Minggu, 31 Desember 2017

Mengolah Egoisme Ketika Anak Sakit Tifus


Tiba-tiba di depan rumahku ada angin yang berputar-putar sangat cepat. Semakin dekat. Daun yang masih ranum ikut tergulung di dalamnya. Hitam pekat. Semua yang ada di dalam rumah berlarian sambil berteriak meminta tolong. Itu badai. Tak tahu kenapa aku hanya melongo. Tertegun bagai patung.


"Mi...Mi...Mi...bangun...."

Ada yang menepuk pipiku.

Aku tersadar. Kaget. Badanku terasa kaku. Persis seperti dalam mimpi.

"Mimpi apa, Mi?" tanya abi. Aku hanya menggeleng sebisaku.

Lupa.

Rabu, 27 Desember 2017

5 Kegiatan Akhir Tahun Bersama Anak yang Murah Meriah

Huuuuuhhhh...
Haaaaaaahhhhh!!

Rasanya legaaa banget. Apanya yang lega? Itu lho habis bagi rapot anak-anak. Rasanya pundakku sudah bisa digoyang-goyangkan lagi nih. Bisa jogetan sama Kakak lagi. Hihi.

Emang segitunya ya?

Iya, jujur saja, banyak drama di balik pembagian rapot anak-anak, kemarin. Makanya, saat Sabtu terlewati rasanya alhamdulillah banget. Semua berjalan sesuai dengan apa yang aku targetkan. Semoga wali murid juga puas dengan apa yang aku lakukan di semester ganjil ini. Pokoknya selamat datang liburan bau-bau sekolah. Hahaha.

Mandi bola dulu ya 😁

Rabu, 20 Desember 2017

Mesin Cuci untuk Ibu


Mesin Cuci untuk Ibu. Bulan Desember ini sepertinya postingan di blogku akan banyak bercerita tentang ibu. Ditambah lagi arisan bloger Gandjel Rel kali ini, yang ditarik oleh Mbak Chela dan Mbak Noorma pun melempar temanya tentang kenangan bersama ibu. Yihaaaa...

Dari sekian banyak cerita bersama ibu, yang paling baru kulalui dan bikin hepi bersama ibu adalah bulan lalu (11 November 2017), aku berhasil membelikan mesin cuci untuk ibu. Alhamdulillah.

Rabu, 06 Desember 2017

Andai Nilaiku Tidak B



Ehm, aku mulai dari mana ya ceritanya? Oke, sebenarnya tema arisan yang ke 16 ini, dari Mbak Icha dan Mbak Yuli, aku bingung mau cerita tentang guru yang mana. Tapi saat aku baca postingan notes FB milik Mbak Dede Harjanti dengan judul Mendidik, aku malah teringat satu kejadian yang membuatku sampai sekarang masih merasa menyesal. Kenapa dulu aku nggak mencoba klarifikasi sama Bu Y ya?

Kamis, 30 November 2017

Tips Memilih Sofa untuk Rumah Minimalis


Tips memilih sofa untuk rumah minimalis. Pernah nggak suatu ketika ada tamu datang pas ruang tamu kita lagi berantakan banget? Aku pernah. Bahkan sering. Ada  mainan Kakak Ghifa lah, baju cucian yang belum sempat ditaruh di belakanglah, majalah dan koran berserakan, dll.

Penghasilan Suami Tak Seberapa?


Penghasilan suami tak seberapa? Aku masih ingat betul, di atas becak, sesaat setelah akad nikah di KUA, abi memberikan uang 2 juta kepadaku. Uang itulah modal hidup kami setelah menikah di tahun 2014 lalu.

Saat itu aku tak pernah mikir, nanti mau makan apa? Apalagi mikir, nanti biaya melahirkan dan buat beli diaper anak pakai apa? Dalam pikiranku, sudah menikah dengan laki-laki yang selama ini jauh di mata tapi dekat di hati sudah sangat cukup. Sudah plong. Begitu saja. Ayem. Hihihi.

sumber foto: pixabay.com

Senin, 20 November 2017

5 Hotel di Surabaya yang Dekat ITS di Bawah 300 Ribu


sumber foto gunawangsahotel.com
Diterima di sebuah Perguruan Tinggi sebagus ITS Surabaya tentu merupakan berkah tersendiri bagimu. Dan untuk keperluan mempersiapkan segalanya, mungkin kamu perlu datang ke kampus tersebut. Jika kamu datang dari luar kota Surabaya, pastinya kamu memerlukan akomodasi penginapan cukup baik dan tidak jauh dari kampus tersebut. Berikut ini aku ada info beberapa hotel di Surabaya yang dekat dengan ITS.

Sabtu, 18 November 2017

Resep Keluarga Harmonis ala HIJUPXArisan Resik dan Pengalamanku Menggunakan Resik V Godokan Sirih


"Kalau njenengan berapa kali seminggu sama suami?" Aku kaget saat ditanya urusan ranjang sama teman kerja. Aku hanya senyam-senyum saja. Teman yang lainnya langsung menimpali dengan riuh rendah tawa yang memenuhi ruang kantor.

Sambil mengamati TL instagram bloger Palembang yang sedang ikut Arisan Resik dan #HIJUPbloggersmeetup, telingaku tetap mendengarkan obrolan teman sejawatku. Dari pembicaraan mereka aku menangkap bahwa semakin tinggi intensitas 'kebersamaan' bersama suami, semakin berkualitas pula keharmonisan rumah tangganya. Menurutku ini obrolan yang sangat menarik dan bisa kujadikan pelajaran bersama suami yang baru 3 tahun mengarungi bahtera rumah tangga.

Rabu, 15 November 2017

Belajar Hidup Tanpa Peduli Omongan Orang


Aku mau nyeritain diriku sendiri. Ini bukan aib sih. Kusebut cara berpikir yang beda saja.

Aku rasa benar kata orang, semakin dewasa, semakin sering berkumpul dengan banyak orang, maka cara berpikir kita akan berbeda. Apalagi kalau sudah kepentok dengan keadaan.

Seperti hari ini, adik bapak mertuaku punya gawe. Beliau menikahkan anaknya. Letak rumahnya itu gang depan sekolah tempatku mengajar.

www.pixabay.com

Jumat, 10 November 2017

3K (Kepo, Konfirmasi, dan Koreksi) Sebagai Langkah Sigap Guru dalam Menyikapi Kabar Hoaks di Lingkungan Sekolah

Oleh: Ika Hardiyan Aksari, S.Pd.
Guru Kelas 1 SDN 3 Ngroto
Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan


Kabar hoaks itu sebenarnya sudah ada sejak dahulu. Pun sangat dekat dengan kehidupan bermasyarakat. Penulis sebagai guru juga akrab dengan kabar hoaks. Misalnya, kabar hoaks yang pernah penulis terima awal tahun ajaran lalu. Ada wali murid yang melapor bahwa siswa di sekolah penulis tidak boleh mengenakan kerudung. Penulis kaget karena pernyataan tersebut tidak pernah ada. Kabar hoaks itupun dihubungkan dengan jumlah siswa baru di sekolah penulis yang tahun ini mengalami penurunan secara drastis. Tentu pertanyaan dari pihak guru muncul, apakah mungkin kabar hoaks itu beredar karena ada kepentingan pihak tertentu? Apakah pihak tersebut tidak menginginkan calon siswa baru mendaftar di sekolah tempat penulis bekerja? Akhirnya, aura kebencian pun muncul di antara guru di sekolah penulis dengan guru di sekolah sebelah. Padahal kabar tersebut belum jelas asal mula dan kebenarannya. Ini baru ranah sekolah dengan sekolah lainnya, kalau kabar hoaks itu untuk kepentingan ranah nasional atau internasional, bagaimana? Bukankah kebencian akan ada di mana-mana dan kelangsungan suatu negara jadi taruhannya?

Minggu, 05 November 2017

Berinternet yang Sehat? Begini lho Caraku

Aku pernah apa-apa jadi status di facebook.

Aku  pernah membuat postingan di blog yang intinya malah menjatuhkan perasaan teman kuliahku.

Aku pernah beradu mulut dengan pengguna sosial media lainnya gara-gara dia tak sepaham dengan pendapatku.

Aku pernah jadi korban pencemaran nama baik di facebook.

Aku pernah jadi korban pelecehan seksual juga karena facebook.

Aku pernah berkali-kali naksir orang yang hanya kenal di facebook.

Sehari-hari hobi ngepoin TL laki-laki yang pernah aku suka di twitter dan instagram.

Akan tetapi, aku juga pernah menang lomba menulis sampai aku bertemu dengan abi dan menikah dengannya pun karena facebook.

Rabu, 01 November 2017

Sleek Baby Diaper Cream dan Kesalahan yang Sering Ibu Lakukan Saat Si Kecil Ruam Popok


“Yang paling cepat ngatasin ruam popok merek apa ya, Mbak?” tanya sepupuku saat anaknya mengalami ruam popok yang cukup parah.

Kamu juga gitu kalau sedang menghadapi hal yang sama seperti sepupuku di atas? Maunya yang instan. Sekali usap langsung sembuh.

“Kasihan. Si Kecil jadi rewel.”

“Lah, iya. Tapi, mana bisa?”

Selasa, 31 Oktober 2017

Ummi, Jangan Main HP Terus


"HP, Mi.....HP." pinta Kak Ghifa.

"Nggak usah ah. Ini HPnya buat kerja Ummi."

"HP, Mi....HP...HP." rengek Kak Ghifa sambil merobek wallpaper dinding beli di Tokopedia.

Tak sekali Kak Ghifa bertingkah seperti itu. Aku saja yang ndableg. Tetap saja main HP di depan anak saat mendampinginya bermain.

Jumat, 27 Oktober 2017

Me Time Recehan


"Sudah ah, gantian Abi yang ngurusin Kakak. Ummi capek." Ucapku sambil setengah marah saat Kak Ghifa pipis sembarangan untuk kesekian kalinya.

Rabu, 25 Oktober 2017

Rumah yang Kurindukan


Senin adalah hari yang selalu membuat jantungku berdegup lebih kencang. Pokoknya jangan buat aku emosi pas hari ini. Kalau nggak, aku bisa berubah jadi singa yang kelaparan dan siap menerkam.


Senin, 23 Oktober 2017

Sebulan Bersama, Kau Sangat Berarti Bagiku, SOBATKU


"Bi, uangnya kok kurang?!" Aku sedikit berteriak seakan Abi ada di depanku. Padahal saat itu aku sedang di depan toko besi untuk membayar bahan pembuatan tralis pesanan konsumen Abi.

"Malu ih, Abi. Kenapa tadi nggak dihitung sekalian? Ummi nggak mau ah kalau balik lagi. Kan jauh. Abi yang ke sini ya?"

"Ummi sudah selesai bicaranya?" Suara Abi terdengar melembut di ujung sana.

Kamis, 19 Oktober 2017

Dia dan Radio adalah Kenangan


Hari gini masih ada yang hobi mendengarkan radio? Punya chanel radio favorit? Atau malah naksir sama penyiarnya padahal belum pernah ketemu? Memang bisa naksir sama penyiar radio dari mendengar suaranya yang mengudara setiap hari? Bisa, aku mengalaminya.

Selasa, 17 Oktober 2017

AC Daikin, Pilihan Ibu Cermat yang Sayang Anak

"Biang keringat kok nggak pakai jeda. Kemarin di jidat, sekarang pindah di punggung. Besok gantian di mana lagi?"

"Sudahlah, pasang AC saja."

Aku diam.

Kalau pakai AC bakalan nambah biaya untuk membayar listrik dong. Batinku. Faktanya hampir 50% biaya listrik itu dari penggunaan AC.

Minggu, 15 Oktober 2017

Mau Kentut Kok Ke Rumah Sakit Dulu


Duuuuutt….duuutt….. (Kak Ghifa sambil nungging dan sedikit mengerang)

Baunya, luar biasa! 

Kak Ghifa tidur kembali di pelukanku. Anehnya, setelah kentut ‘beracun’ itu tidurnya makin pulas. Saat terbangun, dia bak anak yang tidak sakit. Pecicilan ke mana-mana.

Hahaha. Tak bisa kentut, anakku masuk rumah sakit. Geli kalau mengingat kejadian ini.

Senin, 27 Februari 2017


Sabtu, 14 Oktober 2017

Kurikulum 2013, Kau Buatku Lelah



“Tapi, Pak, dengan gaji 300 ribu per bulan, bagaimana aku bisa membahagiakan bapak dan ibu?” sergahku.

“Bahagia bapak dan ibu itu kalau orang-orang ngajeni (menghargai) kamu sebagai guru. Bukan yang lainnya.”

Aku diam. Meresapi kata demi kata yang diucapkan oleh bapakku. Dalam hatiku, doakan aku, Pak. Semoga aku istiqomah.

Sumber foto: pixabay.com

Selasa, 10 Oktober 2017

Cerita 3 Hari Mengatasi Eksim pada Kak Ghifa dengan Lactacyd Baby

“Ya Allah, Mbak, Kak Ghifa nggak rewel? Biang keringatnya kok sampai parah gitu. Kasihan banget.”

Begitulah komentar banyak orang saat melihat foto Kak Ghifa yang ini.

Biang keringat terparah saat Kak Ghifa usia 3 bulanan
***

Minggu, 08 Oktober 2017

Oh, Begini ya Rasanya Termakan Tulisan Sendiri


Ini pertama kalinya.

Tertohok banget.

Orang bijak berkata, “Mulutmu Harimaumu.” Kalau aku, “Tulisanmu, Harimaumu.” Kok bisa? Sini, duduk anteng, ambil cemilan dan nikmati ceritaku.


Rabu, 04 Oktober 2017

Bapak, Ibu, Si Kakak Kalau di Rumah Kalem, Pas di Sekolah?


Masih musim ya marah-marah di sosial media? Tujuannya apa sih? Biar kelihatan oke? No. Kamu malah dinilai 'menjijikkan' oleh orang lain.

"Berpikir dulu baru posting. Jangan posting dulu, berpikir kemudian!"


Jumat, 29 September 2017

Uang Jatah dari Suami Cepat Ludes? Coba Kepoin Tips Hemat dari Istri Penjual Jajanan di Sekolah Ini

"Cuma kerja begitu kok ya bisa makan ya?"

Pernah nggak punya pikiran demikian saat melihat orang lain dengan pekerjaan yang bagi kita (maaf) agak remeh?

*** 

Aku ingin bercerita tentang penjual jajanan anak sekolah di tempatku mengajar. Apabila tak sama dengan keadaan penjual jajanan di tempat kamu, ya wajar saja ya. Beda ladang beda penghasilan.

Selasa, 26 September 2017

Ingin Jalan-Jalan ke Kota Cirebon? Jangan Lupa 5 Tips Wisata Kuliner yang Wajib Kamu Cicipi ini


"Kalau piknik bisa bikin kita waras, kenapa kamu jarang piknik?" Tiba-tiba ada suara laki-laki terkekeh.

***


Kamu berencana jalan-jalan ke Kota Cirebon dan bermaksud untuk berwisata budaya, mengunjungi berbagai situs bersejarahnya? Kalau iya, jangan lupa untuk sekaligus mengulik kuliner khas Cirebon ya?

Sumber foto: resepdanmasakan.com

Aku punya tips nih untuk memilih menu makanan khas lokal yang wajib kamu cicipi. Apa saja itu? Yaitu, pilihlah 5 makanan Kota Cirebon yang paling populer berikut ini!

Senin, 25 September 2017

Kalau Bisa Tidur Lebih Awal dan Bangun Lebih Pagi, Kenapa Harus Begadang?


"Seorang ibu itu tidur paling akhir dan bangun paling pagi."

Begitu kira-kira status Facebook temanku. Aku senyam-senyum. Emang iya, sih. Akan tetapi, kenyataan itu ternyata bisa diakali lho. Dengan cara apa?


Minggu, 24 September 2017

Apa Susahnya Sih Bilang Maaf?


Apa Susahnya Sih Bilang Maaf? Judulnya emosional banget yak? Hihihi. Sebelum ikutan emosi, mending skip aja. Hahaha. Jangan!

3 kata ajaib, maaf, tolong, dan terima kasih ini sangatlah simpel tapi kenapa susah sekali mengucapkannya? Kenapa coba?

Rabu, 20 September 2017

Betah Ngeblog Pakai HP, Ini 6 Aplikasi yang Memudahkanku Selama Ini


Ngaku betah ngeblog pakai HP tapi akhir-akhir ini jarang update blog. Hihi. Bukankah kalau pakai HP bisa update blog kapan saja dan di mana saja? Iya sih, seharusnya memang seperti itu. Sayang, semua hanya berhenti jadi draft di aplikasi notepadku.

Entahlah, akhir-akhir ini aku merasa jenuh dengan dunia blogging. Kok gini-gini saja ya? Aku merasa tak sanggup mengikuti hiruk pikuknya. Tapi, balik lagi tentang tujuan ngeblogku. Rasanya kalau berhenti begitu saja kok ya eman banget. Sudah sejauh ini. Sayang banget.

Sabtu, 09 September 2017

Pisang Cavendish Sunpride, Teman Setiaku Saat Lapar Melanda Setelah Selesai Mengajar


“Ngajar di kelas 1 itu berat. Apalagi kalau ada anak yang nggak TK dulu. Pekerjaan guru kelas 1 jadi dobel-dobel. Capeknya minta ampun. Ya ngajar, ya ngajarin alfabet, belum lagi kalau ada yang dikit-dikit manggil bu guru, anu nakaaalllll...., bu guru anu ini.....”

Kira-kira begitu komentar temanku saat tahu aku resmi menyandang status sebagai wali kelas 1 SD. Benarkah apa yang dikatakan temanku?


Dulu, pas masih kuliah, aku pernah bicara dengan diriku sendiri, “Enak kali ya kalau ngajar di kelas 1 SD?” Eh, setelah 2 tahun ngajar di kelas 3 SD, harapanku itu terkabul. Yap, semenjak tahun lalu aku berkawan dengan makhluk-makhluk Allah yang penuh dengan kejutan  ini.

Berpegang pengalamanku mengajar di TK, aku tidak terlalu kaget dengan rutinitasku saat ini. Ya begitulah anak-anak kelas 1 SD.

Sabtu, 02 September 2017

Ingatkah Kamu Kepadaku?


"Ingatkah kamu saat kita bersedih
Ingatkah kamu saat kita bahagia
Ingatkah kamu janji bersatu
Demi kasih sayang kita berdua”

Mak nyes rasanya hatiku saat mendengar lagu ini lagi. Pengen rasanya gulung-gulung di tempat. Tapi, saat itu sedang di mini market, bersama Kak Ghifa pula. Hahahaha. Mana mungkin? Petugas minimarket bisa mengusirku secara paksa deh.

Sumber foto: bursa musik

Rabu, 30 Agustus 2017

15 Hal tentang Hoeda Manis

Blaik!

Saat Mbak Dani dan Mbak Irfa melempar tema tentang penulis favorit di arisan ke 10 ini, aku diam sejenak. Siapa ya?

Ku buka daftar bacaan di blogku. Eh, Hoeda Manis, blogger misterius itu publish 3 postingan sekaligus. Tiba-tiba aku ingin menulis tentangnya yang memang setahun belakangan ini sering ku BW blognya.

Jumat, 25 Agustus 2017

5 Hewan Favorit Kak Ghifa


Si Kecil tiba-tiba sakit karena hewan peliharaan yang ada di rumah mati? Kok bisa? Entahlah. Aku mengalaminya. Kak Ghifa tahu-tahu demam, terus tampak murung setelah tahu burung kesayangannya sakit.

Lumrah-kah? Bisa jadi Kak Ghifa terpukul karena hewan kesayangannya itu tiba-tiba mati.

Burungnya diajak nonton youtube
Dan burungnya ternyata tidur pules 

Senin, 21 Agustus 2017

Wah, Agustus ini ShopBack Bagi-bagi Banyak Voucher dan CashBack


"Eh, aku kemarin beli detergen di toko Pak Udin cuma 15.000 lho. Di tempat Bu Siti kok 15.500. Besok-besok beli lagi di tempat Pak Udin aja ah."

Sabtu, 19 Agustus 2017

Antara Buka Usaha Baru atau Melanjutkan Usaha Keluarga



Berawal dari Abi yang mulai usaha sendiri di rumah awal bulan lalu, ada rasa kekhawatiran akan ada masalah dengan ekonomi keluarga kami. Tahu sendiri kan ya resiko mulai usaha dari 0? Kemudian, melihat teman banyak yang jualan, tiba-tiba ada keinginan untuk usaha jual kerudung.

Banyak pertimbangan sih kenapa aku ingin buka usaha jual kerudung secara offline, diantaranya: rumahku dilewati banyak anak-anak sekolah setiap harinya, di sekitarku juga belum ada yang jualan kerudung, aku tahu tempat di mana kulakan kerudungnya, banyak temanku yang juga menawari barang dagangannya dengan sistem dibawa terlebih dahulu.

Selasa, 08 Agustus 2017

untuk Si Kecil yang Jago Kandang, Dua Kata #IYABOLEH, Efeknya Amazing


Kalau di rumah, tingkah polah Si Kecil luar biasa. Giliran di ajak ke tempat baru, kemudian bertemu banyak orang langsung mengkeret, takut, ujung-ujungnya rewel minta pulang.

Si Kecil seperti itu juga?

Ku pikir, Kak Ghifa (23 bulan) semakin besar akan berubah saat diajak ke tempat umum dan bertemu banyak orang. Ternyata tidak. Apakah ini memang karakternya?

Sabtu, 05 Agustus 2017

Gara-gara Film Taree Zameen Par, Aku Selalu Merasa Tidak Pantas Menjadi Guru



Kalau aku bilang, tahun ajaran kemarin aku meninggalkan satu anak di kelasku (tidak naik kelas), apakah kamu juga akan menghujatku sebagai guru yang tak pecus mendidik muridku?

Aku sudah berlari ke sana ke mari, bertanya, curhat atas keadaan muridku ke beberapa teman sejawat, konsultasi dengan pimpinan, keluarga, sampai pengawas SDku, "Sudah ditinggal saja. Asalkan itu tidak membuat anak tersebut drop out."

Rabu, 26 Juli 2017

Buku Ini yang Membuatku Bertahan Menjadi Guru Hingga Sekarang


Bagiku, buku itu mahal. Tak dapat membelinya, perpustakaan kampus jadi tempat yang setiap hari ku jamah sebelum kembali ke kos. Berbagai macam buku kubaca. Paling favorit adalah buku berbau kisah inspiratif atau motivasi yang memenuhi daftar kartu anggotaku. 

Saat Mbak Vita dan Mbak Anita, member Gandjel Rel, melempar tema tentang buku favorit di arisan blog ke 7 ini, aku langsung teringat dengan satu buku berjudul "Indonesia Mengajar".

Sumber gambar: goodreads.com

Kamis, 20 Juli 2017

Alasanku ingin Mengajak Suami dan Si Kecil Traveling


Semua orang yang kenal dengan suamiku tak percaya kalau dia tak dekat dengan anaknya, Kak Ghifa.

"Padahal semua keponakannya nempel lho. Masak anaknya enggak?"

Kak Ghifa ogah digendong Abi
Buat apa aku membual? Aku saja sedih banget tahu kenyataan ini. Aku sadar betul ini bukan salah siapa-siapa. Karena semua ini memang disebabkan oleh keadaan yang tidak mendukung. Alhasil, aku sering kelewat garang setiap kali suami ada alasan untuk pergi disaat seharusnya dia ada bersama Kak Ghifa.

Selasa, 18 Juli 2017

Resep Masakan untuk Si Kecil yang Susah Makan Saat Sakit


"Oh, berarti lidahnya itu ya hidup. Maunya yang segar-segar dan gurih."

Begitu kira-kira komentar ibuku saat Kak Ghifa akhirnya mau makan. Sehari sebelumnya (pas malam takbiran), dia nggak mau makan sama sekali karena badannya memang sedang demam, pilek, dan batuk.
***

Jumat, 14 Juli 2017

11 Tips Mencuci Pakaian Bayi Agar Tetap Awet


Kamu melakukan dan merasakan ini juga?

Setiap kali hendak tidur malam, kupandangi wajah anakku, Kak Ghifa, lekat-lekat terlebih dahulu. Kalau nggak gitu seperti ada yang kurang.

Ah, waktu berlalu sangat cepat. Rasanya baru kemarin aku mengejan di rumah bidan. Saat adzan subuh berkumandang, mak brojot, Kak Ghifa menghirup udara dunia ini. Tangisnya begitu kencang memekakan telinga kami.

Kamis, 13 Juli 2017

Tips Gurih Bikin Konten yang Pancasilais tapi Disukai Banyak Orang


Pak Heri sedang memaparkan dasar negara kita, Pancasila

Blaik. Kesindir nggak sama yang diucapkan Pak DR. Heri Santoso, Ketua Pusat Kajian Pancasila Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta? Aku iya banget. Dulu, dulu banget, pernah juga sih bikin konten blog yang nyindir teman sekelas. Ha-ha-ha. Tapi, setelah viral di kelas, langsung ku hapus. Jahat banget ya diriku?

Itulah yang ditakutkan oleh Pak Heri dalam pemaparannya pada acara #temublogger #pancasila Flash Blogging, "Menuju 72 Tahun RI, Kerja Bersama-Bersama Kerja" yang dihadiri oleh awak media dan blogger  Semarang di Hotel Santika Premier, 13 Juli 2017. Banyak sekali lho masyarakat, salah satunya blogger, menulis konten-konten yang kurang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Bahkan yang sedang hangat saat ini banyak sekali Ormas yang berusaha mengubah dasar negara dan bentuk negara. Makanya, pemerintah sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan Perppu No 2 Tahun 2017, tentang Ormas.

Pak Wicaksono aka Ndorokakung, Blogger kondang sekaligus Redaktur Media Indonesia

Pas banget nih, acara yang didukung penuh oleh Kadis Kominfo Provinsi Jawa Tengah Dirjen Informasi dan Komunikasi dan Komunikasi Publik menghadirkan Ndorokakung yang sudah malang melintang di dunia perblogger-an.

Rabu, 12 Juli 2017

Liburan Berkesan a la Bu Guru


Liburan bagiku tidak harus pergi ke suatu tempat. Bebas dari rutinitas kerja dan bisa menikmati hari-hari yang tidak seperti biasanya sudah kuanggap sebagai liburan.

Seperti liburan kenaikan kelas tahun ini, ada banyak hal yang membuatnya begitu berkesan bagiku. Apa saja itu?

24 jam Bersama Kak Ghifa

Otomatis lah ya, nggak ngajar di sekolah, nggak berangkat ngajar les privat, waktuku bersama Kak Ghifa makin lama bahkan full 24 jam. Rasanya? Seneeeeng banget. Apa-apa, "Miii...." Rasanya kodratku jadi seorang ibu terasa nyata banget.

Selasa, 04 Juli 2017

3 Keluhan Ini Menyiksaku Saat Hamil Tua


"Bu, pipis lagi ya?" tanya Mbak Wanti, tukang kebun sekolahku.

"Iya, Mbak."

"Emang gitu kalau sudah hamil tua (8 bulan). Pengennya pipis mulu tapi keluarnya sedikit-sedikit. Ya kan?"

Begitu kira-kira sepenggal cerita yang ku alami, dulu, saat hamil Kak Ghifa yang kini sudah berusia 22 bulan.

***

Minggu, 25 Juni 2017

Little Hippo, Clodi Lokal yang Murah dan Berkualitas


Sebagai konsumen, kalau sudah tahu kualitas suatu barang itu bagus, suatu hari kalau ada rezeki dan butuh, pasti balik lagi dan beli. Bukan begitu?

Sama halnya denganku. Pertama kali nyobain clodi Little Hippo, aku langsung jatuh cinta sama motifnya yang lucu-lucu. Terus, karena Kak Ghifa suka dan merasa nyaman, otomatis clodi itu sering ku pakaikan kepadanya.




Terbiasa memakaikan clodi lokal ini ke Kak Ghifa, aku jadi tahu kalau clodi ini memang clodi murah berkualitas. Kok bisa murah? Murah terus berkualitas? Bisa ya? Yuk, cari tahu!

Clodi Little Hippo itu Murah

Bagi setiap orang, murah itu berarti hemat. Nah, clodi Little Hippo ini dikatakan murah dari sisi mana?

Pertama, di Indonesia banyak sekali clodi lokal yang beredar di pasaran. Harganya pun bervariasi. Pokoknya per clodi itu di atas 50 ribu lah. Nah, jika dibandingkan dengan clodi impor, harga segitu mah dapat benangnya saja. Karena clodi impor itu rata-rata harganya di atas 250 ribu.

Dipilih-dipilih, Little Hippo paling murah tapi nggak murahan.
sumber gambar: clothsdiapercorner.wordpress.com

Bagaimana dengan clodi Little Hippo kalau dibandingkan dengan clodi impor? Nggak kalah bagus kok  kalau ditelisik dari bahan dan desainnya (lebih detail akan di bahas di bagian kualitas). Per clodi pun hanya dibandrol 60 ribu ke atas. Bukankah itu murah banget?

Kedua, awal pertama Kak Ghifa ngambek nggak mau pakai pospak (popok sekali pakai), aku itu stres banget. Apalagi setiap harinya aku nitipin dia ke ibu. Kan kasihan dong kalau ibu harus ngepel lantai berkali-kali. Tapi, nggak tahunya kebiasaan baru Kak Ghifa itu terjawab dengan adanya clodi Little Hippo ini. Lha Kak Ghifa nggak mau pakai pospak tapi giliran diiming-imingi clodi Little Hippo langsung, "Iwak...iwak....(ikan...ikan....)". Kemudian minta dipakaikan clodi tersebut.

Clodi motif ikan model pant ini paling favorit buat Kak Ghifa

Sebelumnya, dalam seminggu aku itu paling sedikit habis 20 pospak dengan harga 40 ribu. Misal 1 tahun ada 48 minggu berarti, 48x40 ribu= Rp 1.920.000. Berbeda kalau aku beli 10 clodi dengan harga per clodi 80 ribu, totalnya 10x80 ribu= Rp 800.000.

Jadi, murah nggak? Murah banget lah ya. Clodinya hanya sekali beli, nah pospaknya? Terus-terusan beli sampai Kak Ghifa lulus toilet training. Coba hitung sendiri misalnya Kak Ghifa lulus toilet trainingnya 2 tahun!

Ketiga, sebagai ibu-ibu, aku harus pintar mengolah uang suami. Sedikit banyak per bulannya, semua harus tercukupi. Nah, untuk urusan clodi Kak Ghifa aku punya tips nih biar bisa dapat harga yang murah meriah pakai banget. Yaitu, belanja clodi di Shopee. Hihihi.



Clodi Little Hippo ini bisa di beli di websitenya langsung atau di beberapa online shop, seperti Buka Lapak dan Tokopedia. Karena aku nyari yang paling murah, ketemu deh sama Shopee. Kemarin tuh, aku beli 2 clodi hanya 150 ribu-an. Itu sudah gratis ongkir pula. Andai saja kemarin rezeki berlebihku banyak, pengen banget beli clodi yang banyak sekalian buat Kak Ghifa.

Prinsip kalau beli clodi Little Hippo di Shopee ini semakin banyak maka akan semakin murah. Berikut nih aku bocorin tips belanja clodi Little Hippo di Shopee.



Bagaimana? 3 poin tersebut memang menjawab pertanyaan tentang murahnya clodi Little Hippo kan?

Clodi Little Hippo itu Berkualitas

Ada kalanya aku lebih memilih belanja barang yang murah dengan kualitas yang cukup baik dibanding dengan yang harga mahal tapi kualitasnya bagus sekali. Karena ku pikir yang penting tidak jelek-jelek bangetlah. Kan uangnya bisa dipakai untuk kebutuhan yang lainnya. Akan tetapi, berbeda saat aku membeli clodi Little Hippo ini. Harganya sudah murah tapi kok berkualitas banget. Buatan lokal pula. Nah, masak kamu tetap milih produk impor kalau ada produk lokal yang kece abis gini sih?

Clodi Little Hippo ini bisa dikategorikan berkualitas, menurutku karena:

Pertama,
Bahan dan Jahitan
Setiap kali membeli pakaian, pertama yang kuperhatikan adalah jahitan dan bahan pakaian tersebut. Sama dong, pas pertama kali pegang clodi ini kulihat jahitannya rapi dan rapat banget. Ini menandakan kalau clodi ini bakal awet.

Bagaimana dengan bahannya?
Clodi ini kan terbagi menjadi 3 bagian, outer, inner dan insert. Bahannya pun berbeda-beda.

Outer (yang ada motifnya), ini terbuat dari bahan polyster yang tahan air. Kalau disentuh teksturnya halus dan agak licin. Jadi, pas kalau digunakan sebagai bahan clodi. Selain itu, clodi ini juga bisa dipakai saat renang lho, dengan catatan insertnya dilepas ya.



Inner (bagian dalam-balik outer), terbuat dari bahan microfleece yang lembut dan berwarna putih. Dengan tekstur yang lembut ini membuat anak nyaman saat memakainya. Apalagi bagian ini adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan kulit si kecil. Kalau misalnya bahannya panas dan kasar, ih, mana tahan? Pengen garuk-garuk mulu dong. Parahnya, ntar malah jadi ruam. Oh, tidak!

Insert, terdiri dari 4 layer, yaitu 1 microfleece (halus) dan 3 microfibre (seperti handuk) yang merupakan kain berteknologi tinggi berfungsi menyerap pipis dengan cepat. Insert tersebut dijahit jadi satu tapi ada satu bagian yang nggak dijahit. Jadi, ada rongganya. Ini memudahkan agar cepat kering saat dijemur.


Kedua,
Desain
Ngomingin soal desain, aku langsung teringat sama motif clodi ini. Banyak banget motifnya, tapi ada juga kok yang polosan. Sesuai selera lah ya. Pengalaman nih, si kecil makin suka pakai clodi apabila motifnya dia sendiri yang pilih atau memang dia suka sama motifnya. Terus warnanya pun eye catching banget. Mencolok tapi bagus. Oiya, motifnya itu utuh, kelihatannya nggak mudah mengelupas deh.

Berbagai macam motif lucu-lucu

Soal model, clodi ini memiliki dua macam model. Yaitu, pakai perekat (cover) dan pant. Kalau yang perekat (pakai velcro di samping kanan kiri) ini lebih cocok untuk bayi newborn sampai usia sekitar 6 bulanan. Untuk yang pant (pakai snap di samping kanan kiri), ini cocok banget untuk si kecil yang sedang aktif-aktifnya bergerak. Kalau sekarang Kak Ghifa ya pakai yang pant. Tapi, dia juga nggak menolak misal dipakein yang perekat. Malah sudah paham langsung tiduran di kasur. Hihi.


Model pant dengan snap di samping kanan kiri

Kalau tipenyapa, clodi murah berkualitas ini dibedakan menjadi 4. Yaitu,


Selanjutnya ada poin lain yang membedakan clodi Little Hippo dengan clodi lainnya, yaitu adanya kerutan pada inner clodi. Kerutan di kanan kiri ini sebenarnya berfungsi sebagai penahan lubernya pipis dan pup si kecil.

Di bagian inner, ada kerutan kanan kiri yang pas di sekitar selangkangan

Selain itu, clodi ini juga bisa dipakai terus sesuai dengan tipe clodi. Misalnya pakai yang active fit, itu kan untuk si kecil dengan BB 5-20 kg. Nah, saat ini BB baru 10 kg, kan pasti kedodoran ya? Itu bisa diatasi dengan pemakaian snap yang ada di depan clodi. Snap ini bisa disesuaikan dengan ukuran si kecil. Enak kan? Jadi, nggak usah beli lagi dan lagi misal BB si kecil sudah naik.

Kalau Kak Ghifa snap yang paling atas direkatkan
Itulah clodi Little Hippo, motifnya lucu-lucu, modelnya ada yang pakai perekat atau pant, tipenya banyak dan bisa disesuaikan dengan BB si kecil, terdapat kerutan di kanan kirinya, serta mudah diubah ukurannya menjadi S, M, L, dan XL dengan menggunakan snap yang ada di bagian depan clodi. Nah, berikut video reviewku tentang clodi Little Hippo ini. Semoga bisa membuatmu makin yakin kalau clodi ini memang clodi murah berkualitas.


Ketiga,
Cara perawatan yang mudah
Kata siapa kalau mencuci clodi harus pakai mesin cuci? Tidak. Pakai tangan juga bisa. Memang sih lebih mudah dengan mesin cuci. Akan tetapi, selama ini aku pakai tangan ya oke-oke saja. Tidak merusak nilai guna clodi kok.

Berikut ini ada beberapa hal penting dalam perawatan clodi: murah berkualitas, Little Hippo:
  1. Cuci paling tidak 3 kali saat clodi baru beli dan belum dipakai si kecil. Ini untuk meningkatkan daya serap clodi.
  2. Cuci dengan sedikit deterjen.
  3. Pada prinsipnya pencucian clodi seperti pakaian biasa.
  4. Sebelum dicuci bersihkan dulu sisa pipis dan pup.
  5. Rendam selama 15-30 menit dengan sedikit deterjen.
  6. Kucek dan peras secukupnya.
  7. Bilas sampai bau dan busa benar-benar hilang.
  8. Jemur dengan terkena sinar matahari secara langsung malah semakin bagus.
  9. Saat dijemur, posisi inner menghadap matahari. Ini bertujuan untuk membunuh kuman-kuman yang masih menempel di sana.
  10. Clodi tidak perlu disetrika.
  11. Setelah kering, tata rapi insert ke dalam inner. Jadi, saat hendak memakaikan lebih praktis dan si kecil tidak perlu menunggu lama.

Sekali lagi aku mau tanya, masih mau beli clodi impor atau merek lain kalau ada clodi yang kece abis seperti Little Hippo ini? Kalau aku sih ketagihan pengen beli lagi. Kamu kapan?

Kak Ghifa aja pakai clodi Little Hippo. Kamu?
Info lebih lanjut kamu bisa kunjungi:
Web: Little Hippo
Instagram: Little Hippo
Facebook Fanspage: Little Hippo

Kamis, 22 Juni 2017

Andai Kau Ada Saat Bimtek Kurikulum 2013


"Edan tenan! Mosok kelompokku sepuh-sepuh semua? Wah, pasti nanti aku terus nih yang disuruh kerja. Apalagi tugas dari fasilitator serba pakai IT." gerutuku dalam hati pas hari pertama Bimtek Kurikulum 2013 yang ku ikuti sejak tanggal 12-17 Juni lalu.

Rabu, 21 Juni 2017

Hobi Mengkritik Orang


Ku lirik jam dinding.

"Ah, sudah pukul 14.00. Aku belum ini belum itu." Ku pakaikan baju lengan pendek ke Kak Ghifa. Tak lupa topi di kepalanya.

"Kakak turun dulu. Ummi mau ngeluarin motor ya."

Saat motor hendak ku starter, tiba-tiba ada tetanggaku lewat.

Minggu, 18 Juni 2017

Begini ya Rasanya Patah Hati dengan Anak Sendiri


"Kalau ada yang bertanya, kenapa saya tidak ikut diklat? Saya pertegas "tidak lain, karena anak saya. Saya tidak bisa meninggalkan anak saya terlalu lama. Anak saya masih sangat membutuhkan saya". Monggo jika mau membanding-bandingkan saya dengan "guru+ibu rumah tangga" lain yang sama-sama punya balita. Karena saya dan "guru+ ibu rumah tangga" itu sangat berbeda dan tidak akan pernah bisa disamakan. Ingatlah, bagiku karier terbaik seorang istri dari suami adalah menjadi istri yang sholehah buat suamiku dan menjadi seorang ibu yang baik buat anak-anakku."

Kira-kira begitulah status FB temanku. Nggak tahu apa yang melatar belakanginya menulis status tersebut, tapi aku merasa tak ada yang salah dengan prinsipnya.


5 Daftar Beasiswa Terbaik Untuk Melanjutkan Kuliah Jenjang S1 dan S2


Kalau kamu ngikuti TL di Facebook beberapa hari ini, kamu pasti tahu, kabar apa yang lagi hangat? Yap. Tentang diterimanya anak-anak bangsa di universitas negeri. Selamat ya, sebentar lagi jadi anak kuliahan nih.

Ngomong-ngomong soal dunia perkuliahan, memang berbeda dengan dunia anak SMA. Mulai dari pergaulan, akademik, dan bahkan biaya yang diperlukan. Saat SMA, mungkin jenis biaya yang diperlukan tidak akan sampai membuat kantong bolong namun berbeda dengan biaya untuk kuliah.
Sumber gambar: beasiswa.ristekdikti.go.id