Rabu, 27 Februari 2019

4 Hal Ini Jadikan Rumah Milenial Menjadi Sempurna

4 Hal Ini Jadikan Rumah Milenial Menjadi Sempurna - Seperti pasangan lainnya, inginku dulu, lima tahun tahun yang lalu sebelum menikah, sebagai pasangan milenial, memiliki rumah sendiri adalah sebuah keharusan. Kenapa demikian?


Karena printilan yang ada dalam hunian kami merupakan upaya dalam membentuk kesempurnaan hidup. Identik dengan idealisme yang tinggi, seorang milenial biasanya memiliki cara pandang yang berbeda. Ini hidup baruku dengan pasangan, maka tidak boleh ada campur tangan secara langsung dari orangtua.

Tidak heran, kalau seorang milenial diketahui memiliki perencanaan yang sangat kompleks saat memutuskan memiliki rumah sendiri. Baik saat membeli rumah hingga mengubah suasana hunian mereka. Tujuannya tentu untuk memberikan suasana yang terbaik, mulai dari mereka beristirahat dari kepenatan sehari-harinya, atau melakukan aktivitas produktif pada huniannya. Rumah adalah tempat kembali setelah seharian berkutat dengan kegiatan yang padat merayap. Setidaknya saat kembali rumah, kenyamanan adalah hal yang utama.

Melihat tren di tahun ini, ada beberapa poin yang sekiranya dapat mewakili konsep kesempurnaan dalam hunian seorang milenial.

Area Multifungsi
Kebiasaan milenial yang multi-tasking akan menuntut adanya sebuah area yang dapat mengintegrasikan aktivitas produktif di dalam huniannya. Dibanding harus memberikan satu area untuk satu aktivitas, milenial lebih cenderung untuk memaksimalkan satu ruangan untuk beragam aktivitas. Misalnya saja dengan memasukkan area bekerja mereka ke dalam kamar tidur atau membuat meja bar dalam dapur mereka.



Area Terbuka
Tidak sedikit dari para milenial yang mulai mementingkan keberadaan area terbuka dalam area huniannya. Selain memberikan kesan yang berbeda, desain area terbuka dikatakan dapat meningkatkan nilai positif baik secara visual maupun psikologis. Pandangan tersebut juga diketahui menjadi landasan generasi milenial saat memilih hunian baru mereka. Berdasarkan pandangan tersebut, saat ini tidak terlalu sulit menemukan rumah dijual dengan kondisi baru yang menawarkan area terbuka baik pada area taman depan rumah maupun bagian belakang rumah. Dalam memaksimalkan nilai positif secara visual dan psikologis, buat ruang terbuka pada rumah dengan memasukkan elemen-elemen alam. Misalnya dengan memberikan sentuhan dari tanaman-tanaman hidup atau memilih furnitur berbahan dasar kayu.

Langit-langit yang tinggi
Untuk mendapatkan nuansa hunian yang lebih segar pada hunian, membuat langit-langit yang tinggi dapat menjadi solusi tanpa harus mengeluarkan budget untuk perangkat-perangkat pendingin ruangan seperti air conditioner atau cooler. Keunggulan lainnya, kita akan mendapatkan pasokan udara alami yang lebih segar dibanding dari perangkat pendingin ruangan.



Selain memunculkan pertukaran udara yang baik, membuat langit-langit ruangan menjadi lebih tinggi, dalam pandangan desain interior, juga dapat memberi kesan yang lebih luas dalam sebuah ruangan, sekalipun bangunan hunian kita tidak terlalu besar. Lebih lanjut, langit-langit yang tinggi juga dapat memberikan kesan ruangan yang lebih terang. Untuk kesan yang lebih maksimal, sekiranya tinggi 3-4 meter merupakan ukuran yang paling ideal dalam membentuk nuansa ruangan yang luas, terang, dan segar.

Sudut Ruang yang Instagramable
Sebuah spot yang menarik untuk berfoto atau spot instagramable dapat menjadi pelengkap yang terbaik dalam rumah milenial. Ini juga mendukung kebiasaan 'update'  dalam media sosial bagi para milenial. Tidak harus membuat ruangan khusus untuk berfoto, setiap sudut ruang di dalam rumah sudah pasti dapat dijadikan sebagai objek foto atau latar belakang (background) untuk berfoto. Hal ini juga menunjang bagi para milenial yang tinggal dalam rumah bersubsidi yang hanya memiliki sedikit ruang pada huniannya. Spot tersebut bisa ada di dalam atau di wilayah luar rumah, bisa juga berjumlah satu atau lebih. Tinggal bagaimana kita memadukan sejumlah elemen dalam spot tersebut.


Ada beberapa cara dalam membuat spot yang instagramable, mulai dari memajang aksesoris-aksesoris (seperti lukisan, cermin, kain, atau hiasan logam), menggantung tanaman dalam ruangan, hingga memunculkan kesan artistik dan kreatif melalui penggambaran mural.

Bagaimana, kira-kira sudah ada pandangan rumah seperti apa yang cocok untuk kita, milenial? Atau dalam waktu dekat berencana untuk mencari atau membangun rumah milenial? Semoga 4 hal di atas bisa jadi gambaran ya. Terpenting, selain memiliki hunian, cari dulu pasangan hidup, sudah ketemu yang pas?


Semua foto direupload dari IG @kanyaka_wara_apsari

29 komentar:

  1. sudut ruanganku nggak ada yang instagramable hehehe, banyak mainan berceceran

    BalasHapus
  2. Masya Allah cakep banget foto-foto interior rumahnya. Membaca ini jadi ikut-ikutan punya rumah ala orang milenial ...

    BalasHapus
  3. Cita-cita banget punya rumah resik bingits kaya gini. Haha... kenyataannya? diberesin di depan, pindah brantakan di belakang. Diberesi belakang, brantakan pindah ke depan. Wkwkwk mamak lelahhhh akhirnya pasrah :D

    BalasHapus
  4. Aku suka sama rumahnya. Minimalis tapi nyaman.
    Inilah salah satu rumah idaman generasi millenial.
    Semoga suatu hari aku punya rumah kayak gini.

    BalasHapus
  5. Salah satu impian saya pengen punya rumah seperti di artikel ini, mudah2an jadi kenyataan, aamiin..

    BalasHapus
  6. Ya ampun ini kondisi rumah secakep ini. Simpel banget tapi bagus. Penataan rumah juga kayaknya berpengaruh ya mba

    BalasHapus
  7. Maa Syaa Allah, Homeyyy goals banget ini ya bund xD
    sebagai milineal Ujame gemes liat interior sama furniturnya.
    Lucu-lucu pisan :D

    BalasHapus
  8. aku bukan millennials tapi mendekor rumah dengan prinsip yang sama hehehe. jadi kepikiran untuk foto2in berbagai pojok rumahku hehehe

    BalasHapus
  9. huaaa kereen banget rumahnya, ini pasti bakalan bikin betah deh di rumah..
    rasanya udah gak perlu keluar lagi deh klo gak urgent, adem banget, milenialis sekali :D

    BalasHapus
  10. Suka desain rumah dalam foto penunjang. Saya juga pengen kelak punya konsep rumah yang dipaparkan Mbak meski bukan generasi milenial.
    Rumah yang langit-langitnya tinggi dan ada cahaya dari atap itu akan membuat suasana rumah lebih terang dan ceria. Kerap saya lihat bahwa rumah dengan atap rendah bikin sumpek dan panas.
    Area terbuka ingin abnget jadi tempat saya bisa bersantai menikmati hari dengan kerja, yah, kalau misalnya di ruang belakang rumah ada semacam patio dan taman mini dengan air mancur di kolam ikan, lebih segar dan adem.
    Hem, semoga suatu saat kelak impian kita akan hunian ideal tercapai, ya, Mbak. Selamat mendekorasi rumah.

    BalasHapus
  11. Langit-langit yang tinggi membuat sebuah ruangan terkesan luas ya. Duh aku tuh suka lihat dekar-dekoar rumah kaya gini. Pelan-pelan mau mulai baresin rumah ah.

    BalasHapus
  12. Waaa rumahnya millenial idaman banget ya, homey rasanya. Semoga saya dimudahkan bisa punya rumah idaman dengan tips2 atas ya mba. aamiin.

    BalasHapus
  13. Langit-langit yang tinggi merupakan impianku saat masih menyewa rumah.
    Karena eh karena aku tersiksa banget dengan langit-langit rumah yang pendek, apalagi kalau rumah kurang ventilasi, rasanya pengap banget!

    Alhamdullillah sejak bisa bangun rumah sendiri, langit-langit tinggi impian langsung aku eksekusi.

    ... rumah pun jadi lebih adem ayem apalagi dipasang AC juga, maknyos lah!

    BalasHapus
  14. ya ampun rumahnya bagus banget ya mbak.. mau dong, haha xD
    nyaman banget keliatannya.. dapet ide dekor rumah dari mana mbak? bagus menatanya, simple, tapi menarik ;)

    BalasHapus
  15. Subhanallah.. baca tulisan ini jadi ingin renovasi rumah.. damai banget lihat layout rumah diatas.. simpel tapi chic memang rumah millennial
    banget yaa.. mau banget ish punya rumah gini.. langsung follow ignyaaa

    BalasHapus
  16. Bagus banget interiornya bikin betah. Sebagai Generasi milenial, sayapun setuju atas apa yang paparkan oleh mbak karena emang seperti itu suasana milenial

    BalasHapus
  17. Aaaahhh pegngen juga menata rumah, apa daya, msh ada anak2 kecil jdnya ya gtu deeehh. Udah rapi aja mendingan haha. Tapi pengen sih punya rumah bertema apa gtu kalau pas anak2 agak gedean. Juga pas ada dananya buat renov (knp komenku jd curcol yak haha :P )
    Yg pasti pengen lha punya rumah yang rapi dan seoke di gambar2 itu :D

    BalasHapus
  18. Wkwkkw...
    Iyayaa...sebelum punya mimpi untuk bisa memiliki ruangan minimalis nan cantik ini, temukan dulu teman hidup.
    Gak perlu yang sempurna seperti Reino, yang penting setia dan bisa tinggal satu atap.

    Adudududuu~
    Komen aku yaa...terlalu.

    BalasHapus
  19. Aduuuh, itu ruangan-ruangannya kok cantik banget. Aku jadi mupeeeeng kepengen punya ruangan kayak gitu. :)

    BalasHapus
  20. Kalo rumahku udah jadi nanti, mau juga bikin satu sudut yang instagram-able yang dipake buat foto-foto, hehehe :)

    BalasHapus
  21. memiliki rumah dengan Langit-langit yang tinggi juga salah satu impianku, Mba. Dalam pikiranku, rumah yang memiliki langit-langit tinggi itu terlihat lebih lapang dan sejuk :)

    BalasHapus
  22. Pengin banget bisa mewujudkan pojok rumah yang instagramable. Asyik menatanya, trus nambahin aksesori kesukaan, lalu potret2 untuk stok di folder. Asyik deh kayaknya.

    BalasHapus
  23. Ituuu yang sudut instagramable udah jadi impianku sejak lama, Ka. Apalagi kita kan butuh buat pepotoan baik buat konten maupun produk. Alhamdulillah sekarang udah ada meski yaa seadanya, hihi. Dan liat postingan Ika hasrat untuk memperindah rumah pun kembali bangkit (halah :D)

    Model skandinavian ini kan ya, semoga suatu saat bisa punya rumah sendiri yang nyaman dan bisa menata sesuai keinginan. Amin!

    BalasHapus
  24. Rumah impian saya banget nih mbak, btw saya juga sudah lama follow IG mbak Kanyaka karena suka liat bagaimana cara dia menata rumah. Keliatan adem banget.

    BalasHapus
  25. 4 hal itu bener banget, terus bawaannya jadi punya rumah baru. Udah kebayang sih punya rumah mungil dengan banyak ruang terbuka dan semua sudutnya instagramable, sirkulasi udaranya baik dan semua ruangnya multifungsi. Semoga bisa diwujudkan saat anak2 sudah pada kuliah

    BalasHapus
  26. Gambarannya biki ngiler semua desainnya mba Diyanika. Pengen juga punya yang beginian hehehhe semoga aku dan suami punya rumah sendiri. Aamiin

    BalasHapus
  27. Pengen banget jane aku punya rumah ala ala gini milenial yang sempurna.. insya Allah bisa!

    BalasHapus
  28. Ya ampun cantik banget mba pengen punya rumah seperti ini, tapi printilanya itu bikin kantong lumayan jebol.

    BalasHapus
  29. Pengaturan ruang dan desain interiornya cakep banget ini. Thank you sudah menuliskannya. Bisa juga nih ditiru, secara rumah saya berantakan banget dan belum punya sudut yang instagramable gitu. Perlu sediakan waktu nih untuk beberes.

    BalasHapus

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!