Wednesday, 9 March 2016

Mengatasi Bisulan pada Bayi Secara Alami

Assalamualaikum.

Mengatasi bisulan pada bayi secara alami. Siapa yang bisulan? Ghifa-lah, siapa lagi? Tak heran lagi kalau Ghifa kena masalah kulit. Memang kulitnya sensitif banget. Biang keringat, ah sudah biasa. Ruam popok? Lewat lah. Semua sudah pernah dialami oleh Ghifa. Dan saya, sudah menyiapkan senjata untuk menghalau kedua masalah tersebut. Nah, kalau bisulan ini kan masalah baru, bagaimana?

mengatasi bisulan pada bayi secara alami

Bisul atau dalam bahasa Jawa itu sering disebut udunen adalah benjolan pada kulit berwarna merah dengan nanah di dalamnya. Rasanya sakit dan perih. Kalau tersentuh rasanya senut-senut. Bahkan ada yang sampai demam lho.

Kalau Ghifa? Sejauh ini nggak rewel sih. Tapi kalau kesentuh dia agak kaget. Pas bisulnya sudah mateng, ibu saya suka gemes. Dipencet deh, dia nangis walau sebentar. Selesai dipencet ya diam. Pas diajak main ya tertawa-tawa lagi. Pun tidak demam. Saya berani mencet nggak? Berani sih tapi nggak tega. Hihihi...sama aja bohong.

Anda pernah bisulan juga? Bisulan ini memang biasa terjadi pada setiap orang, tak mengenal usia. Kok bisa bisulan? Ternyata ada beberapa faktor penyebabnya nih, diantaranya: kurang menjaga kebersihan badan dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.

Soal kurang menjaga kebersihan badan, pas pertama kali Ghifa bisulan di kaki, saya menduga sprei di kamar kotor. Akhirnya saya cuci. Bisul di kaki sembuh, gantian di kepala bagian belakang. Saya menduga sprei kasur lantai Ghifa yang biasa dibuat main di ruang tengah yang kotor, saya cuci. Lah ini kok malah muncul lagi bisul di bagian kepala tepatnya atas telinga. Apa yang salah? Perkara mandi saya selalu berusaha membersihkan seluruh bagian tubuh Ghifa sampai bagian tubuh yang sulit dibersihkan seperti leher, pangkal paha, dan balik lutut lho. Masak iya gara-gara mandinya kurang bersih?

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein? Karena Ghifa masih ASIX, apa mungkin ini ya penyebabnya? Tapi sepertinya saya juga tidak terlalu banyak makan telur, sea food, atau makanan lain yang mengandung protein. Terus apa dong?

Tinggalkan masalah faktor penyebab bisulan, mencari solusi untuk mengatasi dan mencegah bisulan lebih penting ya. Alhamdulillah sekali, keluarga saya memiliki dua resep tradisional untuk mengatasi bisulan pada bayi secara alami, murah meriah, dan tentunya aman untuk bayi. Apa itu resepnya?

mengatasi bisulan pada bayi secara alami

Resep 1
  1. Sediakan daun ubi jalar selembar.
  2. Lumatkan (diremas-remas) sampai berubah warna menjadi agak hitam dan keluar airnya.
  3. Tempelkan pada bagian tubuh yang ada bisulnya, kalau belum bisa menempel lumat kembali.

Resep ini lebih bagus kalau diberikan saat bisulan baru tampak, belum matang. Pengalaman saya, saat kepala Ghifa tampak bisulan kemudian langsung saya praktikkan resep 1 ini paginya bisul agak mengecil. Paling tidak resep ini dipraktikkan selama bisul masih tampak. Maksimal 3 hari bisul akan kabur.

Oya, resep ini juga bisa digunakan pada luka bisul yang sudah dipencet. Bekasnya akan cepat mengecil atau kempes.

Resep 2
  1. Sediakan 1 siung bawang putih.
  2. Kupas dan potong sebagian.
  3. Oleskan potongan bagian dalam bawang tersebut pada bisul.

Resep ini hanya bisa digunakan saat bisul baru tampak. Oya, resep ini juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang gede-gede itu lho. Langkahnya juga sama.

Kedua resep tersebut bahannya mudah didapatkan bukan? Apalagi bawang putih yang pastinya ada di dapur kita. Itulah resep mengatasi bisulan pada bayi secara alami ala saya. Anda punya resep lain? Boleh lho dishare di kolom komentar. 

10 comments:

  1. Nice inpoh, Mak. Aku juga dulu biasa pakai bawang putih buat anak2

    ReplyDelete
  2. Cepet sembuh ya dek, nice sharing mbak :)

    ReplyDelete
  3. Waaaah makasi infonya ya Maaaaak. langsung aku catet nih untuk obat anakkua kalo bisulan nanti. hehehe

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infonya :D
    Oh ya anak saya dulu bbrp kali bisulan krn cuaca panas, jd skrng udah kebal gak parno lagi sama bisul hehe. Jika muncul biang keringat biasanya saya kompres pakai air hangat, Mbak, utk mencegah munculnya bisul. Sebab air hangat/ panas membunuh kumannya. Itu info yg saya dapat dari milis kesehatan sih :D

    ReplyDelete
  5. Resepnya gampang yang no.1. Ditempatku banyak ubi jalar

    ReplyDelete
  6. Wah resepnya simpel bgt ya mak. Tfs ya mak :)

    ReplyDelete
  7. Wah kebetulan anak saya tadi pagi baru nampak ada bisul dilengan mbak Ika, katanya sih kebanyakan telor hehe ketahuan deh ibunya malas masak ya. Ntar saya coba deh yang bawang putih itu :)

    Buat Ghifa semoga nggak bisulan lagi ya :)

    ReplyDelete
  8. Kalo yang pake bawang putih, sama .. di sini juga. Kalo pake daun itu ... baru tahu saya. TFS yah. Titip sun sayang dan cubit mesra buat Ghifa yah.

    ReplyDelete
  9. Kamila waktu bayi langganan bisulan mb, sedih lama sembuhnya dan berpindah pindah hiks...ujung2nya sy bw dokter dan pernah dikasih antibiotik

    ReplyDelete
  10. makasih resep bisulannya mbak. Sangat bermanfaat. Bahan-bahannya pun sangat mudah didapat ;)

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!