitnya keluar semua. Ini lho Mbak, anakmu punya ambeien.” tutur bu bidan.

“Oh, benar, Bu. Kemarin Ika memang ngeluh ada benjolan di anusnya. Lha gimana, Bu? Bahaya apa tidak?”

“Nggak papa. Nanti kalau sudah lahiran ya jangan makan makanan pedas ya. Butuh waktu lama untuk pulih-hilang benjolannya-bisa sampai 3 minggu. Kalau ngilunya sih hanya 3 hari sejak munculnya benjolan.” jelas bu bidan.

Alhamdulillah, Punya Ambeien Saya Bisa Melahirkan Normal. Belajar dari pengalaman, ambeien ini secara medis memang belum ada ketentuan yang paten penyebabnya apa. Tapi dari gaya hidup saya, ambeien ini muncul bisa jadi ya karena kebiasaan saya sering naik motor dan kebanyakan duduk. Solusinya? Ya, salah satu yang enak ya, makan makanan yang berserat. Akan tetapi, untuk mempercepat penyembuhan ambeien ini saya menggunakan berbagai resep tradisional. Tunggu sharing saya tentang resep tradisional untuk proses penyembuhan ambeien saya ini ya.

Kalau Anda pernah memiliki pengalaman yang sama seperti saya? Atau punya resep jitu untuk menyembuhkan ambeien? Boleh dong saya dicolek!

Baca juga: Kamu Punya Ambeien? BAB-mu Berdarah? Begini Cara Mengatasinya

18 comments:

  1. Eh, ambeien itu karena kebanyakan duduk ya? Aku pikir karena makanan yg dikonsumsi kurang berserat, ga pernah makan buah dan sayur misalnya.

    Nice info mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada ketentuan pasti penyebab ambeien apa mbak. Tapi untuk kasus saya kebanyakan duduk karena selama ini saya sudah berusaha makan makanan yang berserat. Ih, PD bgt ya. xixixixi.

      Delete
  2. Stadium brp mba? Kt tmn yg dokter kalo msh ringan msh bs sembuh dan bs di tambah obat. Kalo uda yg parah bgt paling cm bs di cegah kumatnya ato operasi... aku pun pny ambeien alhamdulillah gpp karena lahirannya SC. Hehehe tp iparku yg uda parah bgt alhamdulillah gpp sampe melahirkan 3x.. dont worry be happy mba..
    Kmrn di dokter Oz jg di blg gpp..umum katanya kalo bumil ambeien..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo SC ambeien nggak jadi masalah ya mbak. Maksudnya nggak jadi pikiran. Beda jalau mau normal. Jadi parno kayak saya. Hihihi.

      Iya di beberapa artikel memang menyebutkan kalo ibu hamil kebanyakan kena ambeien.

      Saya kurang tahu stadium berapa. Melihat yg saya rasakan stadium nya masih rendah. Semoga segeraaa bisa sembuh.

      Delete
  3. Wah, aku belum pernah hamil/melahirkan, jadi gak tau, hihihi. Tapi katanya yang bagus untuk orang ambeien itu kalau pup sambil duduk, ya? Soalnya kalau jongkok malah keluar :D Btw, selamat ya lahirannya lancar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama hamil tua saya kalau pup selalu duduk mbak. Dan ini setelah melahirkan selalu sambil berdiri dan memang tidak terasa sakitnya.

      Makasih ya mbak.

      Delete
  4. Okey, aku tunggu sharing cara tradisionalnya ya. Aku ambeien tp dulu waktu lahiran cesar semua, lagipula waktu itu blm ambeien.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak,
      Kuncinya sabar ya Mbak.
      Jangan makan pedas dan tiap hari oleskan bawang putih di ambeien. Perubahannya gak terlau signifikan sih tapi ada perubahannya

      Delete
  5. eh suamiku kayaknya juga pernah ngalamin sakit an benjolan di situ mbak. tapi sakitnya cuma sewaktu2 pas di bawa ke dokter gapapa katanya..

    aku tunggu rilis foto babynya :)))

    ReplyDelete
  6. Ditunggu resep tradisionalny bun, soalny aku mh setelah melahirkan malah keluar ambeieny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak,
      Kuncinya sabar ya Mbak.
      Jangan makan pedas dan tiap hari oleskan bawang putih di ambeien. Perubahannya gak terlau signifikan sih tapi ada perubahanny.

      Delete
  7. iyahh mbaa...hati hati jaga makananya jnngan yg pedas2 mbaa...
    salam blogger

    ReplyDelete
  8. Ia niih jadi takut aq, dah w38 dan benjolan di anus ada lumayan banyak segede kacang lah, aman ga ya itu,, jadi ngeri ni kepikiran bisa normal ga lahirannya, pas bab sih ga sakit dan gada darah, tapi beres bab itu aga nyut2 pantat nya pas aq liat ternyata benjolannya banyak ada saran ga bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada banyak ya? Punyaku ada satu aja. Coba dikonsultasikan saja Mbak ke dokter. Jangan malu.

      Delete
  9. Saya sebulan lagi hpl.tp ambiennya belum sembu.tp saya niat bgt lahiran normal..bisa gk ya.takut bgt nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ambeien ada sejak sebelum hamil ya, Mbak?
      Yakin saja bisa. Pokoknya konsultaiskan ke dokter atau bidan.

      Delete
  10. Alhmdulillah udh lahiran kmrn tgl 10 dn bisa normal.. ambiennya ad pas hamil aj mbk.tp skrng udh sembuh /hilang setlh abis lhiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambeien nya derajat brp mba? Pas proses lahiranya ambeien nya makun kluar tidak?

      Delete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!