Saturday, 24 October 2015

Kembali Langsing Pasca Melahirkan? Bisa Kok!

Assalamualaikum.

Selama hamil, tepatnya pas hamil tua saya enggan banget foto. Malu. Karena saya terlalu gendut. Sampai-sampai banyak yang bilang kalau saya nggak bakal bisa balik kurus seperti dulu lagi (baca sebelum hamil).

Wajar saja, sebelum hamil berat badan saya 52 kg. Terakhir, sebelum lahiran berat badan saya jadi 78 kg (Baca: 8 Hal yang Harus Dilakukan Bumil Setelah Divonis Memiliki Berat Badan Di Atas Normal). Nggak normal kan? Saya mikirnya yang penting saya sehat pun bayi dalam kandungan saya.

Sampai pada hari selapanan Ghifa tiba. Banyak saudara jauh yang datang dan kaget.

“Lho?! Sekarang kok langsing?? Kok bisa?!”

Saya hanya nyengir dan dengan bangganya bilang, “Oh saya gitu lho!” Dalam hati saya, ih, kalau saya gendut pasti jadi bahan ejekan. Jadi, bersyukur banget bisa (hampir) kembali ke berat badan semula.

Tadi sore, saat ke dokter keluarga saya sempat nimbang berat badan. WOW. Berat badan saya turun lagi jadi 58 kg. Tinggal dikit lagi untuk bisa kembali ke berat badan semula *nyengir*. Apa rahasianya? Saya bagikan tips sesuai pengalaman ya.


1.Ngasi

Pernah baca, kalau sekali menyusui atau ngasi bayi kita, maka 400 kalori dalam tubuh akan ikut terbakar. Benar saja, kalau pas ngasi saya sering keringetan terus ngerasa haus banget. Wah, makanya langsung bisa kurus ya. Kalau ada yang beranggapan ah kalau memompa ASI juga bisa menurunkan berat badan, itu keliru. Tepatnya itu adalah saat kita menyusui bayi kita secara langsung. Nah, kalau mau turun berat badannya, ayo ngasi!

sumber gambar: www.gudangkesehatan.com

2.Istirahat Cukup

Kalau Ghifa tidur saya ikutan tidur (seringnya pas malam hari). Itu saya lakukan saat awal-awal setelah masa persalinan. Maklum lah, tubuh belum pulih betul. Kalau sekarang ya sudah agak berkurang. Kalau Ghifa tidur ya saya ngapain gitu. Misal buat postingan atau apalah. Tapi masih sering ikutan tidur sih. Biar nanti kalau pas Ghifa bangun tengah malam saya siap siaga. Tubuh pun nggak akan terlalu kecapekan. Takutnya kalau kurang istirahat malah sakit (Baca: Saat Ibu Menyusui Masuk Angin) yang ujung-ujungnya akan berpengaruh pada ASI dan tentunya ke bayi.

sumber gambar: log.viva.co.id

3.Makan Makanan Berserat

Mentang-mentang ngasi terus makannya jadi dobel? Selama ini saya kalau makan ya porsi biasa. Sehari tetap tiga kali. Hanya saja, sayur hijau dan kuahnya saya perbanyak. Seringnya sayur yang saya konsumsi ya sayur bening, sayur sop, oseng kangkung. Terus buah juga tak lupa saya konsumsi. Seperti, pepaya, pisang, apel, dan jeruk. Manfaatnya apa kalau kita makan makanan berserat? Ya, BAB jadi lancar dan mudah. Tak ada sampah yang tertimbun di perut. Oya, soal jenis makanan juga harus hati-hati ya. Jangan sampai salah makan eh jadi diare (Baca: Saat Ibu Menyusui Terkena Diare)
sumber gambar: budayahidupsehat.wordpress.com
4.No Nyemil

Selesai ngasi laper. Tengah malem laper. Terus? Boleh kok makan. Tapi makan sayur atau buah saja. Jangan makan nasi. Katanya mau langsing?

sumber gambar: www.womenshealth.co.id
5.Minum Air Putih yang Cukup

Poin yang satu ini nih hobi saya banget. Sejak kecil pun saya hobi banget minum air putih. Kemana saja selalu bawa botol minuman. Pas kuliah sampai dapat sebutan galon berjalan. Manfaatnya apa kalau minum air putih yang cukup? Salah satunya tidak masuk angin. Kok bisa? (Baca: Saat Ibu Menyusui Masuk Angin)

sumber gambar: www.sikeke.com
6.Nikmati!

Nikmatilah peran sebagai ibu baru. Pasca melahirkan luka jahitan saya memang lama sembuhnya. Hampir satu bulan baru sembuh. Akan tetapi, ibu selalu mengingatkan saya untuk belajar mandiri merawat Ghifa. Salah satunya, saat tengah malam Ghifa minta ngasi, pup, atau pipis, ya saya. Pas belum sembuh, suami, tapi saya ikutan bangun juga membimbing suami bagaimana caranya ini itu dan sesekali membantunya. Anak kita berdua yang ngurus ya berdua. Tips ini nih yang menurut saya paling ampuh membuat saya langsing lagi. Lah sedikit banyak jadi sering begadang. Ah, nggak juga sih, Ghifa nggak pernah rewel. Paling semalam bangun 2 sampai 3 kali, kalau sudah ngasi ya balik tidur lagi. Sehat-sehat ya, Nak!

sumber gambar: www.molto.co.id
Itu tadi 6 tips Kembali Langsing Pasca Melahirkan ala saya. Bisa jadi tips tersebut juga berlaku bagi Anda, atau mungkin punya tips lainnya? Boleh lho sharing di sini. 

28 comments:

  1. Asiikk! Jagi begitu ya mbak. Selamat udah langsing lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Dek, xixixixi...*ngelirikbajulawas*

      Delete
  2. horeee.....
    cepet gemuk atau kurus pasca melahirkan juga tergantung masing2 badan,ada yang gennya gemuk,rada perjuangan kurusnya,ada yang kurus,dan yang begini biasanya nggak perlu diet dan perjuangan udah kurus sendiri..
    okeh,catet tipsnya,nanti dicobain hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip Mbak. Saya cepet gemuk tapi cepet juga kurusnya ya.
      Alhamdulillah....*senengbinggo*

      Delete
  3. Yahh ga bisa buat yg belum hamil padahal mau diet tapi belum punya asi nih *loh* wkwkwk :D

    Xoxo,
    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  4. senangnya punya tubuh yang gampang balik ke ukuran semula, gak semua orang bisa seperti ini :)

    salam kenal mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya patut bersyukur nih ya.

      Salam kenal kembali Mbak.

      Delete
  5. wow noted buat saya kelak kalau udah hamil hehe...

    ReplyDelete
  6. Kalau kaya saya gimana nih ya mbak rasanya udah desperate bgt BB bertahan di 54kg mau turun sekilo aja sulit.. No ngemil saya coba ahh siapa tau berhasil.. Terima kasih yaaa sharingnya hehhee
    Mampir ya mbak ke blog saya juga http://yasinyasintha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Busui juga nggak Mbak? Olah raga coba mbak.

      Delete
  7. Waduh mb ika, aku nlum hamil ja dah ndut 48 kilo, gmn tar uda dung y, hihiiikk
    Ngemil itu syusaahhhh dilanggar

    ReplyDelete
    Replies
    1. 48 gendut? Nggak ah! Hihihi.
      Ngemil boleh asalh ngemil sehat.

      Delete
  8. iya aku juga kurang dari sebulan pasca melahirkan eh udah turun sepuluh kg..walaupun masih butuh perjaungan buat kembali ek asal...pantesan ya kalau ngasi suka geraaahh bangettt...makasih tipsnya ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang entah sudah kembali ke BB semula atau belum tapi tubuh rasanya enteng banget Mbak.
      Iya, geraaah minta ampun. Tapi lihat dek bay senyum ceria seneng minta ampun.

      Delete
  9. yang paling susah... nyemil..he2, tapi klo habis lahiran pke kontrasepsi... bisa gemuk..lgi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ini langsung pake kontrasepsi alhamdulillah tidak gemuk Mbak.

      Delete
  10. Wah keren. Aku masih kelebihan 10kg. Asi-ku gak banyak euy kalo gak ngemil. Jadinya ya, babat terus ngemilnya. Hehehehe... mungkin karena sugesti juga, ya. Tapi, biasanya sih, kalo abis nyapih, baru BB normal lagi. Nafsu makannya turun. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya banyakan ngemil sayur ma buah Mak. Ya sesekali makanan berat juga sih kayak kue bandung. Kan kalau laper si dedek rewel juga. Ah yang penting jangan kepikiran diet lah kalau masih NGasi.

      Delete
  11. Saya bb cepat naek turunnya susah..tapi paling cpt turun kalo puasa sama begadang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau begadang saya juga cepet banget Mak. Kalau puasa kan ada jurus pembalasan, hahahaha.

      Delete
  12. Duh kalau aku sih belum nikah jadi belum ngalamin hamil :) Cuma kalau minum air suka kelupaan aja. Padahal sih pengen kulitnya lembut dan kenyal dan ga kering :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Efi wajahnya kelihatan agak pucet kurang seger juga. Ayo mbak banyakin minum air putih yuk!

      Delete
  13. Whoaaaa... Aku pasca melahirkan memang turun sih dari 80 ke 63, tapi masih tetap gendut. Penyebabnya adalah ngemiiil

    ReplyDelete
  14. Aku baliknya juga dikiiit banget. Tp aku punya alesan krn keluargaku besar2 :D

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!