Saturday, 30 April 2016

Mau Bersedekah Setiap Hari? Ngeblog Aja!


Mau bersedekah setiap hari? Ngeblog aja! Kok bisa? Sadarkah Anda, blogger, dengan tulisan Anda yang bermanfaat, Anda sudah bersedekah lho. Apalagi di dunia yang serba instan ini banyak sekali urusan manusia dihubungkan dengan internet. Misalnya, ibu-ibu yang mau milih diaper untuk anaknya cari review dulu di internet. Bayinya bisulan, cari cara mengatasinya juga di internet. Nah, pertanyaannya sekarang adalah sudahkah Anda, blogger, menulis postingan yang bermanfaat?


Bunda Niar yang memakai baju merah
Foto by: clovewebstudio.com
Setelah membaca profil Bunda Mugniar di blognya, Mugniar’s Note, saya baru sadar betul kalau menjadi seorang blogger itu bisa bersedekah setiap hari. Bunda Mugniar Marakarma ini adalah perempuan blogger seusia ibu saya tapi sangat produktif dalam menulis. Karyanya bertebaran di mana-mana, baik online maupun cetak. Berbagai lomba telah dimenanginya. Dan awal April lalu, beliau masuk TV nasional karena passionnya, menulis di blog, khususnya. Keren! Saya yang masih muda, malu banget.

Mau Bersedekah Setiap Hari? Ngeblog Aja!
Ngeblog ala Bunda Niar
Anda sudah pernah berkunjung ke blognya? Sesekali saya main ke sana. Sudah lama saya memfollow blog milik blogger Makassar ini. Tulisannya sangat rapi dan runtut.  Tanda baca genap, EYD pas, tapi tetap enak dibaca, dan nggak kaku. Apa karena sudah terbiasa menulis di media cetak ya? Makanya di blog pun rapi, lengkap dengan tanda bacanya yang tak berlebihan.

Berdasarkan postingannya, saya menilai beliau itu sosok yang rapi, rajin, telaten dan ulet. Kok tahu? Lihat saja, dari gaya tutur katanya (lewat tulisan ya). Dan yang membuat saya melongo adalah beliau telaten menuliskan portofolio prestasinya di laman Jejak Saya. Ya Allah, semua diarsipkannya. Kok sempat ya?

Mau Bersedekah Setiap Hari? Ngeblog Aja!
Kenali Bunda Niar lebih jauh
Kekaguman saya semakin bertambah saat tahu kalau beliau ini ternyata ibu dari 3 anak, mengurus semua pekerjaan rumahnya sendiri, dan juga merawat kedua orang tuanya yang sudah sepuh. Bisa dibayangin kan ya bagaimana sibuknya beliau, tapi tetap saja ada waktu untuk menulis.

Ketekunannya dalam menulis telah banyak membuahkan hasil, salah satunya adalah eksistensi blognya. Dari keempat blognya, Mugniar’s Note, salah satu blognya memiliki DA 31 dan PA 15. Itu termasuk angka yang WOW banget lho. Wajar saja sih, beliau sangat up to date. Tak pernah dibiarkannya blog miliknya itu kosong melompong per bulannya.

Mau Bersedekah Setiap Hari? Ngeblog Aja!
Perhatikan poin PA dan DA blog Bunda Niar tersebut
Dari semua keistimewaan yang dimiliki Bunda Niar ini, dapat saya ambil kesimpulan bahwa seorang perempuan itu bisa juga bermanfaat bagi lingkungannya. Tak kenal usia, kesibukan, dan profesi. Bagaimana caranya? Cara termudah adalah dengan menulis. Menuliskan apa yang kita tahu, alami, dan rasakan agar bermanfaat bagi orang lain di blog dengan baik.

Adakah kriteria blog yang baik? Menurut Bunda Niar (saya lansir dari clovewebstudio.com), blog yang baik itu ada 3 cirinya:
  1. Blog yang apa adanya menampilkan bloggernya. Maksudnya bisa merepresentasikan karakter blogger di belakangnya.
  2. Blog yang bloggernya selalu berusaha memberikan update, paling tidak dalam sebulan ada 4 tulisan di dalamnya.
  3. Blog yang bloggernya juga memperhatikan kenyamanan pengunjung/pembaca. Ini berarti, bloggernya rajin mempelajari apa saja yang membuat pengunjung merasa nyaman “di dalam” blognya

Apakah blog Anda sudah memenuhi 3 ciri tersebut?

Sekarang, bagaimana membuat postingan yang bermanfaat? Postingan yang bermanfaat bukan berarti postingan yang harus bersumber dari para ahli ya. Postingan yang berisi pengalaman sehari-hari yang kita bumbuhi informasi dari artikel yang kita baca juga bisa jadi postingan yang bermanfaat lho. Terpenting, sebelum postingan Anda publish, tanyakan pada diri Anda, apakah postingan ini pantas dipublish? Apakah akan ada yang membutuhkan postingan ini? Adakah yang merasa dirugikan dengan postingan ini? Kalau jawabnya, tidak. Bismillah, publish, dan postingan Anda akan bermanfaat bagi banyak orang. Jangan sungkan pula untuk menshare postingan Anda di sosial media agar lebih banyak orang yang membaca, banyak yang terbantu dengan postingan Anda, dan Anda tentunya banyak bersedekah.

Sudahkah Anda siap untuk menulis postingan yang bermanfaat?

11 comments:

  1. Bunda Niar updatenya yang mantap. Nggak kudet pula orangnya.

    ReplyDelete
  2. Aku beluuuummm...
    Masih suka kosong melompong blognya T_T

    ReplyDelete
  3. Ika, bisa nemu foto itu yah hehehe. Iya, itu hasil wawancara dengan teman, blogger Makassar juga :)

    Mudah2an kita bisa terus menulis sampai tidak bisa menulis lagi ya :)

    Terima kasih apresiasinya Ika, yuk terus belajar dan bersedekah.

    ReplyDelete
  4. Salut sama emak2 yang masih bisa ngeblog meski urusan kerja dan rumah tangga bikin sibuk setiap hari ^^

    ReplyDelete
  5. Heheee belum deh kalau memenuhi 3 kriteria. Aku masih apalah2 :)) Salut untuk para ibu :))

    ReplyDelete
  6. Poin nomer 3 itu, diresapi dulu ah. Itu poin penting juga tp sering aku lupa.

    ReplyDelete
  7. Sedekah memang tidak harus berupa uang

    ReplyDelete
  8. sedekah yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain ya mak

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, ngeblog menjadi jalan sedekah ilmu ya mba.... makasih diingatkan..

    ReplyDelete
  10. Salah satu amal yang tetap ada meskipun kita sudah meninggal adalah ilmu yang bermanfaat. Mudah-mudahan dengan menulis di blog, tulisan kita yang bermanfaat bisa jadi amalan yang gak akan terputus.

    ReplyDelete
  11. Iya bener jika diniati berbagi kebaikan bisa menjadi nilai sedekah yg ga putus-putus yaa.

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!