Saturday, 7 November 2015

Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Assalamualaikum.

Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil. Hamil adalah suatu fase yang begitu menyenangkan bagi saya. Tak perduli perut yang semakin buncit, BB yang naik drastis (Baca juga: Perubahan Bentuk Tubuh Bumil Baca juga: 8 Hal yang Harus Dilakukan Bumil Setelah Divonis Memiliki Berat Badan Di Atas Normal), dan wajah semakin bulat. Tapi selama hamil ada satu kekhawatiran saya, yaitu kaki saya yang bengkak. Kok bisa?

Kaki saya bengkak saat usia kehamilan saya memasuki usia 8 bulan. Awalnya saya kira karena memakai sepatu pas di sekolah. Saya coba pakai sandal masih saja bengkak. Akhirnya saya periksa ke bidan.

Apa kata bidan? Ada 5 kemungkinan:

1. Bawaan bayi 
Percaya nggak percaya deh yang satu ini. Kata orang tua bengkaknya akan menghilang bersama lahirnya Ghifa.

2. Tekanan darah yang tinggi (bisa diketahui melalui tes urin)
Hasil pemeriksaan saya negatif

3. Kurang olah raga
Olah raga apa sih yang bisa dilakukan oleh ibu hamil? Jalan-jalan lah salah satunya (Baca juga Olahraga yang Paling Cocok untuk Bumil). Tiap pagi saya selalu jalan-jalan selama 30 menit dengan kaki telanjang. Kok masih bengkak?

4. Faktor ukuran dan waktu lamanya memakai sepatu
Ibu hamil pasti mengalami kenaikan berat badan ya. Apalagi saya overweight. Hihihi. Nah karena BB naik pasti ukuran sepatu pun ikutan berubah. Sepatu sekolah saya (biasanya memakainya selama 5 jam-an) jadi nggak kepake semua. Akhirnya saya beli sepatu sandal yang ukurannya 42. Hahaha. Tapi kaki saya tetap bengkak.

5. Terlalu banyak duduk atau berdiri
Sepertinya kemungkinan yang kelima ini penyebab kaki saya bengkak deh. Saya kebanyakan duduk. Kalau duduk kaki saya seringnya tidak lurus/selonjor. Intensitas duduk dan berdiri bagi ibu hamil memang harus seimbang. Ibu hamil harus banyak bergerak.

Dari kelima kemungkinan di atas pernah Anda alami juga? Apapun yang terjadi intinya ibu hamil harus tetap bahagia ya (Baca juga yuk: Mengapa Bumil Harus Bahagia?). Nah, saya akan berbagi tips Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil nih.

Sediakan:
1. Air hangat
2. Garam
3. Baskom (tempat air) yang terbuat dari besi (agar airnya tahan hangatnya)

Caranya:
1. Campurkan garam dan air hangat ke dalam baskom.
2. Aduk rata
3. Rendamlah kaki sampai bagian bengkaknya tenggelam

Kenapa harus menggunakan air hangat dan garam? Karena larutan tersebut dapat memperlancar peredaran darah yang ada di kaki (bengkak). Lakukan tips ini setiap pagi hari dan petang hari. Oya, jangan lupa sering-sering duduk dengan kaki lurus/selonjoran agar peredaran darah lancar!

Sehat selalu ya bumil :)

12 comments:

  1. woohh bisa begitu ya :3 kok jadi kelingan ibuku waktu dulu mengandung saya :'( pengorbanannya sungguh sungguh gak kebayang...

    ReplyDelete
  2. Wah nanti kalau aku udah didaulat jadi istri, bisa nih nerapin tips dari Mbak Ika.

    ReplyDelete
  3. betul itu, aku dulu jarang kakinya bengkak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bunda tips ini saya dapat dari bunda juga lho...
      Makasih ya bun

      Delete
  4. Aku pas uda memasuki cuti melahirkan justru bengkak krn kurang gerak.. pas ngantor justru ga bengkak byk wira wiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang gerak memang bisa jadi penyebab kaki bengkak pada ibu hamil mbak.

      Delete
  5. Pertolongan pertama nya bisa diterapkan untuk kaki sakit habis lari ngga? Hehehe

    ReplyDelete
  6. Dicatet nih infonya. Beberapa tahun lagi kalo kakiku bengkak juga, udah ada solusinya dari kak Ika :D

    ReplyDelete

Maaf ya teman-teman untuk sementara komentar saya moderasi. Selain banyaknya spam yang masuk, saya juga ingin membaca satu per satu komentar yang masuk dan bisa berkunjung balik ke blog teman-teman. Happy Blogging!