Sunday, 18 October 2015

Saat Ibu Menyusui Terkena Diare

Assalamualaikum.

Kata banyak orang, ibu menyusui itu tidak boleh makan pedas. Nanti anaknya malah diare. Lah, ini saya makan pedas kok malah saya yang diare? Ghifa sih stay cool aja.
Ghifa sudah pinter nge-dot
Ceritanya, saya termasuk orang yang termakan mitos larangan makan pedas bagi ibu menyusui. Makanya, selama ini saya makan pedas ya bisa dihitung pakai jari. Itu saja perlu latihan. Latihan? Iya, sedikit-sedikit. Kalau misal makan sambal ya cabenya hanya satu, sayur oseng pun juga seperti itu. Nggak enak banget. Alhasil, selama ini kalau makan ya sama sayur bayam, sop, itu-itu saja. Padahal lidah saya sudah gatal banget pengen makan bebek goreng lalap sambal yang mak nyuuusss...

Nah, kemarin itu pas acara selapanan Ghifa, saya kan bingung mau makan apa. Menunya itu-itu saja, kebanyakan pedas pula. Alhasil, menu saya seharian hanya makan dengan kering tempe dan telur. Hihihi...kering tempenya itu lumayan pedas. Paginya....bisa ditebak saya langsung diare. Kaget kali ya perut saya karena lama tak makan pedas.

Sejam bisa BAB sampai tiga kali. Dah gitu anus rasanya perih banget. Apalagi saya punya ambeien yang pernah saya ceritakan di Punya Ambeien Saya Bisa Melahirkan NormalMakin menyiksa. Mengingat saya sedang menyusui (meskipun ada ASIP) tentu takut dong kalau mengkonsumsi obat diare secara sembarangan. Bisa sih kalau ASIP-nya dibuang dulu kalau misal dipompa. Tapi sayang banget. Ibu pun menyarankan untuk mengkonsumsi obat diare secara tradisional saja.

Obat diare secara tradisional itu apa? Cukup menyediakan garam dan daun jambu biji yang muda. Begini nih, dua lembar daun jambu biji yang muda dicuci bersih. Di tengahnya beri garam secukupnya, gulung, kunyah sampai halus dan telan bersama air. Pahit dan nggak enak sih. Tapi asli diare saya mampet dan saya pun tak perlu khawatir ASI saya mengandung zat kimia yang berbahaya.

Kalau ibu menyusui yang lainnya punya tips apa untuk mengatasi diare agar tak berpengaruh pada ASI? Sebagai pecinta masakan pedas rasanya tersiksa kalau nggak makan makanan yang pedas :(

Baca juga Saat Ibu Menyusui Masuk Angin

3 comments:

  1. Kalau ibuku sih biasanya menghindari makanan/minuman yang menyebabkan diare X)

    ReplyDelete
  2. aku pernah sekali untungnya gak lama kalo gak kasihan kan bayinya ya

    ReplyDelete
  3. saya pernah mbak pas anak masih menyusu umur 3 bulan diare berat, sampai sehari bisa 50 kali.. setelah ditelusuri efek stress dan asam lambung naik.. jadi minum antasida, alhamdulillah pulih..

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!